Cara Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

0
50

Padatnya aktifitas dan kemajuan teknologi saat ini yang mengubah masyarakat terhadap kebiasaan berbelanja. Dari sebelumnya mereka lebih menyukai belanja melalui toko konvensional, saat ini mereka beralih lebih menyukai ke belanja online. Namun tentu harus memahami cara belanja online yang aman dan nyaman agar terhindar dari penipuan dan tindakan kriminal lainnya.

Cara belanja online yang aman dan nyaman - Cara Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

Belanja online lebih disukai karena caranya yang mudah, simple, dan harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional. Belanja online memang semakin berkembang dari waktu ke waktu dengan dibarengi dengan kemajuan teknologi.

Baca Juga : Cara Jualan Online di Tokopedia : Mudah, Gratis dan Menguntungkan

Cara Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

Walaupun lebih mudah, tentunya belanja online tetap memiliki resiko keamanan yang perlu diwaspadai. Dengan memahami cara belanja online yang aman dan nyaman maka akan mengurangi resiko keamanan yang timbul. Karena selalu ada tempat bagi pihak-pihak yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan tindakan kriminal.

Berikut ini cara belanja online yang aman dan nyaman agar aktifitas belanja online anda semakin mengasyikkan :

1. Belanja Pada Situs Toko Online Terpercaya

Setiap anda melakukan belanja online tentu akan mencari barang yang anda butuhkan pada sebuah toko online. Saat ini banyak sekali situs toko online yang menyediakan barang-barang menarik dan harga murah, namun anda tentu harus memilih situs yang terpercaya.



Ada beberapa situs toko online besar di Indonesia saat ini yang memiliki reputasi baik dan terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, kaskus, Shopee, Blibli, dan lainnya. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa toko online tersebut, karena memiliki jaminan keamanan bagi konsumen yang telah teruji.

2. Gunakan Fitur Rekening Bersama

Rekening bersama atau yang biasa dikenal dengan rekber adalah salah satu cara aman untuk bertransaksi ketika belanja online. Jadi anda sebagai pembeli akan mentransfer dana kepada pihak rekber kemudian pihak rekber akan mentransfer dana tersebut ketika barang yang anda beli sudah diterima sesuai dengan pesanan.

Jika ternyata barang yang anda pesan tidak kunjung diterima atau tidak sesuai dengan pesanan, maka dana akan dikembalikan kepada anda sebagai pembeli.

Sebelumnya rekening bersama ini sudah sangat terkenal di kalangan kaskuser, namun saat ini ternyata fitur rekening bersama sudah digunakan oleh hampir semua toko online besar di Indonesia.

Baca Juga : Aplikasi Tumbasin, Belanja di Pasar Tradisional Jadi Lebih Mudah

3. Pilih Seller Dengan Reputasi Terbaik

Untuk melihat reputasi seller, biasanya toko online menampilkna dengan simbol-simbol seperti bintang maupun piala. Semakin banyak bintang maka semakin tinggi reputasi seller tersebut.

Seller dengan reputasi terbaik tentu memiliki track record atau riwayat yang baik terhadap pelayanan konsumen. Bisa dibilang seller rekomendasi yang bisa dipercaya dan memiliki review yang positif.

4. Baca Deskripsi Produk Dengan Teliti

Deskripsi produk menggambarkan tentang produk yang dijual. Sebelum anda memutuskan untuk membeli produk yang anda inginkan, baca dengan teliti deskripsi produk tersebut agar anda tidak salah memilih produk.

Karena banyak kasus yang terjadi bahwa konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan, padahal konsumen sendiri yang kurang teliti dalam membaca deskripsi dari produk tersebut.

Jika anda ragu dengan deskripsi yang tertera, lakukan komunikasi dengan seller untuk memperjelas. Biasanya toko oniline menyediakan fitur komunikasi berupa chat di dalamnya.

Baca Juga : Tips Belanja di Lazada Indonesia

5. Simpan Bukti Transaksi

Biasakan selalu menyimpan bukti transaksi dalam setiap anda melakukan belanja online, setidaknya sampai dengan barang diterima. Hal ini dimaksudkan agar anda memiliki bukti yang kuat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan sistem dan sebagainya.

Setelah anda memahami beberapa cara belanja online yang aman dan nyaman di atas, maka diharapkan proses belanja online anda akan berjalan lancar hingga barang diterima.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini