Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan Terbaru

0
2353

Intanblog.com – Sebagai peserta BPJS Kesehatan mandiri yang harus membayar iuran setiap bulan, bagi sebagian orang terkadang lupa untuk membayar. Ada juga yang memang disengaja tidak dibayar dikarenakan faktor ekonomi atau pendapatan kurang. Secara teknis, status kepesertaan BPJS Kesehatan akan di nonaktifkan sementara ketika ada tunggakan iuran. Bagaimana cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan agar kita tahu nominal pastinya?

Cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan

Untuk bisa menggunakan kembali manfaat dari kartu BPJS Kesehatan tentunya seluruh tunggakan harus dibayarkan terlebih dahulu. Terkadang kita lupa sudah berapa bulan tidak membayar iuran, sehingga tidak tahu berapa tunggakan iuran yang harus dibayarkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena dengan berbekal smartphone dan nomor BPJS Kesehatan saja anda sudah bisa mengecek berapa sisa tunggakan iuran yang harus dibayarkan.

Baca Juga :   Bisakah Kartu BPJS Kesehatan Dinonaktifkan dan Berhenti Bayar Iuran? Ini Penjelasannya

Baca juga : Besaran Iuran BPJS Kesehatan Setelah Naik 1 Juli 2020

Cara Mengecek Tunggakan BPJS Kesehatan Terbaru

Dengan mengetahui berapa tunggakan iuran yang harus dibayarkan, maka kita bisa menyiapkan dana tersebut terlebih dahulu. Setidaknya, ketika melakukan pembayaran baik melalui Alfamart, Indomaret, maupun pembayaran lainnya tidak sampai kaget dengan nominal tunggakan yang besar. Atau bahkan uang yang dibawa ternyata masih kurang untuk membayar tunggakan tersebut.

Berikut ini gambaran bagaimana cara mengecek tunggakan BPJS Kesehatan :

Langkah pertama – Silahkan persiapkan nomor BPJS Kesehatan anda yang terdiri dari 13 digit. Kemudian masuk ke aplikasi browser seperti chrome atau lainnya.  Ketik https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ pada kolom pencarian lalu enter. Jangan lupa atur tampilan browser ke tampilan desktop.

Baca Juga :   Besaran Iuran BPJS Kesehatan Setelah Naik 1 Juli 2020

Langkah kedua – Isi semua kolom yang ditampilkan, mulai dari No. Kartu, Tanggal lahir, dan angka validasi. Lalu tekan Cek untuk melihat nominal tunggakan iurannya.

Jika data yang anda masukkan benar, maka akan ditampilkan data-data berupa Nama peserta, No. peserta, tagihan, denda, dll pada tabel di bawah. Anda bisa melihat berapa tunggakan yang harus dibayarkan pada kolom Total tagihan. Disitu juga tertera tanggal terakhir kali anda membayar iuran. Sehingga hitung-hitungannya jadi lebih jelas, karena anda bisa melihat berapa bulan menunggak iuran BPJS Kesehatan.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan lihat video tutorial di bawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here