Cara Cek Nomor BPOM : Untuk Mengetahui Produk Aman atau Berbahaya

0
4

Saat ini banyak sekali jenis dan merk produk makanan maupun kosmetik yang beredar di pasaran. Anda juga pasti pernah membeli produk karena tertarik dengan penawaran harganya maupun tergiur dengan khasiat yang tertulis pada kemasan. Namun anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli suatu produk, salah satunya dengan melihat apakah produk tersebut sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau belum. Untuk menghindari produk palsu atau berbahaya, sebaiknya cek terlebih dahulu produk yang akan anda beli dengan cara cek nomor BPOM.

Cara Cek Nomor BPOM : Untuk Mengetahui Produk Aman atau Berbahaya

Cara cek nomor BPOM yang tertera pada kemasan produk adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari pemakaian produk berbahaya atau produk palsu. Sebagai catatan, produk yang telah terdaftar di BPOM telah dilakukan serangkaian tes untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan.

Anda penasaran dengan produk yang sedang anda gunakan apakah berbahaya atau tidak? Silahkan cek nomor BPOM yang tertera pada kemasan produk yang anda gunakan. Berikut ini caranya :

1. Cara Cek Nomor BPOM Via Website

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah lihat pada kemasan produk, apakah ada nomor registrasi yang dikeluarkan BPOM. Jika ada itu artinya produk tersebut telah lolos uji dan dipastikan aman untuk digunakan. Umumnya nomor BPOM terletak pada bagian belakang atau di bawah kemasan produk dan terdiri dari dua huruf dan sebelas angka.
  • Cek nomor tersebut apakah sesuai dengan yang ada di BPOM. Caranya silahkan kunjungi link https://cekbpom.pom.go.id/

Cara Cek Nomor BPOM - Cara Cek Nomor BPOM : Untuk Mengetahui Produk Aman atau Berbahaya

  • Gambar di atas adalah tampilan halaman utama website cek BPOM
  • Pada bagian “Cari Berdasarkan”, silahkan pilih NOMOR REGISTRASI
  • Kemudian masukkan nomor BPOM yang akan anda cek pada bagian KATA KUNCI, lalu klik CARI
  • Jika nomor tersebut memang terdaftar pada BPOM, maka akan tampil keterangan detail terkait produk tersebut seperti gambar di bawah ini

Cara Cek Nomor BPOM 1 - Cara Cek Nomor BPOM : Untuk Mengetahui Produk Aman atau Berbahaya

Jika detail produk yang tertera pada kemasan sama dengan yang ditampilkan pada website cek BPOM, maka sudah dipastikan produk tersebut aman untuk digunakan. Selain bisa cek produk menggunakan nomor BPOM, anda juga bisa cek menggunakan nama produk atau merk.

2. Cara Cek Nomor BPOM Via Aplikasi CEK BPOM

Menariknya, saat ini BPOM telah meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan cek keaslian produk yang digunakan. Sehingga dengan aplikasi tersebut akan memudahkan dalam pengecekan melalui smartphone.

Langsung saja untuk cara pengecekan menggunakan aplikasi smartphone silahkan baca langkah-langakhnya melalui link ini https://www.intanblog.com/aplikasi-cek-bpom/

Cek Nomor BPOM Sebagai Solusi Menghindari Produk Berbahaya

Dengan melakukan cek nomor BPOM sebelum membeli atau menggunakan suatu produk baik itu berupa produk makanan, minuman, kosmetik, obat, dan lain sebagainya tentu akan menghindari penggunaan produk berbahaya atau produk palsu. Hal tersebut juga sebagai upaya kita untuk mencegah produsen-produsen nakal yang tidak mau mendaftarkan produknya melalui BPOM.

Itulah Tutorial dan penjelasan mengenai cara cek nomor BPOM yang bisa dilakukan via website dan aplikasi smartphone. Semoga artikel ini memberikan wawasan positif bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here