Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Ribet

0
219

Cara menghemat baterai android adalah satu cara untuk merawat baterai smartphone anda agar lebih awet atau tahan lama ketika sedang digunakan. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan anda dalam menggunakan smartphone setiap harinya.

cara menghemat baterai android - Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Ribet

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak pengguna smartphone android yang mengeluhkan tentang borosnya penggunaan baterai. Pasalnya banyak yang belum mengerti bagaimana cara menghemat baterai android agar tidak boros.

Nah.. kali ini saya akan memberikan tips untuk menghemat baterai smartphone android anda yang akan saya jelaskan secara mendalam dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuka Situs Yang Diblokir Internet Positif, Dijamin Tembus

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Ribet



Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang bagaimana cara menghemat baterai android. Disini saya akan memberikan cara yang paling simpel dan tidak perlu ribet serta tidak mengurangi manfaat dari smartphone android itu sendiri.

1. Atur Kecerahan Layar Maksimal 50%

Kecerahan layar merupakan faktor utama yang paling menguras penggunaan baterai. Oleh karena itu, atur kecerahan layar maksimal pada rentang antara 40% – 50% saja. Jika pengaturan kecerahan layar sudah dirubah dalam rentang angka tersebut, maka penggunaan baterai akan berkurang antara 20% – 30%.

2. Matikan Fungsi GPS Ketika Tidak Digunakan

GPS biasanya digunakan untuk penggunaan peta digital pada smartphone android anda agar kinerjanya lebih maksimal. Namun ternyata penggunaan GPS tersebut sangat menguras baterai, oleh karena itu segera matikan fungsi GPS ketika anda sudah tidak lagi mengunakan peta digital.

Baca Juga : Begini Cara Download Video Di Youtube Tanpa Software

3. Matikan Fungsi Getar dan Nada Tombol

Pada semua smartphone android pasti ada fitur Getar dan Nada tombol. Fitur getar biasanya berfungsi ketika ada notifikasi berupa pesan masuk atau telepon masuk. Sedangkan fitur Nada tombol biasanya muncul suara ketika pengguna menekan tombol virtual pada layar android.

Saya sarankan nonaktifkan kedua fitur tersebut karena memang menguras penggunaan baterai.

4. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Live wallpaper pada perangkat android memang dinilai semakin mempercantik tampilan layar smartphone, namun di sisi lain live wallpaper juga sangat menguras penggunaan baterai. Alangkah baiknya, jika tidak terlalu dibutuhkan hindari penggunaan live wallpaper ini agar penggunaan baterai android anda lebih awet.

5. Atur Waktu Layar Tidur Semimimal Mungkin

Layar tidur adalah keadaan ketika smartphone tidak sedang digunakan, biasanya layar akan redup dan mati sendiri. Anda bisa mengatur waktu tidur untuk layar smartphone android anda seminimal mungkin misal 15 detik.

Ketika layar tidak ada aktifitas selama 15 detik, maka layar akan redup dan mati secara otomatis. Hal ini jelas akan lebih mengirit penggunaan baterai ketika smartphone tidak digunakan.

6. Uninstall Aplikasi Chat Yang Jarang Digunakan

Aplikasi chat merupakan aplikasi yang banyak menguras pengunaan baterai, hal ini karena aplikasi tersebut selalu terkoneksi ke server secara online terus menerus. Sebaiknya jangan menggunakan aplikasi chat terlalu banyak pada smartphone android anda.

Uninstall aplikasi chat yang jarang digunakan, apalagi hanya sedikit teman yang menggunakannnya agar tidak terlalu menguras penggunaan baterai.

7. Kurangi Penggunaan Widget

Penggunaan widget juga dinilai sebagai biangnya baterai android anda boros, terutama widget yang terkoneksi dengan internet seperti cuaca, widget chat, dan lainnya. Hapus widget yang dinilai tidak terlalu berguna yang hanya menguras baterai.

Baca Juga : Beberapa Fitur Whatsapp Terbaru Yang Belum Anda Ketahui

8. Menggunakan Aplikasi

Yang terakhir, anda bisa menghemat penggunaan daya baterai android menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi-aplikasi penghemat baterai android, namun hanya ada beberapa yang dinilai paling ampuh dan terbukti menambah umur penggunaan baterai.

Selengkapnya baca disini Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik dan Gratis

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghemat baterai android anda tanpa perlu ribet dan tidak mengurangi manfaat dari smartphone itu sendiri. Anda masih dapat menggunakan smartphone seperti biasanya tanpa takut baterai cepat habis.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini