Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Mandiri (BPU)

0
208

Jika anda merupakan pekerja mandiri atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) yang sebelumnya telah mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara online, maka anda perlu mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan sebagai kartu identitas kepesertaan. Artikel ini saya terbitkan karena saya yakin masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja mandiri (BPU).

cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan bagi pekerja mandiri BPU - Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Mandiri (BPU)

Sebagai pengetahuan anda, pekerja mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah seseorang yang menjalankan usaha sendiri untuk mendapatkan hasil dari usahanya tersebut. Sebagai contoh petani, pedagang, tukang ojek pengkolan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inilah 5 Langkah Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Mandiri (BPU)

Bagi pekerja mandiri yang sudah melakukan pendaftaran secara online, maka proses pencetakan kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan sendiri dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Perlu diingat, kantor BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan kantor BPJS Kesehatan jadi anda jangan sampai salah masuk.



Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja mandiri (BPU) :

  • Pertama bayar terlebih dahulu iuran pertama anda melalui ATM atau gerai Alfamart dan Indomaret. Simpan struk pembayaran tersebut sebagai syarat untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Siapkan persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP asli dan struk pembayaran iuran pertama
  • Datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan
  • Minta bantuan petugas jaga atau Satpam dengan menjelaskan maksud dan tujuan anda. Biasanya Satpam atau petugas jaga akan mengarahkan anda ke ruangan khusus untuk cetak kartu
  • Proses cetak kartu tidak membutuhkan waktu lama dan tidak dipungut biaya sepeserpun dari petugas

Baca Juga : Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI

Bentuk kartu BPJS Ketenagakerjaan hampir sama dengan bentuk KTP sebelum menjadi e-KTP. Bentuknya masih kertas dan dilampiri plastik yang sebelumnya harus dipanaskan agar merekat. Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah anda peroleh nantinya bisa digunakan untuk segala keperluan terkait dengan proses klaim dan sebagainya.

IMG 20181113 123642 - Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Mandiri (BPU)
Contoh kartu BPJS Ketenagakerjaan pekerja mandiri (BPU)

Setelah anda terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu harus taat membayar iuran maksimal sampai dengan tanggal 10 setiap bulannya. Menariknya, anda bisa membayar iuran untuk satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan dua belas bulan dalam sekali pembayaran.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini