Digitalisasi Layanan Transaksi Bantu Pengembangan UMKM

0
87

Intanblog.com – Melalui acara KTI Digifest 2020 yang diselenggarakan di Celebes Convention Center Makassar tanggal 11-12 Januari lalu, Kementerian Koperasi dan UKM mendukung kehadiran QR Code Indonesia Standard (QRIS) secara penuh, yang telah diperkenalkan oleh Bank Indonesia di bulan Agustus lalu, dengan mengoptimalkan penggunaan QRIS tersebut sebagai alat bantu transaksi pengunjung selama masa acara berlangsung.

Digitalisasi Layanan Transaksi Bantu Pengembangan UMKM

QRIS merupakan layanan QR Code yang dikeluarkan Bank Indonesia dengan tujuan untuk mengintegrasikan berbagai channel pembayaran elektronik seperti GoPay, OVO, LinkAja, dan DANA, yang kini telah menjadi salah satu metode transaksi utama masyarakat untuk berbagai kebutuhan transaksi. Hingga kini, QRIS telah digunakan 1,7 juta gerai dan ditargetkan untuk dapat meraih angka 15 juta gerai di tahun 2020.

Sebagai sebuah gebrakan progresif dari Bank Indonesia dan Kemenko UKM, QRIS merupakan inovasi yang sejalan dengan salah satu pilar strategi pengembangan UMKM nasional yakni program digitalisasi UMKM. Melalui digitalisasi UMKM ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebagai representasi pemerintah Indonesia menyatakan harapannya terhadap para pelaku UMKM agar dapat “naik kelas” serta melakukan kegiatan transaksinya secara lebih modern dan efisien dalam cakupan yang luas.

Baca Juga :   Apa Itu Power Merchant Tokopedia? Yuk, Simak Penjelasan dan Keuntungannya

Mengenai mekanismenya, semua transaksi yang dilakukan via channel QRIS otomatis akan tercatat di rekening bank, sehingga akan membantu UKM yang menggunakan layanan tersebut untuk mencatat data cash flow transaksi harian, mingguan, atau bulanan.

Melalui QRIS, penyebaran uang palsu diyakini dapat diredam seminimal mungkin dan pelaku UKM kini tak perlu lagi khawatir mengalami penipuan, aktivitas transaksi pun jadi lebih efisien karena pedagang tak perlu lagi repot menyediakan uang receh setiap saat untuk keperluan kembalian. Penerapan QRIS pun telah mulai dilakukan di beberapa event antara lain pada event Festival Kopi Gunung Slamet yang diselenggarakan di Baturaden baru-baru ini.

Pengembangan digitalisasi layanan untuk membantu aktivitas transaksi masyarakat ini tidak hanya dilakukan oleh lembaga pemerintahan di dalam negeri saja, melainkan juga pihak perbankan swasta untuk aktivitas transaksi nasabahnya ke luar negeri, misalnya digibank yang menghadirkan inovasi Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi tersebut memiliki fitur layanan digibank transfer valuta asing (valas) sebagai cara kirim uang ke luar negeri yang mudah, cepat, dan praktis.

Baca Juga :   Belanja Online di Shopee Kena Pajak 10%, Ini Jenis Produknya

Digitalisasi Layanan Transaksi Bantu Pengembangan UMKM

Kenyamanan melakukan aktivitas transaksi kapan saja di mana saja adalah prioritas digibank by DBS yang berikan akses 24/7 tanpa harus ke cabang untuk memudahkan aktivitas transfer valasmu. Selain itu dengan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara, kamu bebas melakukan transfer valas ke mana saja jauh lebih ringan dan luas.

Apapun kebutuhan bisnis atau pribadimu, selalu gunakan digibank transfer valas yang memberikan nilai tukar valas yang kompetitif dengan FX Rate yang terkini dan juara, dan tak perlu khawatir proses transaksi “nyangkut” karena transaksi akan berjalan dalam waktu singkat dan sampai di hari yang sama.

Caranya gampang, masuk ke Aplikasi digibank by DBS, pilih “Transfer” lalu klik “Transaksi Valas”, kemudian klik “Tambah Penerima” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Pilih negara yang dituju, pilih mata uang, lalu pilih bank dan masukkan detail penerimanya. Masukkan nominal yang akan dikirim lalu klik “Lanjut” dan selesaikan transaksimu.

Baca Juga :   Tips Belanja Online di Shopee GRATIS ONGKIR

Tunggu apa lagi? Segera gunakan Aplikasi digibank by DBS dan manfaatkan fitur layanan digibank transfer valas sebagai pilihan cara cermat bertransaksi valas untuk segala kebutuhan bisnis atau pribadimu. Transaksi valas ke siapa saja, kapan saja, dan di mana saja jadi lebih mudah, cepat, dan praktis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here