RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

Gagal Registrasi Ulang Sim Card atau Kartu Prabayar, Apa Penyebabnya?

0
803

Seluruh pelanggan jasa telekomunikasi di Indonesia wajib melakukan registrasi ulang nomor ponselnya mulai tanggal 31 Oktober 2017 menggunakan validasi nomor NIK dan KK, saat ini nyatanya sudah bisa melakukan registrasi ulang walaupun sebelum tanggal penetapan. Namun ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan gagal registrasi ulang sim card atau kartu prabayar tersebut.

gagal registrasi ulang sim card atau kartu prabayar - Gagal Registrasi Ulang Sim Card atau Kartu Prabayar, Apa Penyebabnya?

Memang saat ini untuk proses registrasi ulang sim card atau kartu prabayar menggunakan validasi nomor NIK dan KK sudah bisa dilakukan, baik itu melalui format SMS maupun melalui websitenya langsung. Jika ada yang sudah melakukan registrasi ulang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah namun masih gagal, hal tersebut ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Baca Juga : Registrasi Kartu Prabayar Pakai NIK dan KK : Tujuan, Ketentuan dan Sanksi

Penyebab Gagal Registrasi Ulang Sim Card atau Kartu Prabayar

Bagi anda yang sudah melakukan registrasi ulang sim card namun masih mengalami kegagalan, berikut ini kemungkinan penyebab yang terjadi.



1. Salah Memasukkan Nomor NIK dan KK

Pastikan anda memasukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) dan Nomor Kartu Keluarga ( KK ) secara benar sesuai dengan data anda. Nomor NIK bisa anda dapatkan pada e-KTP dan juga pada KK.

Sedangkan nomor KK terdapat pada lembar Kartu Keluarga yang terletak di atas dan ditulis dengan angka besar.

2. Salah Format SMS

Walaupun pemerintah memberikan cara registrasi ulang menggunakan format SMS yang sudah ditentukan, nyatanya untuk beberapa operator memiliki format yang berbeda dengan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Jadi pastikan format SMS yang anda kirimkan sesuai dengan yang ditetapkan oleh masing-masing operator agar proses registrasi ulang berjalan sukses. Untuk penjelasannya bisa baca disini Registrasi Simcard Wajib Pakai NIK dan KK, Berikut Ini Langkahnya

3. Data Nomor NIK dan KK Digunakan Lebih Dari 3 Nomor HP

Pemerintah menetapkan bahwa untuk satu data nomor NIK dan KK hanya bisa digunakan untuk tiga nomor handphone.

Jadi misalkan anda melakukan registrasi ulang untuk nomor handphone yang ke-empat maka sudah pasti akan mengalami kegagalan, karena hal tersebut melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan yaitu tiga nomor handphone.

4. Salah Kirim Format SMS

Pastikan bahwa format SMS registrasi ulang sim card dikirimkan ke 4444 agar proses registrasi berjalan sukses.

Karena ada beberapa yang mengalami kegagalan ketika melakukan registrasi disebabkan salah mengirim format SMS, yang seharusnya dikirim ke 4444 ( angka 4 sebanyak empat kali ) tapi dikirim ke 444 ( angka 4 sebanyak tiga kali.

Baca Juga : Cara Registrasi Ulang Sim Card atau Kartu Prabayar Melalui Website

5. Data Nomor NIK dan KK Sudah Digunakan Oleh Orang Lain

Anda mungkin sudah memastikan bahwa tidak ada kendala pada nomor 1 hingga nomor 4 di atas, namun proses registrasi ulang masih gagal. Bisa saja data NIK dan KK anda sudah digunakan oleh orang lain.

Ini adalah salah satu celah yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Data NIK dan KK bukan hanya dimiliki oleh orang yang bersangkutan saja, namun ada beberapa pihak atau lembaga yang memiliki data tersebut berupa fotocopy.

Karena fotocopy Kartu Keluarga ( KK ) sering digunakan sebagai syarat dokumen untuk banyak hal. Seperti syarat melamar pekerjaan, syarat pembuatan dokumen, syarat pengajuan izin dan masih banyak lagi hal-hal yang memerlukan KK sebagai syarat dokumennya.

Jika anda mengalami hal ini bisa langsung datang ke galery operator provider anda untuk meminta bantuan proses registrasi dan memastikan data NIK dan KK anda tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Itulah beberapa kemungkinan anda gagal registrasi ulang sim card atau kartu prabayar yang paling banyak terjadi. Pahami penyebabnya agar anda tidak mengalami kegagalan kembali dalam melakukan registrasi selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here