Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

0
372

Intanblog.com – Bagi peserta BPJS Kesehatan khususnya peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang membayar iuran sendiri setiap bulannya, terkadang ingin mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan miliknya. Hal ini biasanya terjadi ketika sedang membutuhkan manfaat kartu tersebut setelah lama tidak menggunakannya. Untuk membantu anda, kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara cek status kartu BPJS Kesehatan untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak.

bpjs - Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

Pengetahuan ini sangat penting sekali dengan tujuan untuk menghindari penolakan layanan kesehatan dari pihak Faskes karena status kartu BPJS Kesehatan yang anda gunakan ternyata sudah tidak aktif. Mengingat begitu pentingnya manfaat kartu BPJS Kesehatan bagi kita, maka pastikan status kartu BPJS selalu dalam keadaan aktif.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Bayi Baru Lahir : Syarat dan Prosedur (Terbaru)

Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

Setiap Faskes mulai dari Faskes I hingga Faskes Lanjutan akan menerima pasien BPJS Kesehatan dengan syarat status kepesertaan masih dalam keadaan aktif. Namun jika statusnya non aktif, maka kartu BPJS Kesehatan tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya sehingga proses berobat anda akan dilayani sebagai pasien umum.



Loading...

Sebenarnya, untuk mengetahui status kartu BPJS Kesehatan anda masih dalam keadaan aktif atau tidak itu cukup mudah. Jika anda membayar iuran bulanan secara teratur tanpa adanya tunggakan, maka sudah dipastikan statusnya masih aktif. Begitu juga sebaliknya, jika iuran anda menunggak minimal satu bulan saja maka status kartu BPJS Kesehatan anda sudah dalam keadaan non aktif.

Baca Juga : Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan : Syarat dan Prosedurnya

Tapi untuk memastikannya secara jelas, maka tidak ada salahnya anda melakukan pengecekan langsung menggunakan beberapa cara di bawah ini :

1. Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi

Cara cetak kartu e ID sebagai pengganti kartu BPJS Kesehatan - Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu melalui aplikasi mobile JKN KIS. Aplikasi ini bisa anda install melalui toko aplikasi pada smartphone anda atau melalui link ini. Aplikasi ini sebenarnya memiliki banyak manfaat seperti untuk cetak kartu E-ID, pindah Faskes pertama, cek tagihan, cek status kepesertaan, dan masih banyak lagi.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan setelah berhasil menginstall aplikasi JKN KIS adalah melakukan pendaftaran pengguna mobile. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti cara di bawah ini :

  • Buka aplikasi JKN KIS dan pilih Pendaftaran Pengguna Mobile
  • Selanjutnya silahkan isi form pendaftaran sesuai dengan data diri anda. Jika semua form sudah diisi maka langkah selanjutnya silahkan klik Register
  • Langkah berikutnya lakukan verifikasi menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email yang sudah anda daftarkan
  • Sampai disini anda sudah berhasil membuat akun pengguna mobile pada aplikasi JKN KIS

Untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak, silahkan masuk ke aplikasi JKN KIS. Kemudian klik pada menu Peserta dan anda akan melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini. Jika pada setiap anggota ditampilkan dengan tanda centang hijau, itu artinya status kartu BPJS Kesehatan dalam keadaan aktif.

Screenshot 20190108 161532 compressed - Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

2. Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Melalui Website

Cara yang kedua, anda bisa mengunjungi langsung website resmi dari BPJS Kesehatan dan melakukan pengecekan status kepsertaan dengan cara berikut ini :

  • Pertama silahkan kunjungi tautan ini
  • Anda akan dihadapkan pada halaman checking dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Silahkan masukkan nomor Kartu, Tanggal lahir, dan nomor validasi yang tertera pada website. Kemudian klik CEK

Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Apakah Masih Aktif atau Tidak - Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

  • Jika data yang anda masukkan semuanya benar, maka di bawahnya akan muncul data kepesertaan anda. Jika kartu masih dalam keadaan aktif, maka pada data status peserta akan tertulis AKTIF

Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Apakah Masih Aktif atau Tidak 1 - Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan : Apakah Masih Aktif atau Tidak

3. Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Cara ketiga yang bisa anda lakukan adalah melalui layanan Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Anda akan dilayani oleh seorang customer service dan diminta untuk memberitahukan apa maksud dan tujuan anda menghubungi mereka. Katakan saja bahwa maksud dan tujuan anda adalah untuk mengecek status kepesertaan kartu BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Operasi Caesar Dengan BPJS Kesehatan : Berapa Biaya Yang Ditanggung?

4. Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Melalui SMS Gateway

Cara keempat adalah melalui layanan SMS Gateway. Menggunakan layanan ini, anda akan diminta untuk mengirimkan sms dengan Format tertentu dan ditujukan pada nomor telepon yang telah disediakan pihak BPJS Kesehatan. Berikut ini Format sms dan nomor tujuan yang telah disediakan pihak BPJS Kesehatan :

FORMAT SMS : NOKA(spasi)NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
CONTOH : NOKA 000145254854
KIRIM KE : 087775500400
FORMAT SMS : NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
CONTOH : NIP 000145254854
KIRIM KE : 087775500400
FORMAT SMS : NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
CONTOH : NIK 000145254854
KIRIM KE : 087775500400

5. Cara Cek Status Kartu BPJS Kesehatan Melalui Kantor BPJS Kesehatan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kartu BPJS asli. Namun karena antrian yang lama dan lokasinya mungkin bagi sebagian orang cukup jauh, maka cara ini jarang sekali dilakukan.  Apalagi hanya sekedar untuk mengetahui status kepesertaan kartu.

Bagaimana Jika Ternyata Status Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif?

Bagi beberapa orang pasti akan menemukan persoalan bahwa ternyata status BPJS Kesehatan mereka dalam keadaan tidak aktif. Kemungkinan yang paling sering terjadi adalah mereka telah menunggak iuran lebih dari satu bulan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tenang… kartu BPJS Kesehatan yang sudah dalam keadaan tidak aktif masih bisa diaktifkan kembali dengan mengikuti beberapa persyaratan dan prosedur yang berlaku. Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkannya kembali bisa baca disini.

Itulah penjelasan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda.

Jika anda membutuhkan informasi lainnya terkait dengan BPJS Kesehatan bisa baca DISINI. Dan untuk mengetahui informasi lainnya terkait BPJS Ketenagakerjaan bisa baca DISINI.
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here