Cara Mencegah Stres Berkepanjangan Agar Tidak Berdampak Pada Kesehatan Jantung Anda

0
85

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kondisi stres. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami situasi sulit pada dirinya. Tahukah anda bahwa stres berkepanjangan ternyata dapat mengganggu kesehatan jantung? Oleh karena itu anda harus menjaga kondisi stres agar tidak berlarut-larut. Kali ini saya akan memberikan tips cara mencegah stres berkepanjangan agar tidak berdampak serius pada kesehatan jantung anda.

Cara mencegah stres berkepanjangan - Cara Mencegah Stres Berkepanjangan Agar Tidak Berdampak Pada Kesehatan Jantung Anda

Yang perlu anda ketahui bahwa ketika tubuh mengalami stres maka jantung akan berdetak lebih kencang, nafas terasa ngos-ngosan, otot tegang, dan tekanan darah akan meningkat drastis. Kondisi seperti ini jika anda biarkan berlarut-larut justru akan menyebabkan masalah yang serius. Oleh karena itu stres memerlukan penanganan khusus untuk mengatasinya.

Baca Juga : Diet Dengan Jenis Sayuran Ini Agar Cepat Langsing

Cara Mencegah Stres Berkepanjangan

Ketika anda mengalami kondisi stres, secara bersamaan tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin. Kondisi seperti ini dalam jangka panjang akan berdampak serius pada kesehatan jantung anda.



Oleh karena itu jika anda mengalami kondisi stres segeralah untuk mengatasinya secepat mungkin untuk menghindari hal-hal yang lebih serius. Selain itu hindari melakukan aktifitas-aktifitas yang justru akan memperparah penyebab stres seperti merokok, makan makanan berlemak dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Berikut ini beberapa tips cara mencegah stres berkepanjangan yang bisa anda lakukan :

1. Berpikir Positif dan Tertawalah

Selalu berpikir positif dinilai mampu membuat hati tenang dan jantung akan berdetak normal. Usahakan selalu perbanyaklah tertawa dalam aktifitas anda sehari-hari untuk melindungi kesehatan jantung.

2. Lakukan Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

Stres bisa diatasi dengan melakukan meditasi dengan cara duduk pada tempat yang tenang, sepi, dan jauh dari keramaian atau suara bising. Tarik nafas panjang lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sampai anda merasakan ketenangan.

3. Keluarkan Unek-Unek Pada Orang Lain

Jika stres yang anda alami karena masalah pribadi atau apapun itu, cobalah untuk mengeluarkan unek-unek pada orang lain yang dekat dengan anda seperti sahabat ataupun keluarga.

4. Olahraga

Luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Manfaat yang diperoleh akan lebih maksimal jika olahraga dilakukan bersama teman atau keluarga untuk menjaga kesehatan jantung dan kesehatan emosional.

Baca Juga : Lakukan 5 Gerakan Olahraga ini Setiap Bangun Tidur

5. Berkumpul Dengan Keluarga

Stres biasanya memang disebabkan oleh tekanan, atau masalah yang sulit untuk dihadapi. Sehingga berkumpul dengan keluarga atau orang-orang yang anda sayangi akan memberikan perasaan yang lebih tenang. Ceritakanlah masalah yang sedang anda hadapi dengan keluarga untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

6. Lakukan Konseling Dengan Psikolog atau Psikiater

Sebagian orang tentu akan mengalami situasi dimana mereka merasa tidak mampu mengatasi stres yang dihadapinya seorang diri. Bahkan merasa malu atau takut jika berbagi dengan keluarga atau sahabat. Jika hal itu anda alami lakukanlah konseling dengan psikolog atau psikiater agar mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Selain cara di atas yang bisa anda lakukan untuk mencegah stres berkepanjangan, ada cara lain yang dinilai mampu mengatasi stres yaitu dengan membaca buku atau situs yang memuat kata-kata motivasi untuk hidup anda. Kata-kata motivasi dipercaya mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam diri seseorang, terutama bagi anda yang sedang mengalami stres.

Baca Juga : Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung

Itulah tips cara mencegah stres berkepanjangan untuk menghindari masalah-masalah serius yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung anda.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini