Harga Bitcoin Terus Mengalami Penurunan Selama 2 Bulan Terakhir

0
325

Selama dua bulan terakhir ini harga Bitcoin terus mengalami penurunan secara perlahan, akibatnya harga altcoin juga mengikuti trend dari induknya tersebut. Hal ini bisa anda lihat pada beberapa bursa perdagangan cyrptocurrency seperti Binance, Bittrex, dan Indodax. Khusus untuk market Indodax, harga tertinggi selama dua bulan terakhir terjadi pada bulan September 2018 yaitu berada di level Rp 109,8 Juta per coin.

Harga Bitcoin terus mengalami penurunan selama dua bulan terakhir - Harga Bitcoin Terus Mengalami Penurunan Selama 2 Bulan Terakhir

Harga tertinggi tersebut terjadi pada awal bulan, selanjutnya mulai pertengahan hingga akhir bulan September 2018 harga Bitcoin stabil dikisaran level Rp 95 Juta – Rp 99 Juta. Sebagai pemain cryptocurrency khususnya Bitcoin tentu anda sudah tidak kaget dengan alur pergerakan harga Bitcoin. Grafik seperti ini sebenarnya sudah pernah terjadi pada bulan Juni 2018, dimana pada saat itu harga Bitcoin terjun bebas ke level Rp 83 Juta.

Baca Juga : Beli Vexanium di Indodax Berhadiah iPhone XS, Begini Caranya

Harga Bitcoin Terus Mengalami Penurunan Selama 2 Bulan Terakhir

Siapa sangka harga Bitcoin memasuki akhir tahun justru terus mengalami penurunan. Hal ini di luar prediksi banyak pakar cryptocurrency yang memprediksi harga Bitcoin akan naik pada akhir tahun. Bulan depan merupakan bulan terakhir di tahun 2018 ini, bisa dipastikan jika tidak naik bulan ini maka harga Bitcoin akan naik pada bulan Desember 2018.



Namun dari sekian banyak prediksi yang dilontarkan para pakar cryptocurrency belum ada satupun yang benar-benar 100% terbukti. Biar bagaimanapun, harga Bitcoin sifatnya fluktuatif dan harga ditentukan tergantung pasar. Apalagi sekarang harga Bitcoin sangat rentan sekali terpengaruh oleh isue-isue negatif.

Salah satu isue yang paling sering mempengaruhi harga Bitcoin adalah terkait Hacker atau pencurian digital aset pada market tertentu, isue regulasi, dan isue-isue yang dibuat oleh kalangan tertentu dengan maksud untuk membuat kepanikan besar-besaran.

Harga Bitcoin terus mengalami penurunan selama dua bulan terakhir - Harga Bitcoin Terus Mengalami Penurunan Selama 2 Bulan Terakhir
Grafik harga Bitcoin di Indodax

Bisa dibilang bulan ini adalah penurunan harga terendah sepanjang dua bulan terakhir. Harga terendah terakhir terjadi pada bulan Juni 2018 yang mencapai titik terendah berada di level Rp 83 Juta, sedangkan bulan ini sudah mencapai titik terendah di level Rp 79 Juta.

Penurunan harga bulan ini memang sudah mulai terlihat sejak awal bulan, dan puncak penurunan harga Bitcoin terjadi pada 24 jam terakhir.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Secara Umum

Harga Altcoin Ikut Terkena Dampak Penurunan Harga Bitcoin

Dampak dari penurunan harga Bitcoin memang sangat terasa bagi jenis cryptocurrency lainnya seperti Ethereum. Ethereum yang sejak awal bulan selalu bertahan di atas Rp 3 Juta, selama 24 jam terakhir tak berdaya menahan pengaruh harga Bitcoin yang mengalami penurunan. Jika melihat data harga ETH di market Indodax, saat ini berada di level Rp 2,68 Juta.

Harga Bitcoin terus mengalami penurunan selama dua bulan terakhir 1 - Harga Bitcoin Terus Mengalami Penurunan Selama 2 Bulan TerakhirSama halnya dengan Tokenomy (TEN) yang sebelumnya selalu kuat bertahan di atas harga Rp 2000, saat ini harus rela berkutat di rentang harga Rp 1700. Kemudian Vexanium (VEX) saat ini berada di level Rp 98., Cardano (ADA) berada di level Rp 920, Bitcoin Diamond (BCD) berada di level Rp 20.900, dan Ethereum Classic (ETC) berada di level Rp 114.700.

Melihat harga-harga altcoin yang ikut mengalami penurunan yang cukup drastis, ini menandakan bahwa efek harga Bitcoin masih menjadi pengaruh penting terhadap pergerakan harga altcoin. Jadi altcoin belum bisa terlepas dari pengaruh harga induk cryptonya yakni Bitcoin secara mandiri. Bukan tanpa sebab, itu karena market Bitcoin masih dominan.

Berdasarkan data dari situs Coinmarketcap, volume perdagangan Bitcoin mencapai USD$ 97,087,029,930. Sedangkan volume perdagangan keseluruhan jenis cryptocurrency yang tercatat di coinmarketcap saat ini adalah USD$ 184,743,145,767. Itu artinya market Bitcoin masih mendominasi sekitar 52% dari total marketcap.

Harga Bitcoin terus mengalami penurunan dalam dua bulan terakhir, akankah trend pergerakan harga ini akan bertahan hingga akhir tahun? Temukan jawabannya hingga akhir tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here