Home Tips Kesehatan 3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

77
0
BAGIKAN

Seiring bertambahnya usia manusia, maka akan semakin berkurang kinerja dari berbagai fungsi organ tubuh. Salah satunya adalah otak yang berguna untuk mengingat banyak hal. Apa jadinya jika kinerja fungsi otak berkurang? Tentunya daya ingat seseorang semakin menurun. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat.

3 gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat 2 - 3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Olahraga memang penting dilakukan secara rutin oleh semua orang untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan melakukan olahraga, seluruh organ akan merasakan manfaatnya. Hal ini dikarenakan aliran darah dalam tubuh tetap lancar serta otot-otot meregang.

Baca Juga : Penyebab Kesemutan Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Melakukan gerakan olahraga tertentu yang berguna untuk meningkatkan daya ingat adalah salah satu cara untuk menjaga kemampuan otak agar tetap optimal. Sehingga anda akan terhindar dari salah satu yang ditakutkan oleh sebagian orang yaitu kondisi pikun yang sering terjadi ketika usia mulai menua.

Oleh karena itu agar anda terhindar dari kemampuan otak menurun dalam mengingat sesuatu, ikuti 3 gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat berikut ini :

1. Gerakan Memelintir Badan atau Silang Angkat

3 gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat - 3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Gerakan pertama ini mungkin bagi anda merupakan gerakan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Namun gerakan ini cukup mudah dilakukan.

Pertama yang anda lakukan adalah berdiri tegak dengan merentangkan kedua kaki melebar dengan posisi telapak kaki kanan menghadap samping dalam dan telapak kaki kiri menghadap depan.

Kemudian letakkan tangan kiri di damping badan dan rentangkan tangan kanan. Gerakkan kaki kiri ke kanan perlahan diikuti dengan memutar tubuh sambil menarik tangan kanan ke bawah hingga menyentuh lantai.

Lakukan gerakan tersebut berulang dengan bergantian posisi sebaliknya pada gerakan awal.

Baca Juga : Lakukan 5 Gerakan Olahraga ini Setiap Bangun Tidur

2. Gerakan Silang Bungkuk

3 gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat - 3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Gerakan kedua ini berguna untuk meregangkan otot pinggang dan punggung. Ini juga mudah dilakukan di rumah.



Ambil posisi berdiri dengan merentangkan kaki selebar bahu, kemudian membungkuk sambil tangan kanan menyentuh jempol kaki kiri dan tangan kiri angkat ke atas. Angkat badan ke posisi awal lalu lakukan gerakan ini sebaliknya secara berulang.

3. Lompat Silang Bertepuk

3 gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat 1 - 3 Gerakan Olahraga Yang Berguna Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Kalau gerakan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi anda, karena beberapa senam jasmani juga banyak yang menggunakan gerakan ini.

Pertama lakukan posisi berdiri tegak dengan meletakkan kedua tangan disamping badan. Kemudian melompat dengan melebarkan kedua kaki selebar bahu dan kedua tangan melakukan gerakan bertepuk di atas kepala.

Lakukan gerakan ini berulang sambil semakin mempercepat gerakan tersebut.

Baca Juga : Daftar Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Menjaga Daya Ingat Dengan Pola Hidup Sehat

Selain melakukan gerakan olahraga di atas, salah satu tips yang ampuh untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan menjalani pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

1.  Asupan Gizi Untuk Otak Tercukupi

Organ otak sama halnya dengan organ lainnya yang membutuhkan asupan makanan yang baik agar kemampuannya tetap optimal. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat yang dibutuhkan otak seperti :

  • Sayuran hijau
  • Ikan dengan kandungan omega 3
  • Teh hijau
  • Kacang-kacangan

Selain mengkonsumsi makanan sehat di atas, hindari juga minuman beralkohol. Karena minuman beralkohol memiliki dampak buruj terhadap fungsi dan memori otak.

2. Latihan Otak

Tahukah anda bahwa otak juga perlu dilatih agar kinerjanya semakin meningkat. Salah satu latihan yang bisa anda lakukan untuk melatih otak adalah dengan bermain atau melakukan aktifitas yang membutuhkan strategi seperti :

  • Mengisi teka-teki silang
  • Bermain catur
  • Bermain puzzle
  • Membaca atau menghafal
  • Memainkan alat musik
  • Dan permainan strategi lainnya

Semakin sering otak dilatih maka kemampuan untuk mengingat akan semakin meningkat.

3. Istirahat Yang Cukup

Ketika tubuh tertidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sebelumnya sudah terjadi. Sehingga tidur sangat berperan penting terhadap kinerja otak untuk menjaga tetap fokus dan mengingat.

Manusia dewasa membutuhkan paling tidak waktu tidur yang berkualitas sekitar 7-9 jam dalam sehari. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari stres.

Itulah beberapa gerakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya ingat serta beberapa tips untuk menjaga daya ingat tetap optimal dan tetap fokus.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini