Fitur Stop Order di Indodax : Manfaat dan Cara Kerjanya

0
158

Kini trading Bitcoin di Indodax pengguna akan disuguhi dengan fitur baru yaitu fitur stop order. Fitur ini sebenarnya merupakan permintaan banyak pengguna Indodax yang sudah sejak lama dinantikan. Fitur stop order di Indodax baru beberapa hari ini diaplikasikan pada platform perdagangan cryptocurrency tersebut. Jadi secara teknis pasti masih banyak trader yang masih kaku bahkan belum begitu paham dengan fitur tersebut.

Fitur - Fitur Stop Order di Indodax : Manfaat dan Cara Kerjanya

Bitcoin sendiri merupakan sebuah aset digital yang berdiri sendiri tanpa ada badan regulasi apapun, di negara manapun yang mengatur pergerakan harga Bitcoin. Sehingga pergerakan harganya akan sangat liar, oleh karena itu trading Bitcoin sangat beresiko. Namun dengan adanya fitur stop order di Indodax maka pengguna dapat meminimalisir resiko kerugian yang akan ditanggung, serta dapat terpenuhinya keuntungan sesuai dengan target.

Baca Juga : Harga Bitcoin Anjlok Selama Tiga Hari Terakhir, Ini Penyebabnya

Manfaat Fitur Stop Order di Indodax

Sebuah fitur baru diluncurkan tentu setelah melalui banyak pertimbangan, salah satunya adalah pertimbangan terkait manfaat yang akan diterima pengguna dengan hadirnya fitur baru tersebut. Team Indodax sendiri menilai bahwa fitur ini sedikit banyak akan sangat membantu aktifitas trading penggunanya, khususnya bagi pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk terus membuka akun Indodax.



Manfaat yang paling dirasakan pengguna dengan adanya fitur stop order adalah pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir dengan pergerakan harga Bitcoin yang akan turun maupun naik drastis ketika pengguna sedang tidak membuka akun atau sedang LOG OUT. Hal ini akan teratasi karena anda sudah memasang order jual maupun beli menggunakan fitur stop order.

Jadi order anda akan tereksekusi secara instan setelah harga Bitcoin menyentuh sesuai dengan harga yang anda tentukan pada stop order. Transaksi yang dilakukan pada fitur stop order adalah transaksi market instan, sehingga transaksi anda akan dikenakan biaya fee sebesar 0.3%.

Cara Kerja atau Mekanisme Fitur Stop Order di Indodax

Agar pengguna Indodax paham dengan fitur terbaru ini, maka berikut ini saya berikan gambaran mengenai cara kerja atau mekanismenya. Sebagai catatan, saat ini fitur stop order hanya tersedia di market BTC/IDR saja. Jadi untuk pair lainnya masih dalam pertimbangan team Indodax karena saat ini (untuk pair BTC/IDR) masih dalam tahap testing market.

1. Stop Order Saat Beli Bitcoin

Fitur stop order di Indodax manfaat dan cara kerjanya - Fitur Stop Order di Indodax : Manfaat dan Cara Kerjanya

Fitur order bisa anda gunakan ketika membeli Bitcoin dengan cara memasukkan harga yang anda inginkan (Dalam Rupiah) pada kolom Stop Price. Kemudian pada kolom Total Rupiah, masukkan jumlah Rupiah yang akan anda gunakan untuk membeli Bitcoin.

Contoh ilustrasi beli Bitcoin : Harga Bitcoin saat ini (Last price) adalah Rp 100.000.000. Anda berniat membeli Bitcoin dengan uang yang anda miliki sebesar Rp 10.000.000 dengan memasang harga pada kolom Stop Price sebesar Rp 101.000.000.

Maka transaksi order beli anda akan berhasil ketika harga tercapai sesuai dengan harga yang anda masukkan pada kolom Stop Price (sama atau lebih tinggi). Transaksi ini akan dilakukan market secara instan, jadi anda akan dikenakan fee sebesar 0.3%.

Baca Juga : Harga Bitcoin Anjlok Selama Tiga Hari Terakhir, Ini Penyebabnya

2. Stop Order Saat Jual Bitcoin

Fitur stop order di Indodax manfaat dan cara kerjanya 1 - Fitur Stop Order di Indodax : Manfaat dan Cara Kerjanya

Untuk melakukan aksi jual Bitcoin menggunakan fitur stop order di Indodax , anda bisa menggunakannya untuk Take profit dan Stop loss. Jadi silahkan sesuaikan dengan kondisi market ketika anda trading.

# Take Profit

Take profit adalah aksi jual Bitcoin untuk memperoleh keuntungan ketika pergerakan harga Bitcoin di atas harga beli yang anda lakukan.

Contoh ilustrasi Take profit : Anda membeli Bitcoin sebelumnya dengan harga Rp 100.000.000, sedangkan harga saat ini (last price) berada di Rp 102.000.000. Untuk Take Profit, anda memasang harga Bitcoin pada kolom Stop price Rp 101.000.000.

Dengan memasang harga di kolom Stop price sesuai dengan di atas, maka membantu anda mendapatkan keuntungan sesuai dengan target yang anda tentukan. Karena dengan fitur ini maka transaksi anda akan terekseskusi secara instan jika harga turun menyentuh harga sesuai Stop price atau lebih rendah lagi.

# Stop Loss

Stop loss adalah aksi jual Bitcoin yang dilakukan trader ketika harga Bitcoin turun untuk meminimaslisir kerugian yang lebih besar lagi.

Contoh ilustrasi Stop loss : Anda membeli Bitcoin sebelumnya dengan harga Rp 100.000.000, sedangkan harga saat ini adalah Rp 99.000.000. Kemudian anda memasang harga pada Stop price dengan harga Rp 98.000.000.

Maka dengan menggunakan fitur Stop order ini transaksi jual Bitcoin anda akan tereksekusi secara instan jika harga Bitcoin semakin turun hingga di bawah harga Rp 98.000.000.

Baca Juga : Fitur Keamanan Indodax : Login Pakai Browser Baru Wajib Verifikasi Email

Kesimpulan

Fitur stop order di Indodax ini akan sangat membantu bagi pengguna di saat tidak terhubung dengan akun Indodax. Pengguna akan merasakan manfat seperti take profit sesuai dengan target, meminimalisir kerugian ketika harga market mengalami penurunan, serta memberikan rasa nyaman dalam bertrading.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini