Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Turut Meningkatkan Kualitas SDM Nasional

1
287

Intanblog.com – Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam berkompetisi dengan negara-negara lain. Oleh karena itu Pemerintah sangat serius dalam menjalankan investasi di bidang Sumber Daya Manusia. Peningkatan kualitas SDM tentu dimulai sejak dini yang berawal pada peningkatan akses dan kualitas pendidikan. Contohnya adalah Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri sebagai lembaga yang ikut berperan aktif dalam peningkatan kualitas SDM.

Lembaga tersebut memberikan pendidikan dan pelatihan khusus dengan tujuan membantu program Pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan produktifitas SDM. Lembaga ini juga didukung oleh para professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dengan pengalaman di bidangnya masing-masing. Artinya ilmu yang akan diperoleh nantinya akan sangat berguna untuk menunjang aktifitas riil di dalam dunia kerja.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Turut Meningkatkan Kualitas SDM Nasional

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Berperan Meningkatkan Kualitas SDM Nasional - Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Turut Meningkatkan Kualitas SDM Nasional
Peserta Diklat Pemendagri, Dok. pusdiklatpemendagri.com

Seperti yang saya kutip informasi dari situs resminya bahwa Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (Pusdiklat Pemendagri) bergerak dibidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pengadaan barang dan jasa pemerintah, Kaji Banding/Study Banding, In House Training dan Seminar bagi instansi pemerintah baik Eksekutif, Legislatif maupun swasta.



Pusdiklat Pemendagri menawarkan berbagai materi Bimtek dan Diklat mulai dari Bimtek Keuangan, Bimtek Pemerintahan, Bimtek Kepegawaian, dan lain sebagainya. Dengan adanya pendidikan dan pelatihan ini maka diharapkan akan tercipta Pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pelatihan yang dilakukan.

Apa Saja Isi Dari Pusdiklat Pemendagri?

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan serangkaian proses belajar mengajar dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sesuai dengan pengertian di atas bahwa Diklat yang diberikan materinya adalah seputar operasional lembaga Pemerintahan, instansi, maupun swasta. Sebagai contoh, diklat yang diberikan mengenai keuangan. Maka materi yang diberikan misal tentang pedoman penyusunan APBD, penyusunan laporan keuangan instansi Pemerintah, penyusunan neraca awal dan akhir Pemerintah Daerah, dan masih banyak materi lainnya.

Kemudian ada juga diklat untuk DPRD, maka pendidikan yang diberikan materinya seputar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Tujuan diadakan Bimtek dan Diklat DPRD ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan kepada Anggota DPRD dan Anggota Sekretariat DPRD agar dapat meningkatnya kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan DPRD dan pemerintahan Daerah.

Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari beberapa info Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang akan diperoleh peserta. Karena masih ada beberapa informasi diklat lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan profesi peserta antara lain :

  • Diklat Desa/Lurah/Camat
  • Diklat Kepegawaian
  • Diklat Barang dan Aset
  • Diklat Pemerintahan Daerah
  • Diklat Barang/Jasa Pemerintah
  • Diklat Kearsipan
  • Diklat Kesehatan & Rumah Sakit
  • Diklat Perpajakan
  • Diklat Penanaman Modal
  • Diklat UKM / UMKM
  • Diklat SATPOL PP
  • Diklat Kependudukan dan Capil
  • Diklat Perusahaan/BUMD/BUMN
  • Diklat Bidang Hukum

Kesimpulan

Sumber Daya manusia yang baik dan berkualitas sebagai bekal bangsa ini untuk ikut serta dalam kompetisi global pada berbagai bidang seperti bidang industri, perdagangan, pendidikan, serta tenaga kerja. Untuk mensukseskan program Pemerintah, setiap Perusahaan harus memiliki kompetensi tersendiri dalam menjaring tenaga kerjanya sehingga akan tercipta tenaga kerja dengan kualitas SDM yang baik.

Selain itu pendidikan dan pelatihan juga sangat diperlukan agar putra putri bangsa mampu dan siap menjelajahi peta kompetisi dengan negara-negara lain.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini