Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

0
474

Kebiasaaan baik tentang cara mengatur keuangan adalah salah satu faktor yang menentukan masa depan anda. Hal ini kerap kali diabaikan oleh kebanyakan orang karena alasan masing-masing. Padahal mengatur keuangan sangatlah penting dilakukan agar anda bisa mengevaluasi keuangan anda setiap bulan.

cara mengatur keuangan rumah tangga - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Kondisi financial anda di masa depan akan lebih terencana dan lebih terfokus dengan dengan cara mengatur keuangan yang baik sejak dini. Anda tidak mau bukan, jika keuangan anda selalu tekor setiap bulan padahal gaji atau pendapatan anda termasuk besar.



Oleh karena itu, anda memerlukan langkah-langkah untuk menghindari pendapatan anda yang selalu tekor setiap bulan dengan menjalankan kebiasaan mengatur keuangan yang baik. Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : 20 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru Tahun 2017, Jadikan Inspirasi Anda

Cara Mengatur Keuangan Dengan Kebiasaan Baik

Kebiasaan anda akan menentukan masa depan anda, termasuk kebiasaan yang terkait dengan pengelolaan financial. Berikut ini kebiasaan baik untuk masa depan anda yang lebih cerah :

1. Disiplin Menabung Setiap Bulan

disiplin menabung sejak dini - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Kebiasaan menabung sudah diajarkan orang kepada anak-anaknya sejak memasuki usia sekolah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena dengan menabung maka keuangan anda di masa depan akan terjamin.

Banyak manfaat yang akan anda peroleh dengan membiasakan diri untuk menabung setiap bulan. Sisihkan uang dari penghasilan anda minimal 10% – 30% setiap bulannya untuk ditabung di bank.

2. Belanjalah Secara Cerdas

belanja cerdas - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Apa yang dimaksud dengan belanja secara cerdas?

Pernahkah anda mengalami kejadian ketika berbelanja tidak bisa menahan nafsu belanja yang tinggi, yang akhirnya uang anda untuk kebutuhan yang lain tidak mencukupi padahal waktu gajian berikutnya masih lama.

Hal ini dikarenakan belanjaan anda bukanlah untuk kebutuhan, melainkan untuk menuruti keinginan anda semata. Oleh karena itu anda perlu menerapkan kebiasaan belanja cerdas dengan cara belanja hanya untuk kebutuhan, bukan menuruti keinginan.

Baca Juga : Kiat Sukses di Usia Muda Yang Wajib Anda Jalankan

3. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

catat pemasukan dan pengeluaran - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Berapapun pemasukan dan pengeluaran yang terkait dengan keuangan anda, mulai saat ini catat sebagai bahan evaluasi. Bukan hanya itu, catatan tersebut bisa dijadikan sebagai faktor penting untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, maka anda bisa melihat secara detail lalu lintas keuangan anda secara rutin setiap bulannya. Anda bisa menilai sendiri apakah anda termasuk boros atau hemat dalam hal keuangan.

4. Biasakan Cerdas Berhemat

cerdas berhemat - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Hemat bukan berarti membatasi ruang gerak anda dalam melakukan hal-hal positif lainnya. Namun, cerdas berhemat adalah menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan anda setiap bulannya.

Bagaimana cara untuk cerdas berhemat?

Cara yang biasa digunakan adalah dengan mencatat setiap kebutuhan rutin anda setiap bulannya dan sesuaikan keuangan yang anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lakukan penarikan dana gajian anda di ATM sesuai dengan kebutuhan yang sudah anda sesuaikan di atas.

5. Berinvestasi Untuk Masa Depan

investasi - Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Investasi yang bisa anda lakukan dengan dana yang tidak terlalu besar bisa melalui reksadana maupun emas seperti :

Dengan berinvestasi maka anda memiliki aset keuntungan untuk masa depan yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang.

6. Catat Kebutuhan Biaya Lain-Lain

Anda pasti tidak akan pernah tahu jika nantinya akan ada pengeluaran yang bersifat tak terduga seperti hajatan saudara maupun tetangga, melayat, kunjungan keluarga dan lainnya.

Oleh karena itu, masukkan biaya lain-lain pada catatan keuangan anda untuk memenuhi kebutuhan tak terduga tersebut.

Itulah beberapa kebiasaan – kebiasaan baik yang perlu dilakukan sebagai cara mengatur keuangan untuk mencapai masa depan yang cerah.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini