Fakta Terkait Larangan Mandi Pada Waktu Tertentu

0
138

Fakta Terkait Larangan Mandi Pada Waktu Tertentu – Masyarakat banyak yang dibuat resah dengan banyaknya pesan berantai akhir-akhir ini terkait dengan waktu mandi. Isi dari pesan tersebut intinya adalah sebuah himbauan agar menghindari mandi pada waktu tertentu karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang mengakibatkan kematian.

Fakta terkait larangan mandi pada waktu tertentu - Fakta Terkait Larangan Mandi Pada Waktu Tertentu

Tentu pesan tersebut akan mendapatkan berbagai macam opini yang menyebabkan keresahan bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang awam terkait ilmu kesehatan, apakah pesan tersebut hanya mitos atau memang fakta.

Baca Juga : Apa Itu Vape? Apakah Kandungan Zatnya Berbahaya Bagi Kesehatan?

Fakta Terkait Larangan Mandi Pada Waktu Tertentu

Berikut ini isi dari pesan berantai yang diterima masyarakat akhir-akhir ini terkait larangan mandi pada jam-jam tertentu.


Jam 15.00-15.30 : darah di jam tersebut dalam keadaan panas, jika dilakukan badan bisa lelah berkepanjangan. Jantung pun akan berdebar lebih cepat dan membuat kinerjanya semakin melemah.

Jam 18.00-19.00 : tubuh bisa mengalami kaget yang akan menyebabkan beberapa organ tubuh terganggu dan mengundang penyakit paru-paru basah.

Jam 19.00 – 24.00 jantung yang seharusnya beristirahat bisa mengalami kerusakan. Selain itu kinerja jantung bisa melemah dan menyebabkan peredaran darah ke jantung lebih lambat. Juga mengundang datangnya penyakit reumatik.


Untuk menjawab isi pesan tersebut apakah hanya mitos atau benar-benar fakta, saya akan memberikan penjelasan yang bersumber dari detik.com.



Menurut Dokter spesialis Jantung, dr. Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA menuturkan bahwa isi pesan berantai tersebut HOAX karena mandi tidak ada kaitannya dengan jantung.

Baca Juga : Akibat Terlalu Banyak Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

Jadi mandi pada waktu-waktu tertentu yang ada pada isi pesan berantai tersebut adalah HOAX, karena tidak ada kaitannya mandi dengan melemahnya kinerja jantung seseorang.

Sedangkan selain jantung, mandi pada waktu tertentu juga diisukan dengan penyakit paru-paru basah dan rematik. Namun sekali lagi isu tersebut ditepis oleh Dokter Ayuthia, bahwa mandi malam tidak ada kaitannya dengan rematik dan paru-paru basah.

Dengan jawaban yang diberikan oleh Dokter Ayuthia sebagai dokter spesialis Jantung tersebut, maka mandi pada jam berapapun tidak akan mengganggu kinerja jantung maupun organ lainnya. Juga tidak akan mengakibatkan penyakit-penyakit yang disebutkan pada pesan berantai tersebut.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini