Era Digital Telah Membawa Banyak Perubahan Positif

2
124

Hidup pada era digital memberikan pengalaman yang cukup berarti dalam hidup saya sebagai seorang blogger. Walaupun saya juga pernah merasakan kehidupan masa lalu yang serba manual dan tradisional, tapi bukan berarti masa lalu jauh dari kata menyenangkan. Serunya hidup di era digital dan keseruan hidup pada jaman serba tradisional tentu memiliki ciri khas masing-masing dan era digital telah membawa banyak perubahan positif dalam hidup saya.

era digital - Era Digital Telah Membawa Banyak Perubahan Positif
Gambar ilustrasi diambil dari Google

Melupakan masa lalu yang menyenangkan adalah hal terbodoh dalam hidup seseorang jika telah merasakan kebahagiaan pada masa sekarang. Itulah yang saya alami pada kehidupan sekarang, dimana era digital (sekarang) lebih menyenangkan dari keseruan masa lalu. Tapi sekali lagi bukan berarti masa lalu tidak menyenangkan.

Era Digital Telah Membawa Banyak Perubahan Positif

Era digital telah membawa banyak perubahan positif, kemajuan Teknologi adalah salah satu hal yang paling menonjol terhadap perubahan dalam era digital sekarang ini. Berbagai produsen yang bergerak di bidang industri teknologi khusunya berlomba-lomba, berinovasi untuk menciptakan produk dengan teknlogi yang mumpuni. Tentu mereka berharap produknya menjadi yang terbaik dibandingkan produk lain yang sejenis.



Bahkan untuk menciptakan satu produk saja mereka membutuhkan waktu yang cukup lama karena mereka selalu melakukan riset dan pengembangan-pengembangan terkait teknologi yang akan mereka terapkan. Harapannya produk yang mereka ciptakan dapat diterima konsumen dalam kondisi yang sempurna.

Lalu masyarakat atau konsumen adalah objek yang akan merasakan dampak positifnya yakni merasakan manfaat dari produk-produk tersebut dengan teknologi yang semakin canggih. Ini merupakan salah satu perubahan positif yang dirasakan pada era digital seperti sekarang ini.

Loading...

Dalam dunia pendidikan, pada jaman saya sekolah dulu untuk mengerjakan tugas sekolah di rumah (PR) biasanya mencari referensi jawaban bertanya ke tetangga yang dianggap anak pintar. Kenapa dianggap anak pintar? kebetulan saya dulu punya tetangga anak pintar karena setiap saya ada PR dia selalu bisa menjawab dengan benar. Namun keberuntungan seperti yang saya rasakan ini tidak dirasakan dengan teman saya yang lain.

Berbeda dengan era digital seperti sekarang ini yang sudah ada robot pintar, bahkan paling pintar karena setiap ditanya apapun dia selalu bisa menjawab. Siapakah dia? Google Search atau banyak yang menganggapnya “Mbah Google”.

Ya, dengan mbah Google anda bisa memanfaatkannya untuk mencari bahan referensi untuk menunjang proses belajar dimanapun. Bukan hanya siswa saja yang memanfaatkan mbah Google, tapi guru, dosen, dan siapapun yang berprofesi sebagai pengajar juga bisa memanfaatkannya untuk menunjang aktifitasnya.

Bahkan dalam proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan pada era digital sekarang ini sudah banyak yang mengaplikasikan sistem belajar online. Sebagai contoh, seorang guru memberikan tugas kepada siswanya melalui sebuah situs khusus dimana untuk mendapatkan tugas tersebut dengan cara diunduh terlebih dahulu karena biasanya berupa file PDF. Setelah diunduh barulah siswa bisa mengerjakan tugas tersebut.

Melalui situs tersebut juga seorang guru tinggal menuliskan bahan-bahan pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kemudian siswa bisa mempelajarinya dimanapun dan kapanpun. Ini merupakan sebuah kemajuan jaman yang memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan manusia dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor riil.

Dengan adanya kemajuan teknologi di era digital ini tentu semakin memudahkan segala aktifitas manusia pada kehidupan sehari-hari. Seperti halnya kemudahan dalam berkomunikasi, karena saat ini komunikasi dengan orang terjauh sekalipun hanya dengan hitungan detik bisa terhubung. Ya, inilah serunya hidup di era digital butuh apapun sekarang hanya dengan sekali klik barang dikirim ke rumah.

Ngeblog Bagi Saya Merupakan Perubahan Positif Yang Bermanfaat

Hidup pada era digital rupanya membuat perubahan positif bagi hidup saya pribadi. Entah karena apa dan karena siapa saya menjadi seseorang yang hobi ngeblog. Bahkan saya ibaratkan, hidup saya ini sedang nyasar atau tersesat. Namun nyasarnya ini adalah bukanlah yang membingungkan tapi nyasar yang menyenangkan, oleh karena itu saya sangat bersyukur bisa nyasar menjadi seorang blogger.

Jujur saja menjadi seorang blogger bukanlah cita-cita saya sejak kecil. Saya rasa anak kecil sekarangpun kalau ditanya cita-cita pasti seratus persen tidak ada yang menjawab cita-cita menjadi blogger. Panganan opo blogger iku (makanan apa blogger itu).

Namun dibalik itu semua ternyata seorang blogger turut membantu mencerdaskan bangsa, walaupun tidak banyak yang menyadarinya. Kok bisa blogger ikut serta mencerdaskan bangsa?

Google saat ini sudah dijadikan sebagai sumber informasi oleh ratusan juta orang Indonesia, dan miliaran orang di dunia. Untuk mencari informasi apapun, anda bisa mendapatkannya melalui Google. Nah, dari sekian banyak informasi yang ada di Google adalah karya dari para blogger yang bekerja dibalik layar. Itulah mengapa blogger menurut saya bisa dikatakan sebagai manusia yang turut serta mencerdaskan bangsa.

Mulai Mengenal Dunia Ngeblog

Tiga tahun yang lalu saya pernah masuk secara misterius ke dalam grup facebook khusus blogger. Saya sendiri merasa tidak pernah bergabung ke dalam grup tersebut, tapi kenapa sudah menjadi anggota grup? Saya pikir, ahhh… mungkin ada yang memasukkan saya secara sembunyi-sembunyi.

Awalnya saya tidak paham apa yang mereka bahas di dalam grup tersebut, karena jujur saja saya malah bingung dengan obrolan-obrolan mereka. Ada yang membahas domain, template, seo, hosting, dan masih banyak lagi istilah-istilah yang bikin saya semakin bingung.

Singkat cerita dalam beberapa bulan saya berada di grup tersebut banyak ilmu yang saya peroleh. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog melalui platform gratisan, dan itu saya lakukan sendiri tanpa panduan orang lain. Karena sebelumnya saya memang sudah banyak mencari informasi mengenai cara membuat blog.

Pada awalnya saya sendiri merasa bingung mau membahas apa membuat blog dan belum memiliki tujuan pasti ngegblog. Jadi saat itu yang terpenting bagi saya adalah bisa menulis sesuatu kemudian dipublikasikan melalui blog dengan harapan banyak yang tertarik dengan tulisan saya.

Seiring berjalannya waktu, blog saya semakin ramai pengunjung sehingga saya memutuskan untuk membeli hosting. Saya sendiri banyak mencari referensi untuk mendapatkan hosting murah dan tentunya dengan pelayanan yang baik, akhirnya pilihan saya tertuju pada Domainesia.

Pertama saya membeli hosting memang banyak mendapatkan kendala, terutama cara mengaitkan domain ke hosting baru, dan impor artikel ke hosting baru. Namun beruntungnya saya memilih Domainesia, karena kendala-kendala yang saya alami semua diatasi dengan baik oleh bantuan team support. Saya akui layanan yang diberikan Domainesia bagi saya memuaskan.

Layanan Yang Baik dan Cepat Pertimbangan Saya Memilih Domainesia

Sampai saat ini saya masih setia menggunakan layanan dari Domainesia karena secara keseluruhan kurang lebih hampir dua tahun saya menjadi pelanggan, setiap keluhan dan masalah teknis terkait hosting dilayani dengan baik dan cepat. Yang paling menarik, di Domainesia harga yang ditawarkan murah tapi kualitas tidak murahan.

Pada tahun ini saya juga telah membeli satu lagi hosting melalui Domainesia untuk blog saya yang lain dan mendapatkan bonus 20%. Ini yang menarik, banyak bonus yang diberikan jika memesan produk domain dan hosting di Domainesia. Siapa sih yang tidak tertarik dengan diskon dan bonus-bonus yang diberikan?

Serunya Hidup di Era Digital Sebagai Seorang Blogger

Kesimpulannya, saya selalu bersyukur hidup di era digital dengan menjadi seorang blogger. Perubahan-perubahan positif yang saya rasakan dari sebelum menjadi blogger hingga menjadi seorang blogger seperti sekarang ini adalah sebuah anugerah yang terindah.

Tanpa disadari dan tanpa diakui orang, karya-karya saya yang tertuang dalam konten melalui intanblog dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi orang banyak. Secara tidak langsung profesi saya ini juga ikut serta dalam mencerdaskan bangsa.

Serunya menjadi seorang blogger lainnya adalah saya pribadi jadi banyak memiliki relasi dengan blogger-blogger lain yang lebih profesional. Kita bisa saling mengobrol, bercerita pengalaman masing-masing selama menjadi blogger, dan berbagi ilmu tentu ini yang bermanfaat. Secara tidak langsung saya sebagai junior menyerap banyak ilmu melalui obrolan-obrolan yang bermanfaat.

Harapan saya sebagai seorang blogger yang paling utama adalah apapun karya yang saya tuangkan di dalam intanblog berguna bagi pengunjung, informasi yang saya sajikan bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan bagi mereka. Terakhir, diakui atau tidak secara nyata era digital telah membawa banyak perubahan positif dalam kehidupan manusia.

Loading...

2 COMMENTS

    • Betul. Bahkan Blogger memiliki banyak peranan dalam mencerdaskan bangsa dengan karya-karyanya. Tapi khususnya bagi Blogger yang berkarya dengan menyajikan konten-konten positif ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here