Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini

0
14

Intanblog.com – Kebiasaan melewatkan sarapan pagi dan dilakukan hampir setiap hari ternyata dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kesibukan rutinitas seseorang setiap harinya sering menjadi penyebab mereka melewatkan sarapan pagi. Jika hal ini terus dilakukan dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit dalam tubuh. Untuk itu biasakan sarapan pagi agar terhindar dari penyakit yang membahayakan.

Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini

Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini - Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini

Selain akan mempengaruhi kinerja otak dan tubuh dalam menjalankan aktifitas, melupakan sarapan pagi juga disinyalir dapat menimbulkan berbagai penyakit serius. Hal ini telah dibuktikan melalui serangkaian penelitian oleh beberapa pakar bahwa melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan penyakit berikut ini.

1. Obesitas (Kegemukan)

Anda mungkin heran karena melewatkan sarapan pagi ternyata justru menyebabkan obesitas atau kegemukan, bukan malah membuat kurus. Ya, dengan melewatkan sarapan pagi memang bisa meningkatkan terkena obesitas. Pasalnya dengan kondisi perut kosong di pagi hari, maka akan meningkatkan nafsu makan yang lebih besar pada waktu siang hari.

Dengan nafsu makan yang tinggi anda akan makan siang dengan porsi makan yang lebih banyak. Hal ini yang dapat mengakibatkan anda terkena obesitas. Selain itu, melewatkan sarapan pagi juga akan memaksa anda untuk makan lebih banyak camilan yang tinggi lemak dan gula untuk menunda rasa lapar. Padahal mengkonsumsi camilan tersebut dapat meningkatkan berat badan secara cepat.

Baca Juga : Kenali Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Diet Sehat

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih tinggi lagi. Kondisi ini memungkinkan kerja jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh bagian tubuh. Hipertensi juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Menurut sebuah penelitian, sering melewatkan sarapan pagi memiliki resiko lebih tinggi terkena Hipertensi dibandingkan dengan orang yang terbiasa melakukan sarapan pagi. Bahkan dengan rutin melakukan sarapan pagi akan mencegah penyakit stroke.

3. Penyumbatan Pembuluh Arteri

Penyumbatan arteri disebabkan oleh timbunan lemak, kalsium, dan peradangan di pembuluh arteri. Sehingga membuat arteri menjadi keras dan menyempit, akibatnya rentan terkena serangan jantung dan stroke.

Seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan pagi juga memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyumbatan pembuluh arteri dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan pagi.

Baca Juga : Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Bagi Penderita Diabetes Tipe 2 Dianjurkan Rutin Sarapan Pagi

Seseorang dengan kondisi sedang mengalami Diabetes tipe 2 justru dianjurkan untuk rutin melakukan sarapan pagi. Hal ini dikarenakan ketika pasien melewatkan sarapan pagi, maka kadar gula darah akan meningkat drastis ketika mereka makan siang. Jika hal ini terus dilakukan maka akan mengacaukan kadar gula darahnya spanjang hari.

Pasien diabetes tipe 2 bahkan dianjurkan untuk sarapan pagi dengan makanan yang mengandung serat, protein, dan lemak sehat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here