Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

1
79

Fitur Google submit URL dihapus oleh pihak Google pada beberapa waktu yang lalu. Hal ini sebenarnya membuat banyak blogger merasa kebingungan, pasalnya Google submit URL merupakan cara efektif untuk mempercepat proses index Google search engine sesaat setelah artikel dipublikasikan. Cara ini banyak dilakukan blogger kawakan hingga blogger baru sebagai salah satu cara merebut tahta page one di mesin pencarian Google.

Google submit url dihapus 7 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Sebagai catatan, Google submit URL merupakan fitur yang terdapat di dalam Google webmaster tool. Bagi blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia ngeblog pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang saya jelaskan di atas.

Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Sebelum Google submit URL dihapus, untuk mengakses fitur Google submit URL biasanya blogger bisa menggunakan alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Setelah url tersebut diakses maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.




submit google webmaster tool - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Pada tampilan di atas blogger sebelumnya bisa langsung memasukkan url dari artikel terbarunya untuk di submit ke Google. Dengan begitu maka hanya dalam waktu beberapa menit saja url artikel akan terindex mesin pencarian Google. Namun setelah fitur tersebut dihapus maka jika sekarang anda mengaksesnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Google submit url dihapus - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Sebagai blogger setelah fitur Google submit URL dihapus maka ada beberapa yang belum paham untuk melakukan submit URL ke Google. Namun jangan khawatir, masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk submit url dengan manfaat yang sama dengan Google submit URL.

Seperti yang kita ketahui bahwa jika url artikel yang baru saja dipublikasikan secara cepat terindex mesin pencarian Google, maka kesempatan untuk mendatangkan traffic pengunjung akan lebih besar. Karena traffic pengunjung memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan sebuah blog.

Untuk menggunakan fitur lain yang memiliki manfaat sama dengan Google submit URL, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

Baca Juga : Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing dan Google Webmaster Tool

1. Pada Google Webmaster Tool Versi Lama

Jika hingga saat ini anda masih menggunakan webmaster tool versi lama, maka anda bisa menggunakan fitur Fetch As Google. Fitur ini sebenarnya sudah sejak lama ada dan memiliki manfaat yang sama dengan Google submit URL, namun karena cara yang dilakukan lebih gampang dan cepat Google submit URL maka cara menggunakan Fetch As Google masih jarang digunakan.

# Menggunakan Fetch As Google

Berhubung fitur Google submit URL sudah dihapus, maka anda harus menggunakan fitur Fetch As Google walaupun caranya lebih lama. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menggunakan fitur Fetch As Google:

  • Kunjungi akun webmaster tool
  • Kemudian login menggunakan akun Google anda yang didaftarkan untuk blog anda
  • Setelah anda masuk ke akun webmaster tool blog anda, selanjutnya silahkan klik Crawl (Perayapan) yang posisinya ada disebelah kiri, lalu pilih Fetch As Google (Ambil sebagai Google). Tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini

Google submit url dihapus 1 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Setelah anda memiliki Fetch As Google (Ambil sebagai Google) maka tampilan berikutnya akan seperti gambar di bawah ini.

Google submit url dihapus 2 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Siapkan url artikel yang akan anda lakukan Fetch terlebih dahulu kemudian copy paste url artikel pada kolom kosong yang tersedia setelah nama domain anda. Sebagai catatan, untuk memasukkan url pada kolom di atas, hanya url yang terdapat setelah nama domain anda saja agar tidak terjadi erorr. Sebagai contoh saya punya url artikel sebagai berikut https://www.intanblog.com/cara-menggunakan-aplikasi-vexgift/.

Maka yang dimasukkan ke dalam kolom di atas hanya url yang berwarna biru saja, tanpa nama domainnya. Karena secara default nama domain sudah tersedia oleh sistem.

  • Langkah selanjutnya anda klik tombol FETCH atau FETCH AND RENDER, anda bisa memilih salah satu antara keduanya

Perbedaan dari Fetch dan Fetch and Render adalah jika Fetch hanya untuk melakukan Fetch saja sedangkan Fetch and Render digunakan untuk fetch dan merender halaman untuk url tersebut. Tentu jika melihat perbedaan tersebut, maka fetch and render fungsinya lebih lengkap dan lebih banyak manfaatnya. Disini saya akan ambil contoh untuk memilih Fetch anda Render, lihat tampilannya seperti gambar di bawah.

Google submit url dihapus 3 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Sesaat setelah klik Fetch anda Render untuk status masih dalam keadaan Pending, dan belum muncul Request indexing. Jadi tunggu sampai status menjadi Partial (Sebagian), lalu klik Request indexing. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Google submit url dihapus 4 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Pada tampilan di atas centang pada I’m not a robot dan anda akan diberikan dua pilihan yaitu Crawl only this URL (Rayapi URL ini saja) dan Crawl this URL and its direct links (Rayapi URL ini dan tautan Langsungnya).

# Crawl only this URL ( Rayapi URL ini saja) digunakan apabila anda hanya menginginkan Googlebot merayapi URL yang anda submit saja tanpa merayapi link lain yang terdapat pada halaman URL tersebut. Cara ini hanya bisa dilakukan 100 kali kesempatan dalam satu bulan.

# Crawl this URL and its direct links (Rayapi URL ini dan tautan Langsungnya) digunakan jika anda menginginkan Googlebot merayapi URL tersebut dan merayapi link lain yang ada di dalam halaman URL tersebut. Cara ini hanya bisa dilakukan 10 kali kesempatan dalam satu bulan.

  • Jika anda sudah memilih diantara kedua pilihan tersebut, langkah selanjutnya silahkan klik GO.

Sampai dengan langkah ini maka anda sudah berhasil submit URL artikel terbaru blog anda. Sehingga artikel blog anda akan segera diindex oleh Googlebot dan akan dengan mudah terindex oleh mesin pencarian Google.

Baca Juga : Kesalahan Seorang Blogger Yang Perlu Dihindari

2. Pada Webmaster Tool Versi Baru

Jika anda melakukan submit URL dengan cara pertama dilakukan sedikit lebih lama, maka pada cara kedua ini anda bisa melakukannya dengan cara yang lebih cepat dan simpel. Namun anda harus menggunakan Webmaster tool versi terbaru yang saat ini sudah bisa digunakan. Disini anda akan memanfaatkan fitur URL Inspection. Caranya akan saya jelaskan melalui tutorial berikut ini.

# Menggunakan Fitur URL Inspection

  • Silahkan kunjungi Google Console Terbaru disini
  • Lihat pada menu sebelah kiri, kemudian klik URL inspection

Google submit url dihapus 5 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

  • Silahkan masukkan URL artikel terbaru anda pada kolom search secara utuh kemudian tekan Enter
  • Jika URL artikel tersebut belum diindex Google, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

Google submit url dihapus - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

  • Silahkan klik REQUEST INDEXING untuk meminta kepada Google agar segera mengindex URL tersebut. Biasanya proses pengindexan berlangsung selama 1-2 menitan
  • Jika URL sudah berhasil diindex Google maka tampilannya akan seperti di bawah ini

Google submit url dihapus 6 - Google Submit URL Dihapus, Gunakan Cara Ini Untuk Submit URL

Sampai dengan tahap ini artinya URL artikel anda sudah diindex Google dan sudah masuk di dalam mesin pencarian Google. Untuk memastikannya silahkan kunjungi link https://www.google.com/ dan masukkan URL artikel anda kemudian klik Enter. Jika artikel anda muncul pada hasil pencarian, maka itu artinya URL artikel anda benar-benar sudah diindex Google search engine.

Akhirnya, Google submit URL dihapus anda masih bisa melakukan permintaan pengindexan menggunakan alternatif lain yaitu Fetch As Google dan URL inspection sehingga artikel baru anda bisa dengan cepat diindex Google Search engine sesaat setelah diterbitkan atau dipublikasikan.

1 COMMENT

  1. Toop.. ini yang perlu banget para pemain Website & SEO tau. Karna kan ‘galau’ juga kemaren fitur ‘addurl’ itu dihapus. Meski emang ada cara lain pake web ‘Ping’ supaya bisa keindex google, tapi kan lebih valid dari Google dong yaa.. 😀

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini