Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

0
776

Setiap orang pasti menginginkan kondisi tubuhnya selalu dalam keadaan sehat, salah satunya adalah memiliki kadar gula darah normal. Tubuh dengan kandungan kadar gula darah normal sangat penting karena dapat melakukan segala aktifitas sehari-hari secara normal tanpa adanya gangguan. Itulah mengapa berbagai cara mempertahankan kadar gula darah normal dalam tubuh selalu dilakukan banyak orang.

Cara mempertahankan kadar gula darah normal - Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Tahukah anda berapa kadar gula darah normal yang perlu dipertahankan seseorang? Secara medis, kadar gula darah normal itu memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan beberapa kondisi seperti sebelum makan, sesudah makan, dan sesaat sebelum tidur. Ketika anda melakukan pengecekan tentu harus berpatokan pada beberapa data tersebut.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan

Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Manusia

Sebelumnya anda perlu mengetahui seberapa angka kadar gula darah normal yang ada pada tubuh. Tentunya untuk masing-masing kondisi angkanya akan berbeda, berikut ini penjelasan mengenai kadar gula darah normal pada tubuh manusia :



  • Sebelum makan : 70 – 130 mg/dL
  • 2 jam setelah makan : kurang dari 180 mg/dL
  • Tidak makan selama delapan jam : kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur : 100 – 140 mg/dL

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap berada pada kondisi normal juga sangat penting. Tidak sedikit pula yang mengalami gula darah rendah (hipoglikemia) dan gula darah tinggi (hiperglikemia).

Tubuh yang mengalami hipoglikemia jika kadar gula darah dalam tubuh berkisar di bawah 70 mg/dL dan mengalami hiperglikemia jika gula darah berada di atas 200 mg/dL.

Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal

Untuk menghindari hipoglikemia dan hiperglikemia anda tentu harus tetap mempertahankan kadar gula darah normal pada tubuh. Berikut ini beberapa cara mempertahankan kadar gula darah normal pada tubuh :

1. Olahraga Rutin Minimal 30 menit Per Hari

Olahraga dalam segala hal memang sangat penting, khususnya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dalam hal menjaga kadar gula darah tetap normal, olahraga minimal 30 menit per hari bisa melatih otot-otot tubuh. Perannya sangat penting dalam menggunakan dan menyimpan gula dalam tubuh.

2. Asupan Makanan Perlu Diperhatikan

Asupan makanan yang mengandung karbohidrat perlu anda perhatikan atau perlu anda batasi. Sumber karbohidrat yang baik untuk menjaga kadar gula darah adalah yang berasal dari ubi, pasta dari biji-bijian utuh, nasi merah, almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam, dan kayu manis.

3. Makan Tepat Waktu

Makanlah pada jam atau waktu yang tepat, hal ini bertujuan agar nafsu makan pada jam makan berikutnya tetap terjaga. Jika makan tidak tepat waktu maka nafsu makan anda pada jam makan berikutnya akan meningkat, itu artinya porsi makan anda akan bertambah banyak dan akan menaikkan kadar gula darah.

4. Hindari Stres Berkepanjangan

Segera atasi stres berkepanjangan yang sedang anda alami, karena kondisi stres dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

5. Sediakan Camilan Manis

Camilan manis seperti permen juga sangat penting untuk anda konsumsi untuk menjaga kadar gula darah tidak menurun drastis ketika aktifitas anda padat. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi camilan manis.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Perut Dengan Minum Jus Buah Ini

Itulah beberapa cara mempertahankan kadar gula darah normal dalam tubuh untuk menghindari gejala-gejala yang muncul akibat kadar gula darah (hipoglikemia) rendah maupun kadar gula tinggi (hiperglikemia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here