Home Tips Kesehatan 10+ Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur Malam )

10+ Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur Malam )

170
1
SHARE

Susah tidur atau yang biasa disebut dengan istilah insomnia sering dikeluhkan oleh banyak orang. Biasanya insomnia terjadi ketika memasuki waktu tidur malam yang ideal. Jika kondisi ini dibiarkan maka dapat mengganggu kesehatan anda. Menurut beberapa penelitian, insomnia dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia?

cara mengatasi insomnia atau susah tidur - 10+ Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur Malam )

Insomnia dapat terjadi pada siapapun, oleh karena itu anda harus tetap waspada agar tidak mengganggu aktifitas serta kesehatan anda. Jangan sampai kebutuhan tidur ideal anda berkurang karena kondisi insomnia.

Baca Juga : Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung

Apa Penyebab Insomnia atau Susah Tidur?

Insomnia sendiri biasanya ditandai dengan adanya susah tidur malam walaupun sudah memasuki waktunya tidur, sering terbangun sehingga tidak bisa tidur lama sesuai yang dibutuhkan tubuh, dan tidur tidak bisa pulas.

Kondisi insomnia biasanya terjadi karena beberapa faktor yang paling banyak menjadi penyebab insomnia. Berikut ini faktor penyebabnya :

  • Gangguan psikologis ( cemas, gelisah, stress, dll. )
  • Penyakit Asma
  • Penyakit jantung
  • Penyakit Parkinson
  • Penyakit Alzheimer
  • Waktu tidur yang tidak tetap
  • Mengkonsumsi alkohol, nikotin dan kafein sebelum tidur
  • Lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
Baca Juga : Manfaat Tidur Siang Yang Paling Banyak Dirasakan

Cari tahu apa yang menjadi penyebab kondisi insomnia yang sedang anda alami, kemudian lakukan langkah-langkah dengan cara mengatasi insomnia.



Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Jika kondisi insomnia terlanjur anda alami, maka membutuhkan beberapa tips untuk mengatasi masalah susah tidur tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Buat Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Kamar yang rapi, bersih, dan wangi tentu akan lebih nyaman untuk melakukan istirahat tidur malam anda. Usahakan buatlah senyaman mungkin sesuai yang anda inginkan sehingga kondisi kamar tidur tidak mengganggu tidur anda.

Jauhkan kamar dari peralatan elektronik yang dapat mengganggu seperti televisi, komputer, dan meja kerja atau belajar. Gunakanlah kamar hanya untuk tidur dan aktifitas seksual anda.

2. Hindari Makan Dengan Porsi Besar Sebelum Tidur

Perut yang kenyang sebelum waktunya tidur malam dapat mengganggu kualitas tidur anda. Selain mengganggu kualitas tidur, makan dengan porsi besar sebelum tidur juga dapat menimbulkan obesitas dan resiko diabetes.

3. Usahakan Melakukan Relaksasi

Jika gangguan tidur yang anda alami karena stress, cemas maupun depresi cara yang paling tepat adalah dengan melakukan relaksasi. Bisa dengan melakukan senam yoga, mandi air hangat, mendengarkan music dengan irama ringan, dan bisa juga dengan membaca buku.

Dengan relaksasi maka otot yang tegang akan kembali mengendur, pikiran semakin relaks, dan tubuh menjadi nyaman.

4. Hindari Konsumsi Kafein, Alkohol, Dan Nikotin

Masalah gangguan tidur bisa diakibatkan karena mengkonsumsi kafein, alkohol dan nikotin. Oleh karena itu cobalah hindari mengkonsumsinya sebelum memasuki waktu tidur malam anda.

5. Berpikir Positif

Usahakan selalu berpikir positif agar anda mampu menangani masalah-masalah yang menjadi penyebab susah tidur. Berpikir positif juga termasuk bagian dari terapi perilaku kognitif dalam psikoterapi.

6. Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

Kandungan zat triptofan yang terdapat pada susu, terbukti dapat membantu mengatasi masalah insomnia anda. Triptofan dapat menenangkan sel saraf untuk membantu relaksasi tubuh dan otak sehingga dapat membantu lebih mudah terlelap tidur.

7. Matikan Gadget dan Lampu Kamar

Menggunakan gadget sebelum tidur dipercaya sebagai salah satu penyebab seseorang susah tidur, oleh karena itu matikan gadget beberapa saat sebelum melakukan aktifitas tidur malam.

Selain itu kamar juga harus dalam keadaan gelap sehingga akan membantu anda mudah terlelap.

8. Mengubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Baik

Gaya hidup yang sehat seperti rajin olah raga setiap hari, aktif bergerak serta pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, dan hindari merokok.

Baca Juga : Hamil Di Luar Kandungan Sangat Berbahaya, Apa Penyebabnya?

9. Atur Waktu Tidur Malam Yang Sama Setiap Hari

Kebiasaan tidur pada jam-jam yang biasanya anda lakukan, akan membuat tubuh terbiasa merasa ngantuk ketika memasuki jam tersebut. Hal ini jelas akan membantu anda untuk mengatasi masalah sulit tidur.

10. Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang terlalu lama juga termasuk salah satu yang bisa mengganggu tidur malam anda. Oleh karena itu hindari tidur siang terlalu lama, 30 – 60 menit adalah waktu yang ideal untuk tidur siang.

11. Konsumsi Obat Tidur Jika Diperlukan

Mengkonsumsi obat tidur memang perlu jika memang anda memerlukan obat tersebut. Misal anda sudah melakukan langkah-langkah cara mengatasi insomnia di atas namun masih tetap tidak bisa tidur, maka obat tidur bisa menjadi alternatif terakhir agar anda bisa terlelap.

Itulah penjelasan tentang insomnia serta beberapa tips cara mengatasi insomnia atau sulit tidur malam. Semoga tips di atas dapat mengatasi gangguan susah tidur anda pada malam hari.

1 COMMENT

  1. Permisi. Secara kebetulan saya bisa ke blog anda, setelah menghabiskan waktu cukup lama membaca ternyata isinya sangat bagus dan banyak isi yang sazngat bermanfaat.
    Izin komen dan share blog ini ke sosial media saya ya sekalian biar blog ini
    semakin banyak pembacanya. Jangan lupa diupdate ters ya blognya.Terima Kasih, Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here