BPJS PBI Membantu Masyarakat Tidak Mampu Mendapatkan Layanan Kesehatan

0
37

Intanblog.com – BPJS PBI membantu masyarakat tidak mampu mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Pasalnya bagi peserta BPJS PBI selain biaya pengobatannya ditanggung BPJS Kesehatan, iuran bulanannya juga ditanggung oleh Pemerintah. Dengan adanya layanan ini maka masyarakat yang dikategorikan sebagai tidak mampu dapat terbantu ketika berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap.

Biaya pengobatan memang semakin tahun semakin mahal, inilah yang membuat biaya pengeluaran akan membengkak jika salah satu anggota keluarga sakit. Bagi masyarakat mampu saja biaya pengobatan cukup menguras tabungan apalagi bagi masyarakat tidak mampu. Oleh karenanya Pemerintah mengeluarkan program jaminan kesehatan yang dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu.

BPJS PBI Membantu Masyarakat Tidak Mampu Mendapatkan Layanan Kesehatan

BPJS PBI - BPJS PBI Membantu Masyarakat Tidak Mampu Mendapatkan Layanan Kesehatan

Kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan BPJS PBI sesuai dengan yang tertuang pada Perpres No. 101 Tahun 2011 adalah Fakir miskin dan Orang tidak mampu. Biasanya secara otomatis warga yang termasuk di dalam kriteria akan mendapatkannya sesuai dengan ketentuan. Namun jika terdapat warga yang masuk kedalam kriteria penerima BPJS PBI tapi belum menerimanya maka bisa langsung mengajukan ke BPJS Kesehatan dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Sebagai catatan, kepesertaan BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua yaitu BPJS PBI dan Non PBI. Jika BPJS PBI bebas iuran bulanan karena ditanggung Pemerintah, untuk BPJS non PBI mewajibkan membayar iuran bulanan sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih. Iuran untuk peserta non PBI adalah untuk kelas I Rp 80.000, kelas II Rp 51.000, dan kelas III Rp 25.500 per anggota keluarga.

Peserta non PBI yang menunggak iuran lebih dari satu bulan maka status kepesertaannya akan dinonaktifkan sementara hingga tunggakan dilunasi. Sesuai dengan peraturan terbaru, maksimal pelunasan tunggakan hingga 24 bulan ditambah bulan berjalan.

BPJS Kesehatan sebagai lembaga yang mengurusi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga saat ini memang memberikan banyak manfaat bagi warga yang terdaftar. Biaya pengobatan sepenuhnya akan ditanggung pihak BPJS Kesehatan jika sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan. Secara garis besar dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan tidak akan rugi karena sistem BPJS Kesehatan adalah Gotong royong, Yang Sehat Membantu Yang Sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here