Kenali Gejala Penyakit Kanker Paru Sejak Dini Sebelum Terlambat

0
424

Intanblog.com – Ada lebih dari 10 jenis penyakit kanker mematikan dan sulit disembuhkan di dunia. Bahkan penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung. Salah satunya adalah penyakit kanker paru yang telah merenggut nyawa jutaan manusia setiap tahunnya di dunia. Jenis kanker ini bisa dibilang sangat mematikan karena sebagian besar baru terdiagnosis ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Mengenali gejala dan faktor risikonya sejak dini adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko mengidap penyakit kanker paru ke stadium lanjut. Banyak yang mengaitkan penyakit ini dengan asap rokok baik itu bagi perokok aktif maupun pasif. Memang ini adalah penyebab paling umum. Namun ada penyebab lainnya selain terkena paparan asap rokok berkepanjangan seperti polusi udara, riwayat kesehatan, paparan zat kimia (arsen, nikel, asbes, dll) dari lingkungan kerja.

Baca juga : Apa Itu Cuci Darah? Pengertian, Proses, Biaya, dan Indikasi Medis

Kenali Gejala Penyakit Kanker Paru Sejak Dini Sebelum Terlambat

Secara garis besar, penyakit kanker paru terjadi karena adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol di dalam jaringan paru-paru. Kanker ini bukan hanya menyerang laki-laki saja, namun wanita juga memiliki risiko yang sama. Terutama bagi mereka perokok aktif maupun bagi pekerja yang memiliki lingkungan kerja dekat dengan zat-zat kimia.

Ada beberapa cara medis untuk mendiagnosis kanker paru diantaranya adalah dengan foto rontgen dada dan tomografi komputer (CT Scan). Perawatan serta pengobatan jangka panjang akan ditentukan setelah diketahui tingkat penyebarannya (stadium) dan melihat kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Kanker paru tidak memiliki gejala pada tahap awal dan akan muncul gejala ketika sel kanker telah menyebar ke bagian organ lainnya di sekitarnya. Namun jika kanker ini bisa diketahui sejak awal maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi. Berikut ini beberapa gejala umum yang dirasakan bagi penderita penyakit kanker paru :

1. Gejala Pada Saluran Pernapasan

Sebagian besar gejala yang umum terjadi pada penderita adalah gangguan pada saluran pernapasan meliputi batuk yang disertai dengan dahak maupun darah. Batuk ini memang hampir sama dengan batuk pada umumnya, hanya saja biasanya berlangsung lebih lama.

Selain itu penderita juga akan mengalami susah napas atau sesak napas karena napas terasa pendek. Hal ini karena sel kanker telah menyebar ke saluran pernapasang sehingga menghambat aliran udara.

Baca juga : Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini

2. Gejala Sistemik

Gejala sistemik yang akan dirasakan penderita adalah terjadinya penurunan berat badan yang signifikan, sering mengalami demam, dan cepat lelah.

3. Gejala Akibat Tekanan Daerah Lokal

Pada beberapa kasus, penderita akan mengalami gejala-gejala yang mengakibatkan rasa nyeri pada area dada dan nyeri tulang. Selain itu penderita juga akan mengalami kondisi kesulitan menelan makanan (disfagia).

Baca juga : Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh

Periksakan ke Dokter Jika Mengalami Gejala di atas

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas segeralah periksakan ke dokter untuk melakukan diagnosis. Terutama bagi anda yang termasuk berpotensi atau memiliki faktor risiko tinggi. Biasanya untuk langkah awal, Dokter akan melakukan foto rontgen dada jika ada pasien yang melaporkan gejala-gejala yang mengarah ke kanker paru.

Setelah positif terdiagnosis kanker paru, selanjutnya akan dilakukan CT Scan untuk tambahan informasi mengenai jenis dan perluasan penyakit.

Dokter juga akan menentukan stadium setelah melewati serangkaian pemeriksaan. Dengan mengetahui stadiumnya maka perawatannya juga akan lebih maksimal. Sebagai catatan, stadium kanker paru adalah mulai dari stadium 0, IA (satu-A), IB, IIA, IIB, IIIA, IIIB dan IV.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini