Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online

0
76

Intanblog.com – Sebagai warga negara yang baik kita tentu harus taat membayar pajak karena ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi, salah satunya adalah membayar pajak motor. Pajak motor merupakan pajak progresif dimana pemungutannya disesuaikan dengan persentase yang meningkat sesuai nilai dan kuantitas objek pajak. Saat ini masyarakat dipermudah dalam pembayaran pajak motor dengan adanya samsat online. Berikut akan saya jelaskan beberapa syarat dan cara bayar pajak motor melalui samsat online.

Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online - Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online

Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, kini masyarakat dalam membayar pajak motor tidak perlu lagi direpotkan dalam pengurusannya. Pasalnya dengan adanya samsat online anda dapat membayar pajak online dimanapun asalkan masih dalam satu provinsi. Disamping pengurusannya lebih mudah, bayar pajak melalui samsat online juga lebih cepat tanpa harus mengantri lama.

Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online

Sebelum anda mulai membayar pajak melalui samsat online terdekat, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan apa saja pelayanan yang diberikan oleh samsat online tersebut. Berikut ini penjelasannya :



Samsat online menerima pembayaran pajak kendaraan dengan ketentuan :

  • Menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan
  • Menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor dalam keadaan tidak terlambat bayar pajak lebih dari satu tahun
  • Tidak menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan

Samsat online biasanya ditempatkan pada lokasi-lokasi yang ramai seperti di pusat kota, pusat perbelanjaan, pusat hiburan, dan lokasi lainnya dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkaunya.

Jika anda telah menemukan lokasi samsat online terdekat dengan lokasi tempat tinggal anda, silahkan persiapkan persyaratan yang diperlukan seperti :

  • STNK asli
  • KTP asli sesuai data STNK

Sebelumnya persyaratan seperti BPKB memang diperlukan, namun saat ini BPKB sudah tidak diperlukan lagi. Jadi persyaratannya hanya STNK asli dan KTP asli saja.

Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online - Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat Online

Setelah persyaratan yang diperlukan telah dipersiapkan, selanjutnya anda datangi samsat online terdekat. Silahkan antri jika memang layanan sedang ramai, tapi jangan khawatir karena proses pembayaran sangat cepat tidak lebih dari satu menit asalkan uang yang anda bayarkan menggunakan uang pas.

Sesuai dengan pengalaman saya pribadi, pada samsat online anda akan melewati dua loket yaitu loket pertama untuk penyerahan berkas persyaratan dan loket kedua untuk pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here