Gejala Tifus Muncul? Harus Segera Ditangani Sebelum Membahayakan

0
248

Intanblog.com – Demam Tifoid atau yang biasa dikenal dengan Tifus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Jika tidak segera ditangani, penyakit tifus bisa membahayakan jiwa. Diperkirakan satu dari lima penderita tifus akan meninggal dunia. Hal tersebut menjadikan tifus sebagai penyakit endemik yang cukup serius. Oleh karena itu, anda harus paham dengan gejala tifus dan segeralah memeriksakan kesehatan anda ke Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

Gejala Tifus

Kasus tifus lebih banyak terdapat pada lingkungan dengan sistem sanitasi yang buruk dan terbatasnya sumber air bersih. Bakteri Salmonella typhii akan cepat berkembang pada kondisi lingkungan tersebut, sehingga akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena tifus.

Gejala Tifus yang perlu dipahami

Orang yang terpapar virus Salmonella typhii tidak akan langsung merasakan gejala apapun. Namun biasanya gejala akan mulai muncul pada hari ketiga sampai dengan hari ketujuh, bahkan hingga hari ke-14 setelah bakteri itu masuk ke dalam tubuh. Berikut ini gejala-gejala umum yang perlu anda pahami.

  1. Demam tinggi dan akan lebih tinggi pada malam hari, mencapai 39°C-40°C
  2. Hilangnya nafsu makan
  3. Sakit kepala
  4. Merasa lelah dan lemas
  5. Berkeringat
  6. Sakit perut
  7. Merasakan tidak enak badan
  8. Kadang merasa linglung ringan
  9. Diare
  10. Batuk kering
Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

Gejala tifus akan berkembang dari hari ke hari dan akan menjadi berbahaya jika sudah memasuki masa komplikasi yang ditandai dengan perdarahan pada usus hingga pecahnya usus. Gejala pertama yang paling menonjol adalah demam tinggi, jadi segeralah periksakan ke layanan medis terdekat ketika mengalami gejala demam dan gejala lainnya yang telah disebutkan di atas.

Lakukan Pencegahan

Sebenarnya untuk pencegahan tifus sudah dilakukan sejak anak umur 2 tahun dengan melakukan vaksinasi melalui program imunisasi. Namun sama halnya dengan vaksinasi lainnya, ini tidak mencegah seratus persen tubuh terhadap infeksi bakteri penyebab tifus. Jadi masih ada kemungkinan terinfeksi bakteri penyebab tifus meski tidak separah orang yang belum di vaksinasi.

Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

Berikut ini beberapa langkah pencegahan lainnya yang perlu anda lakukan.

  1. Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan aktifitas seperti mengolah makanan/minuman, buang air besar/kecil, mengganti popok bayi.
  2. Biasakan minum air putih yang matang jika berada di lingkungan dengan kasus tifus yang tinggi
  3. Kurangi beli jajan sembarangan
  4. Biasakan mencuci dan mengupas kulit ketika makan buah, dan pastikan buah yang dimakan sudah matang
  5. Bersihkan kamar mandi secara teratur
  6. Cuci handuk, seprai dan peralatan mandi dengan air hangat secara berkala
  7. Gosok gigi menggunakan air matang
  8. Sanitasi yang baik

Dengan melakukan pencegahan dan membiasakan pola hidup sehat maka tubuh kita akan terhindar dari infeksi bakteri penyebab penyakit tifus. Jika muncul gejala tifus segeralah periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga :   Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

Selain vaksinasi dan pola hidup sehat, anda juga perlu memiliki produk Asuransi kesehatan agar lebih terlindungi dengan membeli produk Asuransi tambahan yang bisa melindungi anda dan keluarga di mana saja. Salah satu yang direkomendasikan adalah produk Asuransi dari Prudential Indonesia yaitu PRUPrime Health Care. Produk Asuransi ini menawarkan perlindungan komprehensif, memiliki jangkauan luas bukan hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia.

Produk ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya. Tersedia  enam pilihan santunan (plan) yang dapat diambil dengan menyesuaikan besarnya kebutuhan perlindungan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here