Harga Bitcoin Merosot Tajam, Bagaimana Nasib Token Lokal?

0
64

Intanblog.com – Sejak pertengahan bulan Mei 2019 harga Bitcoin terus mengalami kenaikan, puncak kenaikannya terjadi pada bulan Juni 2019 mencapai Rp 199 juta per coin. Namanya juga Bitcoin, ada saatnya naik tajam dan pasti akan mengalami juga penurunan harga yang signifikan. Seperti yang terjadi pada akhir bulan ini (11/2019), sempat menyentuh harga terendah pada angka Rp 94 juta harga Bitcoin kembali menyentuh titik terendah selama enam bulan terakhir. Harga Bitcoin merosot tajam, bagaimana dengan nasib token lokal?

Harga bitcoin merosot tajam, bagaimana nasib token lokal

Hambar rasanya jika membahas Bitcoin tanpa membahas crypto lokal buatan dalam negeri seperti Tokenomy (TEN), Vexanium (VEX), dan PlayGame (PXG). Sebenarnya ada banyak crypto lokal yang terdaftar di Coinmarketcap, namun saya lebih tertarik dengan tiga crypto di atas karena melihat dari proyek masing-masing. Tokenomy dengan proyek Exchangernya yang diberi nama Tokenomy Exchange. Vexanium dengan segudang proyeknya seperti aplikasi loyalti, dan lainnya. Sedangkan PlayGame dengan proyek platform Game mobile online berbasis blockchainnya.

Harga Bitcoin Merosot Tajam, Bagaimana Nasib Token Lokal?

Yang cukup menarik dari ketiga crypto buatan lokal tersebut adalah Vexanium (VEX) karena saat ini sudah migrasi/swap menjadi crypto coin. Sehingga VEX sudah berdiri sendiri alias sudah menggunakan teknologi blockchain buatan sendiri. Sedangkan TEN dan PXG masih setia menggunakan blockchain dari Ethereum.

Harga Vexanium yang sempat menyentuh harga Rp 196 pada bulan Juni 2019, saat ini bisa ditebus hanya dengan harga Rp 40. Bahkan pada bulan ini sempat berada pada titik terendah yaitu pada angka Rp 39. Dengan segudang proyek yang sedang berjalan, rasanya harga Vexanium tidak sepadan jika berada di angka Rp 40-an. Apalagi Vexanium merupakan pelopor pertama token lokal yang telah migrasi ke crypto coin.

Sedangkan token TEN yang digagas oleh Oscar Darmawan yang juga sebagai pendiri Indodax ini selama satu tahun terakhir grafiknya selalu menurun. Tanggal 11 November 2018 atau satu tahun yang lalu harga TEN masih berada di kisaran Rp 2200. Sejak saat itu pula harga TEN terus mengalami penurunan. Saat ini harga TEN hanya berkisar di angka Rp 390. Padahal jika melihat proyek yang dikerjakan cukup meyakinkan. Apalagi Tokenomy merupakan proyek blockchain yang di dalamnya terdapat orang paling berpengalaman di dunia aset digital yaitu Oscar Darmawan.

Bagaimana dengan PlayGame (PXG)? Sama seperti dua crypto lokal lainnya, nasib PXG juga sangat buruk. Bahkan jika dibandingkan dengan VEX dan TEN, token PXG paling buruk nasibnya. Sejak pertama masuk market, PXG belum pernah sama sekali menyentuh harga di atas harga ICO. Tentu saja ini sangat merugikan pihak investor yang telah mempercayakan dananya untuk proyek PlayGame. Token yang dijual pada saat ICO seharga Rp 200 ini sekarang hanya seharga Rp 4. Saya juga pernah membahas mengenai PXG yang kenyataannya kurang diminati pelaku trading di Indonesia, baca disini ulasannya ( Playgame Sulit Diterima di Indonesia, Harganya Hampir Menyentuh Dasar ).

Untuk lebih jelasnya perkembangan crypto lokal ( TEN, VEX dan PXG ), silahkan lihat data berikut ini berdasarkan data coinmarketcap.

Nama Harga ICO Tertinggi Terendah Sekarang
TEN Rp 2,000 – Rp 2,500 Rp 6,029 Rp 318 Rp 387
VEX Rp 175 – Rp 250 Rp 663 Rp 35 Rp 41
PXG Rp 200 – Rp 250 Rp 103 Rp 2 Rp 3

Keterangan :

  • Harga ICO : Harga pertama kali dijual ke publik sebelum masuk market
  • Tertinggi : Harga tertinggi selama ini atau All Time High (ATH)
  • Terendah : Harga terendah selama ini atau All Time Low (ATL)
  • Sekarang : Harga update saat ini (pada saat artikel ini dipublikasikan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini