Harga Bitcoin Belum Mampu Bertahan di Atas Rp 100 Juta

0
68

Harga Bitcoin selama kurang lebih tiga bulan terakhir ini memang sedang mengalami trend di bawah Rp 100 Juta. Walaupun dalam beberapa saat pernah berada di atas Rp 100 Juta per keping Bitcoin, namun rupanya posisi tersebut tidak mampu bertahan lama. Banyak hal sebetulnya yang mempengaruhi harga Bitcoin belum mampu bertahan di atas Rp 100 Juta. Seperti isue-isue negatif yang kerap menyerang Bitcoin, sempat muncul larangan iklan terkait Bitcoin di Google walaupun akhirnya dicabut, dan maraknya pencurian crypto yang menyasar perusahaan exchanger.

Harga Bitcoin belum mampu bertahan di atas Rp 100 Juta - Harga Bitcoin Belum Mampu Bertahan di Atas Rp 100 Juta

Sebagai catatan bahwa harga Bitcoin terakhir mengalami titik terendah terjadi pada tanggal 15 September 2017 yaitu berada di level Rp 37 Juta. Harga terendah ini jika dibandingkan dengan harga pada bulan-bulan setelahnya dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun berjalan.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Secara Umum

Harga Bitcoin Belum Mampu Bertahan Di Atas Rp 100 Juta

Jika kita melihat data harga Bitcoin pada market Indodax mulai bulan November 2017 hingga Maret 2018, pada periode tersebut harga Bitcoin stabil di atas Rp 100 Juta. Bahkan pada bulan Desember 2017 tepatnya tanggal 7 (tujuh) adalah puncak kejayaan Bitcoin pasalnya pada saat itu mampu mencapai harga tertinggi pada level Rp 297 Juta.



Harga Bitcoin belum mampu bertahan di atas Rp 100 Juta - Harga Bitcoin Belum Mampu Bertahan di Atas Rp 100 Juta
Grafik Harga BTC/IDR periode November 2017 – April 2018

Pada periode itulah Bitcoin mulai fenomenal, mulai viral dan banyak orang penasaran tentang Bitcoin. Hingga Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) memberikan peringatan keras dan melarang penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran di Indonesia. Karena sesuai dengan UU, alat pembayaran yang sah di Indonesia hanya Rupiah.

Memasuki bulan April 2018 harga Bitcoin mulai takluk di bawah Rp 100 Juta namun itu hanya bertahan selama beberapa hari saja. Karena harga Bitcoin kembali naik di atas Rp 100 Juta hingga menyentuh Rp 136 Juta pada bulan Mei 2018. Pada bulan Juni 2018 harga Bitcoin kembali terjun bebas di bawah Rp 100 Juta. Mulai bulan inilah perjalanan harga Bitcoin terlalu berat untuk bertahan di atas Rp 100 Juta.

Pertengahan bulan Juli 2018 adalah bulan terakhir dimana harga Bitcoin mampu tembus Rp 120 Juta. Setelah itu hingga sekarang bisa anda lihat sendiri bagaimana pergerakan harga Bitcoin. Untuk menembus Rp 100 Juta saja sangat sulit, apalagi untuk bertahan di atas Rp 100 Juta.

Namun anda jangan berkecil hati… Trend kenaikan harga Bitcoin tahun lalu terjadi pada pertengahan bulan November hingga Desember. Jadi jika tahun ini akan mengikuti trend harga Bitcoin sama seperti tahun lalu, maka hanya tinggal menunggu timingnya saja untuk menyaksikan harga Bitcoin melambung. Dan harapannya juga semoga harga altcoin lainnya juga ikut merasakan dampak positif dari kenaikan harga Bitcoin.

Per hari ini saja harga Bitcoin sesuai dengan pantauan saya pada market Indodax sudah berada di level Rp 96 Juta per coinnya. Memang jika melihat grafiknya sudah mulai ada pergerakan naik, mudah-mudahan bisa tembus di atas Rp 100 Juta. Trend harga Bitcoin sebenarnya jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya akan terjadi kenaikan di akhir tahun hingga awal tahun. Itulah mengapa di tiga bulan terakhir ini harga Bitcoin belum mampu bertahan di atas Rp 100 Juta.

Harga Bitcoin belum mampu bertahan di atas Rp 100 Juta 1 1024x438 - Harga Bitcoin Belum Mampu Bertahan di Atas Rp 100 Juta

NB : Data-data terkait harga Bitcoin saya ambil berdasarkan grafik market Indodax. Jadi data-data tersebut sudah terjamin keakuratannya.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini