Bitcoin Dijadikan Investasi? Ini Peringatan Bank Indonesia (BI)

2
312

Bitcoin dijadikan investasi memang sedang marak terjadi di berbagai belahan dunia. Hal ini seiring semakin boomingnya mata uang digital cryptocurrency ini di berbagai negara termasuk Indonesia. Namun yang perlu dipahami adalah bahwa Bitcoin bukanlah bentuk investasi yang bebas risiko, bahkan risikonya lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi saham.

investasi bitcoin - Bitcoin Dijadikan Investasi? Ini Peringatan Bank Indonesia (BI)

Investasi Bitcoin bagi beberapa kalangan bisa saja menguntungkan, namun juga sebaliknya akan sangat mudah terjadi kerugian. Penyebabnya adalah karena Bitcoin merupakan mata uang digital cryptocurrency yang bersifat fluktuatif. Artinya, pergerakan naik turun nilainya sangat ekstrem jauh dari kata stabil.

Seperti yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu, nilai Bitcoin menurun secara drastis dari level 240 juta per coin hingga menyentuh titik terendah di level 120 juta. Penurunan yang signifikan tersebut hanya terjadi kurang dari dua hari.

Baca Juga :
Bitcoin Dilarang Bank Indonesia? Jangan Panik, Ini Penjelasannya?

Peringatan BI Terkait Bitcoin Dijadikan Investasi

Karenanya, Bank Indonesia selaku lembaga yang mengatur sistem pembayaran di Indonesia memberikan peringatan kepada masyarakat terkait investasi Bitcoin. Pasalnya, Bitcoin bukanlah instrumen investasi yang aman namun sangat tinggi tingkat risikonya.

Selain itu, mata uang virtual Bitcoin tidak memiliki regulator dan aturan yang jelas, tidak ada lembaga atau seorangpun yang bertanggung jawab, sangat rentan terhadap praktek pencucian uang, dan praktek pembiayaan terorisme.

Loading...



Peringatan yang diberikan BI tepat jika menilik dari segi risiko yang dihadapi bagi pengguna Bitcoin yang menjadikannya instrumen investasi. Namun, semua itu tetap kembali lagi kepada orang yang bersangkutan. Apakah termasuk orang yang paham dan siap akan risiko yang akan dihadapi, atau termasuk orang yang siap menerima keuntungan tapi tidak siap menelan kerugian.

Baca Juga :
Investasi Cryptocurrency Semakin Banyak Diminati Karena Menguntungkan

Seperti yang sudah diperingatkan oleh BI bahwa Bitcoin bukanlah instrumen investasi yang legal dan aman, jadi segala risiko terkait dengan investasi Bitcoin tidak ada yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, masyarakat tetap harus berhati-hati jika telah memilih Bitcoin sebagai investasi.

Namun, BI memberikan larangan keras terhadap seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran dan penyelenggara Teknologi Finansial di Indonesia baik bank dan Lembaga non bank untuk tidak menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Jika melanggar, maka siap-siap menerima sanksi berat yang akan diberikan BI.

Loading...

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here