RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

Cetak Kartu BPJS Bagi Peserta Baru : Syarat dan Mekanismenya

0
568

Intanblog.com – Setelah anda melakukan pendaftaran menjadi peserta baru BPJS kesehatan, baik secara online maupun offline langkah selanjutnya adalah mencetak kartu. Namun bukan berarti setelah melakukan pendaftaran langsung bisa mencetak kartu, tentu saja setelah berjarak 14 hari sejak pendaftaran. Cetak kartu BPJS bagi peserta baru bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

Cetak kartu bpjs kesehatan - Cetak Kartu BPJS Bagi Peserta Baru : Syarat dan Mekanismenya

Syarat Cetak Kartu BPJS Bagi Peserta Baru

Kartu BPJS Kesehatan nantinya digunakan oleh peserta ketika berobat pada Faskes I maupun Faskes lanjutan. Oleh karena itu untuk mempermudah proses administrasi ketika berobat, maka peserta diwajibkan selalu membawa kartu BPJS tersebut. Untuk mencetaknya di kantor BPJS Kesehatan terdekat, anda harus membawa beberapa persyaratan berikut ini.

  • E-KTP (asli)
  • Kartu Keluarga/KK (asli dan fotocopy)
  • Bukti struk pembayaran pertama (jika ada)
  • Nomor Virtual Account peserta (Nomor yang digunakan untuk pembayaran iuran)

Baca Juga : Kapan Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan Pertama Kali?

Mekanisme Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Setelah anda melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan, selanjutnya bawa dokumen-dokumen tersebut ke kantor BPJS Kesehatan untuk proses pencetakan kartu.

  1. Persiapkan persyaratan yang dibituhkan
  2. Datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat
  3. Hampiri Satpam atau penjaga lainnya dengan menyebutkan tujuan anda. Bilang bahwa anda akan melakukan cetak kartu peserta baru. Nanti Satpam akan mengambilkan nomor antrian dan menunjukkan loket khusus untuk pencetakan kartu.
  4. Setelah dipanggil sesuai nomor antrian, silahkan berikan persyaratan yang dibutuhkan dan proses pencetakan kartu BPJS segera dilakukan petugas. Jika persyaratan yang dibutuhkan lengkap maka proses pencetakan kartu tidak lebih dari 5 menit saja.

Baca Juga : Iuran BPJS Kesehatan Terbaru dan Ketentuannya

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Bisa Secara Online

Jika lokasi kantor BPJS Kesehatan jaraknya lumayan jauh dengan tempat tinggal anda, maka ada alternatif lainnya yaitu cetak kartu BPJS Kesehatan via online. Namun hasil dari cetakan kartu akan sedikit berbeda, namun memiliki fungsi dan kegunaan sama dengan kartu BPJS pada umumnya. Kartu BPJS yang dicetak via online lebih dikenal dengan kartu E-ID atau pengganti kartu BPJS Kesehatan.

Untuk langkah-langkah cetak kartu E-ID bisa anda baca pada artikel berikut Cara Cetak Kartu e-ID Sebagai Pengganti Kartu BPJS Kesehatan

Itulah cara cetak kartu BPJS bagi peserta baru di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here