Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Pertama Kali Sesuai Prosedur

0
282

Setelah melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan via online maupun via offline ( datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan), langkah selanjutnya adalah anda akan diminta untuk membayar iuran yang pertama. Iuran pertama ini tujuannya adalah untuk mengaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan anda. Lalu bagaimana cara bayar iuran BPJS Kesehatan pertama kali sesuai dengan prosedur yang berlaku?

Cara bayar Iuran BPJS Kesehatan pertama kali - Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Pertama Kali Sesuai Prosedur

Jika anda melakukan pendafaftaran BPJS Kesehatan secara online, maka anda akan melalui proses cetak Virtual Account (VA). Di dalam Virtual Account tersebut akan tercantum kode pembayaran yang akan anda gunakan untuk melakukan pembayaran iuran pertama kali dan seterusnya. Jadi simpan kode pembayaran tersebut baik-baik, kalau bisa simpan sebagai kontak di dalam ponsel anda.

Baca Juga : Benarkah Sunat atau Khitan Ditanggung BPJS Kesehatan?

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Pertama Kali Sesuai Prosedur

Kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan pertama kali adalah setelah peserta membayar iuran pertama ketika jatuh tempo. Artinya, sesuai dengan prosedurnya masyarakat yang telah berhasil melakukan pendaftaran akan diberikan jadwal pembayaran setelah mendapatkan Virtual Account (VA). Jadi di dalam virtual account tersebut selain terdapat kode pembayaran juga terdapat jadwal pembayaran iuran pertama kali.



Waktu pembayaran iuran pertama kali akan jatuh tempo pada hari ke-14 sejak virtual account diterbitkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat waktu jatuh tempo pembayaran pertama tersebut langsung pada virtual account. Disitu anda akan melihat secara detail waktu pembayarannya.

Pembayaran pertama kali sebenarnya dianjurkan untuk dibayar melalui Alfamart maupun Indomaret untuk mendapatkan struk pembayaran. Struk pembayaran ini nantinya digunakan sebagai syarat untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan. Namun menurut pengalaman saya pribadi, pada saat itu saya melakukan pembayaran melalui internet Banking tapi tetap bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan.

Setelah melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan pertama kali, maka pada saat itu juga kartu BPJS Kesehatan anda sudah aktif dan sudah bisa digunakan untuk klaim pemeriksaan kesehatan. Setelah kepesertaan anda aktif, anda sudah bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat. Atau jika anda belum sempat, bisa dengan cetak kartu e-ID sebagai pengganti kartu BPJS Kesehatan. Cara cetak kartu e-ID bisa baca disini.

Apakah Saya Bisa Membayar Iuran Pertama Kali Sebelum Jatuh Tempo?

Tidak bisa. Secara otomatis kode pembayaran anda akan mulai aktif pada waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan. Jadi sebelum waktunya maka anda tidak bisa melakukan pembayaran iuran pertama tersebut. Ini merupakan aturan baru yang menggantikan aturan lama dimana pada aturan sebelumnya kartu BPJS peserta sudah bisa digunakan pada hari yang sama saat pendaftaran, asalkan pada hari itu peserta sudah melakukan pembayaran pertama.

Berapa Iuran Pertama Kali Yang harus Dibayarkan?

Sesuai dengan kelas yang anda pilih kemudian dikalikan dengan jumlah anggota keluarga anda. Sebagai contoh anda memilih kelas III dengan iuran bulanan sebesar Rp 25.500 dan jumlah anggota keluarga anda adalah 4 orang. Maka bayar iuran BPJS pertama kali sejumlah Rp 25.500 x 4 = Rp 102.000.

Itulah penjelasan mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan pertama kali sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jika anda membutuhkan informasi lainnya terkait BPJS Kesehatan silahkan baca disini dan informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan disini.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini