Home Investasi Asuransi Unit Link Menggiurkan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membelinya

Asuransi Unit Link Menggiurkan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membelinya

165
0
BAGIKAN
asuransi%2Bunit%2Blink - Asuransi Unit Link Menggiurkan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membelinya

Asuransi unit link memang sangat menggiurkan, dikarenakan asuransi jenis ini menawarkan dua keuntungan sekaligus dalam satu paket. Apa yang ditawarkan asuransi unit link?

Ya.. unit link menawarkan dua keuntungan berupa proteksi dan investasi, hal ini yang menjadi daya tarik bagi mereka yang sedang mencari asuransi.

Baca juga : Ketahui Apa Itu Investasi Asuransi Unit Link dan Apa Manfaatnya

Asuransi Unit Link Mempunyai Beberapa Keuntungan dan Kerugian

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa asuransi unit link mempunyai dua keuntungan berupa proteksi dan investasi.

Kedua hal ini yang nanti akan kita bandingkan dengan asuransi jiwa murni ( tanpa adanya fasilitas investasi ) dan investasi murni ( tanpa adanya fasilitas proteksi ).

1. Jika Dilihat Dari Segi Proteksi

Asuransi unit link mempunyai fasilitas berupa proteksi yang jika dibandingkan dengan asuransi murni mempunyai manfaat yang sama.

Keduanya memiliki fasilitas proteksi yang ditawarkan sesuai dengan ketentuannya masing-masing.

Namun biasanya beberapa produk asuransi murni mempunyai manfaat proteksi yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan mereka hanya fokus pada satu produk, berbeda dengan unit link yang menawarkan dua jenis keuntungan dalam satu paket.

Hal lain yang membedakannya adalah perihal biaya premi, untuk asuransi jiwa murni lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi unit link.

2. Jika Dilihat Dari Segi Investasi

Hasil investasi yang ditawarkan oleh unit link jelas tidak sebagus jika dibandingkan dengan investasi murni. Tapi unit link lebih mudah, karena kita tidak perlu mempunyai skill khusus untuk berinvestasi.

Berbeda dengan investasi murni yang memerlukan skill khusus untuk bisa menuai hasil yang maksimal.

3. Jika Dilihat Dari Segi Masa Berlaku Polis

Ini salah satu kelebihan unit link yang juga menjadi daya tarik tersendiri, bahwa masa berlaku untuk premi yang sudah dibayarkan tidak hangus.

Meskipun dalam kurun waktu tertentu tidak ada klaim sama sekali. Jadi uang yang sudah kita bayarkan akan tetap utuh dan tersimpan dengan baik di perusahaan tersebut.

Jika untuk asuransi jiwa murni, premi akan hangus jika tidak ada klaim sama sekali selama kurun waktu tertentu.

Keuntungan lain dari unit link yang tidak dimiliki oleh asuransi jiwa murni adalah masa berlaku untuk proteksi bisa sampai seumur hidup.

Hal ini tergolong lebih lama serta memberikan keuntungan lebih bagi pengguna asuransi unit link.

Unit link juga melindungi nasabahnya dengan asuransi tambahan berupa rawat inap, kecelakaan, cacat tetap dan sebagainya.

Jadi jika anda membeli polis asuransi unit link tidak perlu mencari asuransi tambahan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian unit link yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli polis asuransi unit link.

Pahami juga beberapa poin penting dibawah ini untuk dijadikan pengetahuan umum untuk melakukan perbandingan tentang asuransi unit link, asuransi jiwa murni dan investasi murni.

Pahami Resiko Asuransi Unit Link

Unit link bukan tanpa resiko, tapi mempunyai resiko yang harus ditanggung oleh nasabah ketika investasi yang dikelola oleh perusahaan mengalami kerugian.

Perlu diingat, bahwa unit link hanya sebagai perantara bagi nasabah yang tidak pandai dalam berinvestasi.

Karena dana nasabah akan dikelola dan dimasukkan dalam instrumen pasar modal, ada kemungkinan akan mendapatkan nilai timbal balik atau return investasi yang dihasilkan lebih bagus jika dibandingkan dengan tabungan atau deposito.

Investasi di unit link akan bergantung pada fluktuasi pasar modal, sehingga nilai investasi unit link akan berubah sesuai perubahan yang terjadi pada pasar modal.

Tetapi anda tak perlu khawatir, karena unit link bersifat fleksibilitas artinya nasabah masih mempunyai peluang menambah, menarik dana, ataupun mengalihkan dana dengan mudah.
Asuransi Unit Link Tidak Cocok Jika Hanya Fokus Pada Investasi Murni

Jika fokus anda adalah investasi, maka asuransi unit link bukan tempat yang cocok buat anda. Karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa asuransi unit link untuk dua kepentingan sekaligus.

Itu artinya, investasi yang anda lakukan di unit link tidak akan menuai hasil semaksimal investasi murni.

Ini dikarenakan unit link bukanlah perusahaan yang fokus pada investasi, melainkan perusahaan yang fitur utamanya adalah untuk keperluan proteksi.

Bagi anda yang menginginkan hasil investasi yang lebih menguntungkan lebih baik mengikuti produk investasi murni seperti saham atau Reksadana.

Baca artikel ini : Informasi Tentang Investasi Reksadana dan Manfaatnya

Asuransi Unit Link Sebagai Tabungan Jangka Panjang

Asuransi unit link cocok untuk nasabah yang memang utamanya adalah menginginkan keuntungan proteksi, dan hasil dari investasinya adalah sebagai bonus.

Hal ini dikarenakan anda sebagai nasabah tidak memiliki kuasa apapun untuk ikut dalam mengontrol uang yang diinvestasikan. Memilih asuransi unit link juga sebagai pilihan tepat dan lebih menguntungkan jika dibandingkan memilih tabungan atau deposito.

Namun jika dibandingkan dengan investasi murni, unit link sangat tidak disarankan sebagai pilihan produk investasi.

Tapi selain keuntungan dari investasi, unit link mempunyai keuntungan berupa premi asuransi yang tidak hangus sehingga dapat menarik dana tersebut kapanpun ketika ada keperluan mendesak.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan asuransi unit link sebagai tabungan jangka panjang :

1. Proteksi unit link sangat lengkap
2. Nilai keuntungan investasi tergantung pasar modal
3. Bersifat fleksibilitas
4. Cocok bagi anda yang tidak memiliki keahlian berinvestasi

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini