RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

Hindari 2 Aktivitas Ini Agar Airbag Mobil Berfungsi dengan Baik

0
153

Intanblog.com – Sebuah airbag berkualitas tentu disediakan oleh mobil berkualitas, dari mulai mobil SUV 7 penumpang sampai mobil sport 4 penumpang. Meskipun demikian, ternyata human error dapat mengakibatkan airbag mengembang tanpa harus terjadi kecelakaan atau bahkan sebaliknya, airbag justru tidak mengembang ketika seharusnya airbag tersebut mengembang. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan apakah penyebabnya?

Hindari 2 Aktivitas Ini Agar Airbag Mobil Berfungsi dengan Baik - Hindari 2 Aktivitas Ini Agar Airbag Mobil Berfungsi dengan Baik

Pastikan Airbag Anda Berfungsi dengan Baik

Jangan sepelekan permasalah airbag yang telah disebutkan sebelumnya. Permasalahan tersebut berkaitan dengan keselamatan Anda. Airbag berfungsi sebagai perangkat keselamatan pasif yang akan meminimalisir risiko cidera karena benturan akibat terjadinya kecelakaan. Airbag memang bukan alat yang dapat membuat Anda baik-baik saja ketika kecelakaan. Namun, bukan berarti Anda boleh meremehkan fungsi dan peran airbag.

Sistem atau cara bekerja airbag modern sudah terintegrasi dan tergabung dengan sistem kelistrikan mobil. Dengan demikian, airbag akan mengembang atau tidaknya airbag pasti ada hubungannya dengan jalannya listrik dalam mobil. Sinyal listrik memegang peranan penting dalam sistem keselamatan sebuah mobil. Sinyal listrik ini terdapat pada sensor yang akan hidup ketika terjadi benturan. Dimana saja posisi sensor tersebut?

Sensor tersebut berada di tiga posisi vital, yaitu bemper bagian kiri, kanan, dan pada bagian bawah dashboard. Tentu tidak semua benturan akan serta merta membuat airbag mengembang. Selain itu kualitas sensor juga berpengaruh pada respons terhadap benturan. Gagalnya mengembangnya airbag mobil dapat disebabkan oleh kesalahan yang Anda lakukan sendiri. Apakah kesalahan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Tidak Hati-hati Ketika Mengganti atau Memperbaiki Setir

Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus untuk mengganti maupun memperbaiki setir, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Hal tersebut dikarenakan terdapat kabel spiral yang berfungsi menghubungkan setir dengan kelistrikan. Jika tidak dilakukan dengan baik, hal tersebut dapat berdampak pada gagal berfungsinya airbag.

2. Mengutak Atik Sistem Kelistrikan

Apapun alasannya, berhati-hatilah ketika mengutak atik sistem kelistrikan atau jangan lakukan sama sekali. Jika ada sesuatu yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, gunakanlah jasa para teknisi profesional dan berpengalaman. Bukan tidak mungkin Anda secara tidak sengaja melakukan sesuatu yang dapat berdampak airbag mobil gagal mengembang pada waktunya. Jangan sampai karena dampaknya mengerikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here