Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Yang Sudah terbukti

    0
    175

    Usaha dalam mencari rezeki materiil tentu ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan saat ini. Anda bisa memilih menjadi seorang karyawan, menjalankan usaha (berwirausaha), menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi driver online, dan masih banyak lagi jenis pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Namun tahukah anda bahwa cara mendapatkan uang dari blog pribadi juga merupakan cara yang mudah untuk menghasilkan uang?

    Cara mendapatkan uang dari blog pribadi - Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Yang Sudah terbukti

    Tidak sedikit orang yang berprofesi sebagai pengelola blog atau yang biasa disebut dengan blogger saat ini. Masing-masing dari mereka tentu memiliki harapan dan tujuan yang berbeda-beda, ada yang menjalani profesi ngeblog hanya sebagai penyalur hobi menulis, ada yang hanya sekedar berbagi informasi, namun banyak juga yang tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan uang. Baik sebagai pendapatan utama maupun pendapatan sampingan.

    Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi

    Memang sangat beragam tujuan seseorang terjun ke dalam dunia perbloggeran. Pada kesempatan kali ini saya secara khusus akan membahas mengenai blog pribadi yang dijadikan sumber penghasilan. Anda tertarik? Baca penjelasan saya sampai akhir.



    Akan tetapi sebelum saya terlalu jauh menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pribadi, yang pertama anda tentu harus paham dengan pengertian apa itu blog pribadi. Blog pribadi adalah sebuah blog atau situs website yang dapat diakses secara online dengan menampilkan konten berupa tulisan maupun gambar serta dikelola oleh seseorang secara pribadi.

    Blog sendiri pada dasarnya memiliki fungsi sebagai media publik yang bisa diakses oleh semua pengguna internet untuk menyalurkan berbagai ide dan wawasan menjadi sebuah tulisan. Tulisan atau konten yang diposting pada sebuah blog juga biasa disebut dengan artikel.

    Pada saat sekarang ini banyak sekali yang memanfaatkan blog sebagai sumber penghasilan untuk mendapatkan uang. Hal ini dikarenakan saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih mencari informasi secara online melalui internet, sehingga kebutuhan akan sumber informasi online semakin tinggi. Disinilah peran penting sebuah blog atau situs web sebagai sumber informasi online yang banyak dicari di internet.

    Setelah anda paham dengan pengertian Blog, selanjutnya yang anda lakukan adalah membuat blog pribadi.

    # Membuat Blog Pribadi

    Media untuk membuat blog memang sudah banyak beredar saat ini, namun yang banyak digunakan oleh blogger adalah dari situs Blogger, WordPress.com, dan WordPress.org. Saya sarankan untuk pemula bisa menggunakan Blogger atau wordpress.com, kemudian jika anda sudah mahir barulah menggunakan wordpress.org.

    Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang langkah-langkah membuat blog gratis melalui situs Blogger. Silahkan baca artikelnya disini ( Cara Membuat Blog Gratis Melalui Blogger ).

    Setelah anda berhasil membuat blog pribadi, langkah yang anda lakukan selanjutnya adalah :

    1. Menulis Konten Bermanfaat

    Yang pertama setelah blog sudah ada, tentu anda harus mengisi blog tersebut dengan konten atau artikel yang bermanfaat bagi orang banyak. Artikel yang anda tulis bisa mengambil dari berbagai referensi, atau lebih bagus lagi jika artikel yang anda tulis merupakan sebuah ide anda sendiri.

    Konten yang bermanfaat tentu konten yang dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca, menghibur, atau memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami pembaca. Jika konten tersebut ada di dalam blog yang anda miliki, maka akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan blog pribadi anda kedepannya.

    2. Mulai Datangkan Pembaca Untuk Blog Anda

    Jika blog pribadi anda sudah memiliki banyak konten bermanfaat, selanjutnya anda juga perlu mulai fokus untuk mendatangkan pembaca untuk blog. Pembaca adalah memiliki peranan yang sangat penting dalam penghasilan yang anda peroleh nantinya. Kata yang lebih populer adalah mempromosikan blog pribadi anda melalui berbagai cara seperti :

    • Membagikan konten blog pada media sosial seperti facebook, Twitter, Google+, Instagram, dan lainnya.
    • Bergabunglah pada berbagai komunitas atau grup online yang memiliki pembahasan sama dengan isi konten blog pribadi anda. Usahakan anda selalu aktif di dalam komunitas tersebut dengan memberikan komentar berupa saran maupun solusi agar anda semakin dikenal oleh anggota lainnya.
    • Selalu konsisten dalam menulis artikel pada bulan pertama umur blog pribadi anda, karena masa-masa ini sebagai masa dimana situs blog anda mulai dikenali oleh mesin pencari (search engine).

    Selain melakukan promosi, anda juga perlu memperhatikan bahwa artikel yang akan anda buat memang banyak dicari orang di internet. Sehingga dalam setiap pembuatan artikel, anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Caranya bisa anda pelajari melalui artikel ini ( Cara Riset Keyword (Kata Kunci Google) Paling Ampuh ).

    3. Mulai Monetisasi Blog Untuk Mendapatkan Uang

    Jika langkah 1 dan 2 sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah fokus untuk memonetisasi blog agar mampu menghasilkan uang. Namun walaupun anda fokus monetisasi blog, untuk langkah 1 dan langkah 2 tetap anda jalankan selamanya.

    Blog yang sudah memiliki banyak pembaca atau pengunjung akan lebih mudah untuk dilakukan monetisasi, terutama untuk media iklan. Karena pemasang iklan tentu mencari blog yang ramai pengunjung, jika diibaratkan orang jualan pasti mencari lokasi yang banyak dilewati orang.

    # Memonetisasi Blog Untuk Mendatangkan Uang

    Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa blog pribadi yang memiliki banyak pembaca tentu akan mudah untuk mendatangkan uang. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini :

    1. Mendapatkan Uang Melalui Iklan

    Blog yang memiliki banyak pembaca atau traffic pengunjung yang tinggi sangat diminati pengiklan. Mereka akan menawarkan kerja sama dengan anda untuk menempatkan iklan mereka pada blog yang anda miliki, kemudian anda sebagai pemilik blog akan memperoleh bayaran dari pengiklan tersebut.

    Pengiklan biasanya akan memberikan rincian kerja sama melalui proposal yang dikirim melalui email. Setelah terjadi kesepakatan antara pengiklan dan pemilik blog, maka pembayaran biasanya dilakukan setelah iklan ditayangkan dan diakses oleh pembaca.

    Selain dari pengiklan, anda juga bisa memasang iklan pada blog pribadi anda melalui pihak ketiga yaitu Google Adsense. Dalam hal ini anda berperan sebagai publisher untuk menayangkan iklan dari pengiklan Google Adsense sesuai aturan yang berlaku. Anda sebagai publisher akan mendapatkan bayaran ketika iklan yang anda tayangkan diakses oleh pembaca atau pengunjung blog.

    Baca Juga : 5 Niche Blog Unggulan Untuk Publisher Google Adsense

    2. Mendapatkan Uang Melalui Content Placement

    Yang kedua anda bisa mendapatkan uang dari pihak lain berupa penawaran content placement. Artinya, anda ditawarkan kerja sama untuk mempostingkan sebuah artikel pada blog anda yang di dalamnya terdapat link aktif menuju situs pihak yang menawarkan.

    Jadi artikel bukan anda yang membuat, tapi sudah disiapkan oleh pihak yang menawarkan. Anda hanya berperan untuk mempostingkan saja pada blog pribadi yang anda miliki. Pembayaran biasanya akan dilakukan setelah artikel benar-benar sudah diposting pada blog.

    3. Mendapatkan Uang Melalui Review Produk

    Sebagai pemilik blog, anda juga bisa saja ditawari kerja sama oleh produsen sebuah produk tertentu untuk membuatkan artikel review tentang produk mereka pada blog pribadi anda. Anda biasanya diberikan sebuah catatan penting tentang produk tersebut sebagai referensi anda dalam membuat artikel review.

    Cara mendapatkan uang dari blog pribadi melalui penawaran review produk biasanya pemilik produk memilih blog dengan traffic yang tinggi dan topik sesuai dengan produk mereka.

    4. Mendapatkan Uang Melalui Affiliasi

    Affiliasi disini adalah sebuah bisnis yang memberikan komisi bagi yang berhasil mendatangkan pembeli. Anda sebagai pemilik blog juga bisa menjalankan ini melalui blog. Namun yang perlu diperhatikan adalah produk yang anda ikuti sesuai dengan pembahasan blog anda.

    Seperti contoh, anda mendaftar pada sebuah situs yang menyediakan affiliasi kemudian anda memasang link atau tautan yang menuju ke produk tertentu. Jika ada pembaca yang membeli produk tersebut melalui link atau tautan yang anda pasang, maka anda secara otomatis akan memperoleh komisi dari penjualan produk tersebut.

    5. Mendapatkan Uang Melalui Jualan produk

    Anda juga bisa membuat blog pribadi yang dijadikan media untuk jualan produk secara online. Faktanya, jualan online lebih efektif dan lebih luas jangkauannya untuk mendatangkan pembeli. Memang saat ini sudah banyak situs E-commerce yang menyediakan lapak online gratis bagi penggunanya, namun dengan memiliki blog pribadi maka kepercayaan pembeli akan semakin bertambah.

    Calon pembeli menilai bahwa anda sebagai penjual yang profesional dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Dari beberapa cara mendapatkan uang dari blog pribadi, mungkin cara ini kurang diminati bagi blogger yang tidak memiliki bakat jualan.

    Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Bitcoin Yang Terbukti Menguntungkan

    Kesimpulan

    Walaupun terlihat mudah dalam mendapatkan uang melalui blog pribadi, namun anda membutuhkan kerja keras dan proses yang tidak instan. Yang terpenting adalah niat, semangat pantang menyerah dan ketekunan yang harus anda miliki. Sambil berjalan, anda juga jangan berhenti untuk terus mempelajari tentang cara mendapatkan uang dari blog pribadi maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan blog.

    LEAVE A REPLY

    Silahkan tulis komentar anda!
    Masukkan nama anda disini