Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

0
136

Intanblog.com – Bagi pengguna layanan internet kabel dari Indihome biasanya akan diberikan sebuah perangkat modem atau router. Perangkat tersebut gunanya adalah sebagai sumber internet, baik melalui koneks wifi maupun koneksi Lan. Sebagai keamanannya, modem tersebut biasanya sudah dibekali dengan password atau kata sandi. Sehingga setiap device yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet melalui modem tersebut harus memasukkan password terlebih dahulu. Apakah password tersebut bisa diganti? Tentu saja bisa. Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara ganti password wifi Indihome modem fiberhome GPON.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Perlu anda ketahui, saat ini pihak Indihome lebih banyak menggunakan modem Fiberhome GPON mulai dari seri HG6243C, AN5506-04-FS, AN5506-04-FG dan sebagainya. Meskipun serinya berbeda-beda namun untuk tampilan menu pengaturannya sama saja. Untuk mengetahui serinya, anda bisa melihatnya pada bagian belakang modem Fiberhome yang anda gunakan di rumah. Menariknya, modem jenis ini sangat mudah untuk disetting salah satunya untuk mengganti password wifi.

Baca juga : Pengalaman Pasang Indihome, Mulai Pendaftaran Hingga Pemasangan

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Untuk bisa mengatur ulang atau mengganti password wifi, pastikan perangkat yang anda gunakan terhubung dengan jaringan wifi dari modem tersebut. Jika modem yang anda gunakan masih baru atau belum disetting apapun alias masih bawaan dari Indihome, maka settingannya masih menggunakan deafult.

1. Langkah Pertama Buka Browser Chrome atau Firefox

Jika anda menggunakan perangkat laptop, pc, maupun smartphone, silahkan buka browser yang ada di perangkat anda tersebut seperti chrome maupun firefox. Kemudian pada address bar ketikkan 192.168.1.1 lalu klik Enter.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Maka akan muncul halaman login seperti gambar di bawah ini :

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Silahkan isi Username dan Password default sesuai dengan yang tertera pada bagian belakang modem, atau gunakan dengan username dan password berikut ini :

Username : user
Password : user1234

atau

Username : admin
Password : %0|F?H@f!berhO3e

Bedanya antara username admin dan user adalah terletak pada tampilan menu pengaturannya. Dimana untuk user hanya menampilkan menu-menu standar, sedangkan untuk admin semua menu pengaturannya akan muncul.

Baca juga : Cara Top Up OVO di Alfamart Terbaru, 15 November 2019

2. Lakukan Pengaturan

Jika anda sudah Login maka tampilan awalnya akan seperti gambar di bawah ini

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Untuk mengubah password wifi yang anda gunakan saat ini silahkan masuk ke menu Network kemudian pilih Advanced. Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Modem Fiberhome GPON

Silahkan ubah pengaturannya pada kolom yang sudah saya tandai pada gambar di atas. Untuk kolom SSID Name adalah nama wifi yang nantinya akan muncul, silahkan ganti sesuka anda. Kemudian pada kolom Passphrase adalah password atau kata sandi. Jika sudah dirubah, selanjutnya adalah klik Apply.

Sesaat setelah klik Apply, maka semua device yang terhubung ke jaringan wifi tersebut akan terputus. Untuk menghubungkannya kembali, maka sudah bisa menggunakan password baru.

Sebaiknya untuk menghindari pembobolan password dan lain sebagainya, rubah password minimal satu minggu sekali agar lebih aman. Itulah sedikit tutorial cara ganti password wifi indihome untuk modem model HG6243C, AN5506-04-FS, AN5506-04-FG dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini