Home Asuransi Bisakah Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan Secara Online?

Bisakah Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan Secara Online?

108
0
SHARE

Bisakah Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan Secara Online? – Seluruh warga negara Indonesia diwajibkan menjadi peserta BPJS Kesehatan seperti yang tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS, dan UU No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional pasal 5 ( Ayat 1 ) dan Pasal 52. Termasuk bagi anda yang sedang hamil, wajib mendaftarkan bayinya semasa masih dalam kandungan.

Bisakah daftar BPJS bayi dalam kandungan secara online - Bisakah Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan Secara Online?

Seperti yang sudah pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya bahwa pendaftaran BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri bisa dilakukan secara online dan mendatangi langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Lalu bisakan daftar BPJS bayi dalam kandungan secara online?

Baca Juga : Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya

Bisakah Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan Secara Online?

Memang pihak BPJS Kesehatan lebih menganjurkan calon peserta untuk mendaftarkan diri melalui jalur online karena cara ini lebih cepat dan tanpa perlu antri. Namun sayangnya saat ini untuk mendaftarkan bayi dalam kandungan belum bisa dilakukan secara online, jadi anda hanya bisa mendaftarkannya dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Pendaftaran BPJS Kesehatan secara online saat ini hanya bisa dilakukan bagi anggota keluarga yang sudah terdaftar di dalam Kartu Keluarga (KK). Sedangkan bayi yang masih dalam kandungan tentu belum terdaftar di dalam KK, sehingga tidak bisa di daftarkan melalui jalur online.



Untuk daftar BPJS bayi dalam kandungan lebih lengkapnya anda bisa ikuti caranya disini ( Cara Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan : Syarat dan Prosedur Yang Harus Dipenuhi )

Waktu yang tepat untuk medaftarkan bayi dalam kandungan menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah ketika janin sudah terdeteksi adanya denyut jantung. Biasanya anda akan diberikan surat atau bukti dari dokter atau bidan yang memeriksa bahwa bayi sudah terdeteksi denyut jantung.

Surat atau bukti tersebut yang nantinya digunakan sebagai persyaratan untuk dibawa ke kantor BPJS Kesehatan beserta syarat-syarat lainnya.

Baca Juga : Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online, Apa Kelebihannya?

Mengapa Bayi Dalam Kandungan Perlu Daftar BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan sebagai lembaga Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan menanggung seluruh biaya perawatan bagi peserta yang terdaftar jika langkah yang dilakukan sesuai dengan prosedur. Begitu juga dengan bayi yang masih dalam kandungan memiliki hak yang sama dengan ibunya yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Kapan Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan Pertama Kali?

Oleh karena itu jika janin sudah terdeteksi denyut jantung, segeralah mendaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan agar nantinya memperoleh jaminan kesehatan secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here