Ditemukan Atmosfer Disekitar Planet Yang Menyerupai Bumi

0
446

Baru-baru ini para ilmuwan dikejutkan dengan sebuah penemuan yang menyebutkan bahwa mereka telah mendeteksi adanya atmosfer disekitar planet yang menyerupai bumi. Studi tersebut diterbitkan oleh Astronomical Journal.

Planet yang menyerupai bumi tersebut lebih dikenal dengan nama GJ 1132b yang mempunyai ukuran 1,4 kali dari ukuran bumi dan mempunyai jarak 39 tahun cahaya dari bumi.

Perlu juga diketahui bahwa ukuran radius rata-rata bumi adalah 3.959 mil ( 6.371 km ), diameter khatulistiwa bumi 7.926 mil (12.756 km) dan diameter dari kutub utara ke kutub selatan 7.900 mil (12.720 km).

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menunjukkan bahwa planet yang juga disebut dengan Super Earth ini dilapisi dengan gas tebal yang terdiri dari air atau metana ataupun campuran dari keduanya.

Baca Juga :   Cara Download Video di Facebook dan Twitter Tanpa Aplikasi

Mungkinkah di planet Super Earth ini terdapat kehidupan seperti layaknya di bumi? Sampai saat ini belum ada penemuan-penemuan yang mengarah kesana. Tetapi para ilmuwan masih akan terus melakukan penelitian-penelitian untuk mencari kehidupan lain di luar tata surya.

Sekilas tentang planet Super Earth atau planet yang menyerupai bumi

Planet GJ 1132b pertama kali diumumkan kepada publik pada tahun 2015. Letak dari planet tersebut berada di konstelasi Vela.

Planet ini mempunyai suhu permukaan yang panasnya mencapai 370 Celcius, sedangkan manusia hanya mampu bertahan hidup dengan suhu terpanas dikisaran 120 Celcius. Jadi mustahil jika terdapat kehidupan disana.

Planet itu mengorbit di sekeliling bintang yang mempunyai ukuran jauh lebih kecil, lebih dingin dan redup dari Matahari.

Baca Juga :   Waktu Tepat Servis Mobil dan Dapatkan Promo Toyota Menarik di Sini!

Terdapatnya molekul-molekul yang berbeda dalam atmosfer planet ini, memungkinkan para ilmuwan untuk mencari unsur kimia saat planet tersebut melewati bintang.

Pengamatan yang dilakukan terhadap planet Super Earth ini menunjukkan bahwa planet tersebut memiliki atmosfer tebal yang mengandung unsur uap dan metana.

Para peneliti juga mengatakan meski mustahil ditemukan kehidupan di planet tersebut, tetapi dengan penemuan ini mendorong mereka untuk mencari lebih jauh adanya kehidupan di luar bumi.

Dengan penemuan tersebut mereka mengambil kesimpulan bahwa atmosfer bisa dijumpai di planet-planet yang dikelilingi bintang-bintang dengan massa rendah. Karena begitu banyaknya terdapat planet di alam semesta ini, maka mereka memperkirakan ada satu planet yang bisa dihuni selain planet bumi.

Baca Juga :   Mau Beli Mobil? Yaris 2019 Pilihan Tepat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here