Cara Bayar Pajak Kendaraan Wilayah JATENG via Tokopedia

0
192

Intanblog.com – Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia saat ini sudah bisa menerima pembayaran pajak kendaraan untuk wilayah Jawa Tengah (JATENG). Cara ini tentu saja sangat membantu bagi masyarakat yang tidak memiliki cukup waktu luang karena sibuk kerja. Pembayaran pajak kendaraan via Tokopedia juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana tahapan cara bayar pajak kendaraan wilayah JATENG via Tokopedia.

Sebelum anda melakukan pembayaran pajak kendaraan via Tokopedia, pastikan install terlebih dahulu aplikasi SAKPOLE melalui ponsel Android maupun iOS. Aplikasi ini digunakan untuk mendapatkan kode bayar yang nantinya digunakan untuk proses pembayaran di Tokopedia. Perlu diketahui, SAKPOLE merupakan aplikasi e-samsat wilayah Jawa Tengah yang bisa digunakan untuk melakukan perpanjangan STNK kendaraan secara online.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Wilayah JATENG via Tokopedia

Langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan yaitu langkah-langkah atau cara bayar pajak kendaraan wilayah JATENG via Tokopedia. Pastikan aplikasi SAKPOLE sudah terinstal di ponsel anda.

1. Buka Aplikasi SAKPOLE dan Lakukan Pendaftaran

  • Silahkan buka aplikasi SAKPOLE pada ponsel anda
  • Masuk pada menu LAYANAN ONLINE. Kemudian pilih PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN

  • Langkah selanjutnya silahkan masukkan data kepemilikan kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya seperti No. Polisi, NIK (e-KTP), dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan yang tertera di STNK
  • Setelah semua data terisi dengan benar, silahkan klik DAFTAR

2. Pilih Metode Pembayaran

Pada halaman selanjutnya anda akan melihat detail data kepemilikan kendaraan sesuai dengan yang terdaftar di STNK. Cermati dan pastikan data tersebut sama dengan data di STNK yang anda miliki, kemudian klik Lanjut.

  • Berikutnya jumlah biaya perpanjangan STNK akan muncul. Silahkan klik Lanjut

  • Pada halaman pembayaran, silahkan pilih metode pembayaran pada menu e-commerce yaitu Tokopedia. Lalu klik DAPATKAN KODE BAYAR

  • Kode pembayaran akan ditampilkan pada halaman kode bayar. Kode tersebutlah yang nanti digunakan untuk melakukan pembayaran via Tokopedia.

3. Masuk Aplikasi Tokopedia dan Pilih Menu E-Samsat

Setelah kode bayar sudah diterima, selanjutnya masuk ke aplikasi Tokopedia dan pilih menu e-samsat.

  • Pada halaman e-samsat silahkan pilih wilayah Samsat Jateng. Kemudian masukkan kode bayar yang anda terima dari aplikasi SAKPOLE pada kolom Kode Bayar. Kemudian klik Bayar

4. Lakukan Pembayaran di Tokopedia

Silahkan pilih metode pembayaran yang anda inginkan. Disini saya memilih menggunakan metode pembayaran via OVO.

  • Setelah pembayaran selesai, anda akan menerima notifikasi melalui email yang isinya memberitahukan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan. Bukti email ini nantinya bisa digunakan untuk cetak STNK di kantor Samsat terdekat wilayah Jateng
  • Jangan lupa, anda hanya diberikan waktu selama 14 untuk mencetak STNK di kantor Samsat terdekat

5. Cetak STNK di Samsat Terdekat Wilayah JATENG

Langkah terakhir yaitu melakukan pencetakan STNK di kantor Samsat. Persyaratan yang harus dibawa antara lain bukti pembayaran, STNK asli dan e-KTP asli pemilik kendaraan. Langsung saja anda kunjungi loket cetak STNK atau bisa juga dilakukan melalui mesin cetak mandiri.

Selain bisa dilakukan melalui aplikasi SAKPOLE, pembayaran pajak kendaraan juga bisa dilakukan melalui Samsat Online. Dengan teknologi yang semakin maju, masyarakat ternyata dapat menikmati keuntungannya. Salah satunya kemudahan dalam membayar pajak kendaraan secara online tanpa antri lama.

Tapi perlu diingat, untuk pembayaran pajak online hanya bisa dilakukan untuk perpanjangan STNK tahunan. Jadi untuk perpanjangan STNK 5 tahunan dan bagi yang telah melewati batas jatuh tempo harus dilakukan di kantor Samsatnya langsung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini