Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Tokopedia

0
570

Menjadi pelaku bisnis dropship memang banyak dilakukan orang saat ini karena dropship merupakan salah satu bisnis yang simpel, mudah dijalani dan tidak memerlukan modal besar. Para pelaku bisnis pemula sekalipun pasti bisa menjalankan bisnis dropship ini tanpa banyak kendala. Sesuai dengan pembahasannya, maka kali ini saya akan memberikan tips cara sukses menjadi dropshipper di Tokopedia.

dropship - Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Sebelumnya, bagi anda yang belum paham mengenai system bisnis dropship bisa baca di artikel ini ( Memulai Bisnis Dengan Metode Dropship ). Saya rasa bisnis ini termasuk bisnis online yang sangat cocok bagi anda yang berniat menekuni bisnis dengan modal kecil serta mudah untuk menjalankannya.

Baca Juga : Belanja Online Melalui Aplikasi Tokopedia Dapat Cashback 50%

Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Sebagai pemula yang akan memulai terjun dalam bisnis online, menjadi dropshipper adalah pilihan yang tepat. Anda tidak terlalu dipusingkan dengan pengelolaan stok produk sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Walaupun keuntungan yang diperoleh tidak sebesar dengan pelaku bisnis yang memiliki stok produk sendiri, namun saya rasa keuntungan menjadi dropship sangat cukup untuk pelaku bisnis pemula.

Pada saat awal menjalani bisnis dropship memang kebanyakan orang merasa bingung harus memulai dari mana. Sebenarnya ada banyak situs E-commerce terkenal di Indonesia saat ini yang bisa anda jajaki untuk memulai berbisnis dropship. Salah satu yang akan saya bahas disini adalah Tokopedia.

Baca Juga : Cara Jualan Online di Tokopedia : Mudah, Gratis dan Menguntungkan

Mengapa Memilih Menjadi Dropshipper di Tokopedia?

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbaik di Indonesia dan tempat berkumpulnya penjual-penjual berbagai produk yang menawarkan harga bersaing. Di Tokopedia kita bisa menemukan suplier ataupun distributor suatu produk dengan mudah.

Artinya jika kita mencari satu produk di tokopedia, maka kita akan diberikan banyak pilihan harga. Mulai dari harga yang tertinggi sampai dengan harga yang terendah. Ini adalah salah satu keuntungan dropshipper untuk memilih suplier produk dengan kualitas sama tapi dengan harga yang berbeda. Karena dengan harga yang lebih murah, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Namun dalam memilih suplier tidak asal memilih, anda harus menggunakan beberapa tips agar anda mendapatkan suplier produk yang anda inginkan dengan kredibilitas yang bagus. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pelayanan kurang memuaskan, barang tidak sesuai dengan yang tertera di gambar dan masalah lain yang akan timbul.

Baca Juga : Bukalapak : Pengiriman Barang Lebih Cepat Dengan Rush Delivery

Bagaimana Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Tokopedia?

Sesuai dengan pengertiannya dropshipper adalah orang yang menjual, menawarkan produk orang lain dengan mengambil keuntungan dari selisih harga yang anda tentukan sendiri. Oleh karena itu pilihan anda tepat jika memilih Tokopedia sebagai media anda dalam mencari produk yang akan anda jual.

Berikut ini beberapa tips cara sukses menjadi dropshipper di Tokopedia :

1. Fokus dengan satu produk terlebih dahulu

Untuk memulai bisnis dropship, langkah pertama yang perlu dibangun adalah kepercayaan pembeli. Apa tujuannya? Hal ini untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi pembeli yang melakukan transaksi dengan anda.

Perlu diketahui, kebanyakan pembeli online di indonesia masih merasa takut jika berbelanja secara online. Kita harus bisa mengubah mindset tersebut kepada pembeli dengan memberikan pelayanan yang baik, kepercayaan yang tinggi, dan produk yang berkualitas.

Salah satu langkah untuk membangun kepercayaan pembeli adalah dengan fokus terlebih dahulu dengan satu produk yang kita jual. Setelah kepercayaan itu mulai tertanam, kita bisa mulai menambah produk yang lain.

Baca Juga : Cara Membeli Barang atau Belanja di Tokopedia

2. Pilihlah Produk Yang Umum

Disini biasanya para pelaku dropship merasa bingung untuk memilih produk apa yang akan dijual. Jika salah memilih produk, akibatnya kita sendiri yang rugi. Misal kita memilih produk baru yang antik atau masih jarang dipasaran dan kita beranggapan pasti barang akan laku karena merupakan barang baru.

Jangan terkecoh dengan barang-barang yang masih baru dan jarang dipasaran. Karena ini yang nantinya akan jadi bumerang buat kita. Barang baru, apalagi yang merupakan kategori barang antik, biasanya masih sedikit suplier yang menjual dan ketersediaan stok juga pasti belum banyak.

Nanti yang akan terjadi adalah, kita menerima banyak pesanan terhadap barang tersebut tetapi ketersediaan barang kosong. Akibatnya pembeli kecewa dan beralih ke penjual lain, ini kerugian yang akan timbul.

Maka dari itu, pilihlah barang yang umum… Ketersediaan stok tercukupi dan dijual oleh banyak suplier atau distributor.

Baca Juga : Cara Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

3. Pilihlah Produk Dengan Selisih Keuntungan Yang Besar

Untuk menjadi dropshipper yang kita cari adalah keuntungan bukan? Nah disini kita bisa memilih suplier produk dengan harga yang paling murah dibanding dengan suplier produk yang sama. Kita juga harus mempunyai target keuntungan untuk produk yang kita jual.

Namun anda juga jangan sampai lupa dalam memilih suplier yang bagus, bukan hanya dilihat dari harga barang yang mereka tawarkan saja. Hal ini penting untuk kelangsungan bisnis dropship yang anda jalani.

4. Pilihlah Suplier Produk Yang Tepat

Untuk memilih suplier, anda jangan sampai asal memilih hanya mempertimbangkan karena produk yang dijual termasuk murah. Tapi lihat dari pelayanan, review pelanggan dan ketersediaan barangnya.

# Kriteria suplier yang tepat adalah :

– Pelayanan cepat dalam hal komunikasi, pengiriman barang dan tanggapan terhadap keluhan.
– Memiliki kontak yang selalu aktif
– Menjual barang original atau asli
– Suplier yang mau menerima dropship

5. Proses Pemasaran Yang Tepat

Ini merupakan cara yang paling menentukan, yaitu proses pemasaran. Proses pemasaran produk dropship ada banyak cara sebenarnya, tapi disini saya akan bahas 3 pilihan yang menurut saya paling efektif :

  • Pertama, anda bisa memasarkan produk secara gratis melalui social media seperti instagram, facebook dan twitter.
  • Kedua dengan membuat website/blog toko online dengan tampilan yang menarik.
  • Ketiga dengan memasarkan produk melalui iklan berbayar seperti facebook ads, ini akan lebih mengena karena pengguna facebook di indonesia saat ini sangat banyak.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda jalankan mengenai cara sukses menjadi dropshipper di Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini