Cek BI Checking Terbaru Lewat SLIK OJK, Begini Caranya

Cara Cek BI Checking Terbaru Kini Beralih ke SLIK OJK

0
743

Bank Indonesia (BI) sebagai lembaga keuangan yang sebelumnya melayani cek BI checking melalui Sistem Informasi Debitur (SID) telah resmi menyerahkan tongkat estafetnya ke OJK. Artinya, seluruh layanan terkait dengan data informasi debitur serta fasilitas kreditnya saat ini bukan lagi dilayani Bank Indonesia (BI) melainkan menjadi tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek BI Checking Terbaru Lewat SLIK OJK Begini Caranya - Cek BI Checking Terbaru Lewat SLIK OJK, Begini Caranya

Penyerahan tongkat estafet ini diberlakukan sejak 1 januari 2018 dengan mengaplikasikan layanan SLIK OJK. Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang diterapkan OJK, maka masyarakat dan lembaga keuangan lainnya kini bisa mendapatkan data informasi debitur atau IDI Historis dengan lebih mudah.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Untuk Masa Depan

Cek BI Checking Kini Lewat SLIK OJK, Begini Caranya

IDI Historis atau Informasi Debitur Individual Historis merupakan sebuah data riwayat yang mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit. Data inilah yang menentukan lolos atau tidaknya pengajuan kredit debitur kepada suatu lembaga keuangan. Setiap lembaga keuangan seperti Bank maupun lembaga keuangan non Bank pasti sebelum menyetujui pengajuan kredit calon debitur akan melakukan cek BI checking terlebih dahulu.



Ini sebenarnya sebagai syarat mutlak untuk melihat data riwayat calon debitur terhadap riwayat pembayaran kredit terdahulunya. Jika pembayaran kredit calon debitur yang tertera di IDI Historis masuk ke dalam whitelist, maka pihak Bank akan menyetujui pengajuan kredit calon debitur tersebut.

SLIK OJK yang menggantikan peran Sistem Informasi Debitur (SID) dari layanan sebelumnya bertujuan untuk memberikan akses lebih luas terhadap IDI Historis. Sebagai catatan, sebelumnya BI checking hanya terbatas untuk lembaga keuangan Bank dan lembaga pembiayaan saja.

Dengan SLIK OJK maka akses tersebut diperluas hingga menjangkau lembaga keuangan non Bank bahkan sampai dengan ke Pegadaian. Di dalam data SLIK OJK kini juga lebih lengkap dan lebih besar dari segi jumlah, ini dikarenakan jangkauan akses yang lebih luas dari sebelumnya. Selain itu data-data seperti tagihan listik maupun tagihan air saat ini juga sudah masuk ke dalam SLIK OJK, sehingga lebih lengkap dan lebih detail.

Baca Juga : Latar Belakang Berdirinya Bukalapak Sebagai 4 Besar Unicorn di Indonesia

Aturan Pengalihan Layanan Cek BI Checking

Beralihnya layanan cek BI checking ke layanan SLIK OJK yang mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2018 tentu sudah diatur menurut Undang-Undang. Aturan tersebut tertera di UU No. 21 Tahun 2011 yang isinya Bank Indonesia (BI) diharuskan mengalihkan layanan SID ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bank Indonesia bersama OJK memiliki wewenang atas pengaturan sistem informasi debitur dengan tujuan untuk menjaga kesehatan keuangan Bank.

Cara Cek BI Checking Melalui SLIK OJK

Sebelumnya masyarakat bisa melakukan cek BI checking secara online melalui situs Bank Indonesia (BI). Namun mulai sejak 1 Januari 2018, masyarakat justru lebih dipermudah melakukan cek BI checking melalui kantor OJK terdekat. Berikut ini cara cek BI checking melalui SLIK OJK :

1. Debitur Perseorangan

Untuk debitur perseorangan yang ingin melakukan cek BI checking melalui SLIK OJK datang langsung ke kantor OJK dengan membawa dokumen-dokumen pendukung seperti :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI
  • Paspor bagi WNA

Debitur akan diminta mengisi formulir permintaan informasi debitur oleh petugas OJK. Sebagai catatan, dengan adanya SLIK OJK maka kantor OJK saat ini sudah menyediakan counter khusus untuk melayani permintaan informasi debitur. Jadi prosesnya akan lebih cepat dan efisien bagi masyarakat.

2. Debitur Badan Usaha

Sama dengan debitur perseorangan, debitur badan usaha juga harus datang langsung ke kantor OJK dengan membawa dokumen pendukung seperti :

  • NPWP
  • Akta Pendirian perusahaan
  • Perubahan anggaran dasar terakhir

Setelah pengisian formulir yang dilakukan oleh debitur, selanjutnya pihak OJK akan memeriksa dan meneliti formulir tersebut beserta dokumen yang dilampirkan. Jika semua persyaratan sudah sesuai, petugas akan melakukan pencetakan hasil informasi debitur.

OJK akan menyerahkan hasil informasi debitur langsung kepada pemohon beserta tanda terima yang ditandatangani oleh pemohon. Cara ini sama sekali tidak dipungut biaya apapun dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

slik ojk compressed - Cek BI Checking Terbaru Lewat SLIK OJK, Begini Caranya

Berikut ini contoh formulir Informasi debitur dan cara membacanya :

Cara cek BI checking dengan mudah terbaru 2018 - Cek BI Checking Terbaru Lewat SLIK OJK, Begini Caranya

SLIK OJK dengan sistem dan layanan akses yang lebih luas dibandingkan dengan sistem SID milik BI, maka masyarakat akan lebih mudah menerima pinjaman. Kemudahan mengakses layanan SLIK OJK, maka memberikan kesempatan yang lebih besar terhadap berbagai usaha mikro di Indonesia untuk menerima pinjaman dari lembaga Bank dan Non Bank lebih mudah.

Peralihan cek BI Checking ke SLIK OJK merupakan solusi terbaik untuk memajukan ekonomi Indonesia, khususnya bagi kesehatan keuangan Bank dan kemudahan penerimaan pinjaman bagi UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here