Biaya Membuat Blog Pribadi WordPress Self Hosting

0
67

Membuat blog pribadi memang bisa saja tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun jika anda memilih membuat blog melalui platform gratis seperti Blogger maupun wordpress.com. Namun jika anda membuat blog menggunakan platform WordPress self hosting tentu akan memerlukan biaya untuk membeli berbagai peralatan yang diperlukan. Sebenarnya berapa sih biaya membuat blog pribadi wordpress self hosting?

Biaya membuat blog pribadi wordpress self hosting - Biaya Membuat Blog Pribadi Wordpress Self Hosting

Jika melihat penjelasan di atas, pasti ada beberapa pembaca yang termenung bingung bedanya antara platform WordPress.com dan WordPress self hosting. Oke akan saya jelaskan sedikit mengenai perbedaan keduanya. WordPress.com adalah platform yang menyediakan fasilitas bagi siapapun yang ingin membuat blog secara gratis, namun dengan banyak keterbatasan. Namun jika tujuan anda membuat blog hanya untuk sekedar menulis unek-unek, platform ini bisa anda pilih.

Sedangkan platform WordPress self hosting merupakan versi berbayar dari WordPress yang memiliki fitur lebih baik. Platform ini cocok bagi anda yang membuat blog dengan tujuan yang lebih luas, misal tujuannya untuk promosi bisnis, sebagai penghasil uang, dan sebagainya. Dengan WordPress self hosting, blog anda akan terlihat lebih menarik dan profesional serta lebih diperhitungkan oleh Google Search Engine.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Yang Sudah terbukti

Biaya Membuat Blog Pribadi WordPress Self Hosting

Kali ini saya akan berusaha memberikan informasi yang semoga saja dapat menambah wawasan anda terkait dengan dunia blogging. Biaya membuat blog pribadi wordpress self hosting memang cukup menguras kantong, namun hasilnya akan lebih memuaskan dan blog anda akan lebih menarik untuk dikunjungi.



Berikut ini beberapa detail biaya yang diperlukan untuk membuat blog pribadi menggunakan platform wordpress self hosting.

1. Biaya Koneksi Internet

Sebenarnya biaya ini oleh sebagian blogger tidak terlalu diperhitungkan, namun bagi blogger yang sangat sensitif dengan manajemen keuangan maka akan sangat diperhitungkan. Karena biaya koneksi internet termasuk biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Jika anda menggunakan koneksi internet dari provider seperti Smartfren, Telkomsel, XL, Indosat, dan sebagainya maka biaya yang perlu anda keluarkan mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per bulan. Pilihlah provider yang memiliki koneksi internet cepat, khususnya di lokasi tempat tinggal anda.

Kalau saya sendiri lebih memilih paket internet Smartfren unlimited. Ini bukan promo, tapi memang kecepatan internet dari provider tersebut di tempat tinggal saya cukup cepat dan stabil jika dibandingkan dengan provider lain. Namun bukan berarti ini yang terbaik, karena koneksi internet tergantung dari lokasinya.

2. Biaya Membeli Domain

Biaya yang perlu anda keluarkan selanjutnya adalah untuk membeli domain. Untuk domain sendiri anda bisa memilih sesuka hati mulai dari .com, .net, .co.id, .id atau yang lainnya. Tapi saya menyarankan untuk blog pribadi gunakanlah domain .com atau .net karena domain ini lebih banyak digunakan dan lebih familiar.

Harga untuk membeli domain .com anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 100 ribu saja, .net sebesar Rp 150 ribu, sedangkan .id harganya Rp 250 ribu. Harga yang anda bayarkan adalah untuk masa satu tahun penggunaan domain.

Untuk lebih jelasnya mengenai harga domain, anda bisa cek dan membelinya pada penyedia domain terpercaya seperti Domainesia.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

3. Biaya Membeli Hosting

Setelah anda membeli domain, selanjutnya adalah membeli Hosting untuk menyimpan berbagai file blog anda. Sebagai catatan, untuk hosting sendiri anda bisa memilih dengan kapasitas paling rendah mulai dari 300 MB, 750 MB, 2 GB, 5 GB, hingga 50 GB.

Namun jika anda baru dalam membuat blog, maka bisa memilih hosting dengan kapasitas yang paling rendah yaitu 300 MB. Kapasitas 300 MB lebih dari cukup untuk blog baru, jika nantinya blog anda sudah mulai meningkat traffic pengunjungnya bisa upgrade ke hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Biaya untuk menebus hosting dengan kapasitas 300 MB adalah Rp 100 ribu untuk masa pakai satu tahun. Sedangkan untuk hosting dengan kapasitas 750 MB bisa anda tebus dengan uang sebesar Rp 200 ribu untuk masa pakai satu tahun. Anda juga bisa saja membeli hosting untuk masa pakai yang lebih pendek, misal untuk satu bulan, tiga bulan, dan enam bulan. Namun hitung-hitungannya akan lebih murah jika membeli untuk masa pakai satu tahun.

Untuk lebih jelasnya mengenai harga hosting, anda bisa cek dan membelinya melalui Domainesia.

4. Biaya Membeli Tema (Theme)

Yang terakhir, biaya yang perlu anda keluarkan adalah biaya untuk membeli tema atau theme wordpress. Memang banyak developer yang menyediakan tema gratis, namun alangkah baiknya pakailah tema wordpress yang berbayar karena memiliki kualitas yang lebih baik dan dukungan penuh dari developernya.

Banyak sekali situs penyedia tema wordpress berbayar yang bagus-bagus dan berkualitas. Pilihlah tema yang sesuai dengan topik pembahasan blog pribadi anda, pilih tema yang responsif. Biaya untuk menebus tema wordpress biasanya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 250 untuk tema standar blog.

Baca Juga : Tips Memilih Tema WordPress Yang Tepat dan Berkualitas

Kesimpulan

Disini akan saya simpulkan biaya total yang perlu anda keluarkan untuk membuat blog pribadi menggunakan wordpress self hosting.

# Biaya internet : Rp 100 ribu
# Biaya domain : Rp 100 ribu (menggunakan domain .com)
# Biaya Hosting : Rp 100 ribu (kapasitas 300 MB)
# Biaya Tema : Rp 150 ribu (tema standar)

Jadi total biaya yang perlu anda keluarkan untuk membuat blog pribadi adalah sebesar Rp 450 ribu. Jika anda termasuk orang yang tidak terlalu mempersoalkan mengenai biaya koneksi internet, maka biaya membuat blog pribadi wordpress self hosting yang perlu anda keluarkan hanya sebesar Rp 350 ribu saja.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini