Cara Menerapkan Blogwalking Yang Baik dan Benar

26
479

Blogwalking yang baik adalah berkunjung ke blog orang lain dengan memberikan komentar serta menyisipkan link url menuju blog anda. Blogwalking juga biasa dilakukan oleh seorang blogger dengan tujuan untuk meningkatkan posisi blognya di mesin pencarian.

blogwalking - Cara Menerapkan Blogwalking Yang Baik dan Benar
Blogwalking juga termasuk dalam cara membangun backlink yang berguna untuk optimasi seo. Bagi seorang blogger pemula cara ini sangat penting untuk membantu menaikkan popularitas blognya di mata mesin pencarian google.

Jika anda paham akan tata cara blogwalking yang baik dan benar, bukan tidak mungkin blog yang anda kelola akan mencapai halaman pertama pada  mesin pencarian google.

Begitupun sebaliknya, jika anda asal-asalan dalam melakukan blogwalking maka hasilnya bukannya positif, melainkan blog anda akan dimasukkan dalam blog spam dan semakin menjatuhkan posisinya dalam mesin pencarian.

Baca juga : Pengertian Backlink Dalam Optimasi Seo dan Manfaatnya

Menerapkan Blogwalking Yang Baik dan Benar



Berikut ini beberapa cara untuk melakukan blogwalking yang baik dan benar :

1. Cari Blog atau Situs Yang Mempunyai Topik Yang Sama

Cara pertama ini saya katakan sebagai langkah awal anda melakukan blogwalking. Cari situs yang topik pembahasannya sama atau sejenis dengan blog anda.

Misalkan blog anda membahas tentang tips bisnis, maka carilah situs yang mempunyai topik tentang bisnis.

Dengan cara ini, maka mesin pencari seperti google akan lebih mengenal url yang anda tanamkan dan diharapkan akan cepat terindeks.

Baca Juga : Cara Riset Keyword (Kata Kunci Google) Paling Ampuh

2. Baca dan Pahami Artikel Situs Tersebut

Setelah anda menemukan situs yang memiliki topik yang sama, maka selanjutnya adalah membaca artikel di situs tersebut.

Pilih artikel yang menurut anda menarik atau bahkan kalau bisa pilihlah artikel yang merupakan artikel populer di situs tersebut. Artikel populer adalah artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung.

Ini bisa anda lihat pada menu side bar sebelah kanan atau kiri yang biasa digunakan untuk menaruh widget artikel populer.

Baca isi artikel sampai anda paham dan mengerti isi dari artikel tersebut. Ini diharapkan agar anda mampu memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel atau isi konten.

Baca Juga : Disiplin Menulis Artikel Akan Berdampak Baik Bagi Blog Anda

3. Berikan Komentar Yang Relevan Dengan Isi Konten

Nah tiba pada tujuan utama blogwalking yaitu memberikan komentar yang relevan. Artinya, berikanlah komentar yang positif bisa berupa tambahan untuk melengkapi isi konten, saran atau yang lainnya.

Serta berikan link url blog ( backlink ) anda pada kotak website pada kolom komentar.

Intinya jangan sampai memberikan komentar hanya dengan menulis terima kasih, good luck, semoga bermanfaat dan lainnya.

Dengan memberikan komentar positif yang relevan, atau dengan uraian yang panjang dan menginspirasi menggunakan kata-kata anda sendiri.

Maka ketika ada pengunjung lain yang membaca komentar anda, kemudian pengunjung tersebut merasa tertarik dengan komentar anda pasti dengan sendirinya akan mengklik url anda.

Itu sebagai keuntungan lain, karena disamping menanamkan backlink bertambah juga traffic pengunjung blog anda.

Baca juga : Cara Menerapkan Backlink Yang Baik dan Berkualitas
4. Hindari Komentar Secara Berlebihan

Ketika sedang semangat-semangatnya melakukan aktifitas blog walking, maka dengan percaya dirinya dalam sehari bisa melakukan ratusan komentar.

Hal ini memang tidak dilarang, tapi aktifitas seperti ini apalagi secara berulang-ulang dengan intensitas waktu yang saling berdekatan bisa saja justru malah dianggap spam oleh google.

Maka solusinya, berikan komentar dengan batas kewajaran saja. Misalkan 10 komentar per hari dengan situs yang berbeda-beda setiap harinya.

Ini terlihat lebih organik dan terbaca oleh mesin perayapan google sebagai tindakan yang wajar.

5. Gunakan Backlink Menuju ke Home Page

Ini termasuk penting dalam penerapan blogwalking yang terkadang masih diabaikan oleh blogger. Sisipkan link url ( Backlink ) yang tertuju ke menu home page blog anda.

Hal ini dengan tujuan utama untuk membangun popularitas blog anda di mata mesin pencari google.

Kecuali jika blog anda memang sudah termasuk populer, maka bisa sisipkan link url ( backlink) yang tertuju ke sebuah artikel blog anda. Ini untuk membangun popularitas url artikel tersebut untuk bisa mencapai halaman utama search engine.

Itulah 5 langkah yang harus diterapkan dalam blogwalking yang baik dan benar. Diharapkan dengan mengetahui tata cara tersebut, blogwalking menjadi lebih berkualitas dan efektif sesuai dengan tujuan utamanya.

26 COMMENTS

  1. Good artikel gan, artikel singkat dan mudah untuk di pahami. Sangat cocok untuk di jadikan pembelajaran terutama bagi blogger blogger yang baru seperti saya. Terimakasihsudah mau membagi info yang sangat bermanfaat bagi saya 🙂

  2. Terimakasih infonya gan, saya biasanya blog walking kesemua tema artikel namun tidak mencantumkan link yang aktiv agar tidak mengganggu blog lain, apa begitu boleh ?
    Akan saya coba terapkan artikel yang anda share di blog saya

  3. Kata mbah-mbah yang pinter main blog katanya kalau mengisi backlink di komentar akan berujung buruk pada blog……Dan kebanyakan para blogger menyarankan untuk mencari BL yang ditanam langsung di artikel blog orang lain…..itu benar kah?

    • Betul.. Untuk link yang berada di dalam komentar memang tidak disarankan karena itu akan dianggap sebagai spam oleh google. Selain itu link yang berada di dalam komentar juga akan memperburuk konten tersebut. Link yang paling bagus adalah yang berada di dalam konten, atau yang biasa disebut dengan contextual link.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini