Home Asuransi Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online, Apa Kelebihannya?

Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online, Apa Kelebihannya?

139
0
BAGIKAN

Bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan? Inilah pertanyaan yang sering muncul bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang berniat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sebenarnya oleh pihak BPJS, masyarakat diberikan dua pilihan untuk melakukan pendaftaran yaitu dengan cara Online dan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

daftar bpjs kesehatan via online lebih cepat - Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online, Apa Kelebihannya?

Daftar BPJS Kesehatan via online bisa anda lakukan melalui perangkat komputer maupun smartphone yang terkoneksi ke jaringan internet dengan mengikuti beberapa syarat yang dibutuhkan. Sedangkan yang kedua anda bisa mendatangi langsung ke kantor BPJS Kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal untuk melakukan pendaftaran.

Baca Juga : Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta

Daftar BPJS Kesehatan Lebih Cepat Via Online

Dari kedua cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan, cara yang paling cepat dan simpel adalah via online. Sesuai dengan pengalaman saya pribadi, daftar BPJS Kesehatan via online banyak sekali kelebihannya jika dibandingkan dengan datang langsung ke kantor BPJS.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak beberapa kelebihan jika anda melakukan pendaftaran via online dan hal-hal apa saja yang menjadikan cara ini lebih cepat.

1. Bisa Dilakukan Dimana Saja Dan Kapan Saja

Daftar BPJS Kesehatan via online bisa anda lakukan sesuai keinginan, artinya bisa kapan saja dan dimana saja asalkan lokasinya terdapat jaringan internet. Kelebihan ini sangat bermanfaat jika anda termasuk orang yang sibuk atau lokasi kantor BPJS jauh dari rumah.



Sedangkan jika anda melakukan pendaftaran datang langsung ke kantor BPJS, maka harus sesuai dengan jam kerja dan hanya bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

2. Waktu Pendaftaran Lebih Cepat

Waktu yang anda butuhkan untuk melakukan pendaftaran via online tidak lebih dari 20 menit. Jelas sekali hal ini sangat menguntungkan karena anda tidak perlu membutuhkan waktu lama sehingga waktu anda tidak banyak terpotong.

Tapi jika anda melakukan pendaftaran di Kantor BPJS, maka waktu yang anda butuhkan akan lebih lama. Bisa saja waktu yang dibutuhkan sampai berjam-jam tergantung jarak kantor BPJS dengan rumah anda, serta tergantung dari ramai atau tidaknya kantor BPJS saat itu.

Baca Juga : Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya

3. Tidak Perlu Mengantri

Ini yang paling menguntungkan, anda tidak perlu mengantri untuk melakukan pendaftaran. Begitu membuka situs, maka anda bisa langsung melakukan pendaftaran.

Jika datang langsung ke kantor BPJS, anda sudah pasti akan mengantri karena banyak masyarakat yang memiliki keperluan masing-masing di kantor BPJS Kesehatan.

4. Syarat Tidak Terlalu Rumit

Untuk daftar BPJS Kesehatan via online, anda tidak dimintai persyaratan-persyaratan yang rumit. Artinya anda tidak perlu repot menyiapkan persyaratan berupa fotokopi dokumen seperti KTP, KK, formulir, pasfoto, dll.

Sedangkan syarat yang dibutuhkan jika mendatangi kantor BPJS akan lebih rumit. Selain itu anda juga harus mempersiapkan fotokopi data-data pendukung seperti KTP, KK, dll.

Baca Juga : Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

5. Sangat Minim Kesalahan

Daftar BPJS Kesehatan via online menurut saya sangat minim kesalahan, karena anda bisa langsung mengecek data-data yang dibutuhkan seperti penulisan nama, alamat, tanggal lahir, dll.

Berbeda jika anda melakukan pendaftaran melalui kantor BPJS, bisa saja terjadi kesalahan data karena anda tidak bisa mengecek langsung. Sehingga nantinya bisa membuat anda repot sendiri karena harus bolak balik ke kantor BPJS untuk melakukan perubahan data.

Tips Daftar BPJS Kesehatan Via Online

Agar proses pendaftaran BPJS Kesehatan via online berjalan dengan cepat, anda tentu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Siapkan Syarat Yang Dibutuhkan

Sebelumnya siapkan perangkat dan koneksi internet untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya siapkan beberapa syarat yang dibutuhkan seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat Email, dan Nomor HP.

Selain itu, anda juga harus mempersiapkan kelas apa yang akan dipilih dan Faskes Tingkat 1 anda tentukan sendiri yang dekat dengan rumah anda seperti Puskesmas atau Klinik yang bekerjasama dengan BPJS.

2. Gunakan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi

Agar lebih cepat membuka situs BPJS Kesehatan, saya sarankan gunakanlah layanan provider yang menawarkan koneksi internet cepat. Alasannya karena situs BPJS Kesehatan pasti akan mengalami lonjakan pengunjung yang mengakibatkan aksesnya akan lebih lambat.

Oleh karena itu anda membutuhkan koneksi cepat agar bisa mengakses situs BPJS dengan mudah.

3. Gunakan Perangkat Dengan Layar Besar

Agar lebih memudahkan anda dalam mengakses situs BPJS Kesehatan, gunakanlah perangkat komputer atau laptop sehingga tampilannya lebih mudah dilihat. Jika sangat terpaksanya karena perangkat tersebut tidak ada maka anda dapat menggunakan perangkat smartphone atau tablet, namun gunakan tampilan Desktop pada Browser yang anda gunakan.

Bagaimana Cara Daftar BPJS Kesehatan Via Online

Untuk melakukan pendaftaaran via online, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya melalui artikel berikut ini : Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Yang Lebih Mudah dan Cepat

Kesimpulan

Dengan melihat beberapa kelebihan yang sudah saya jelaskan di atas, maka pilihan daftar BPJS Kesehatan via online akan lebih efisien dan mempersingkat waktu.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini