Ini 4 Kandungan Dasar Liquid Vape (Rokok Elektrik)

0
67

Intanblog.com – Liquid atau E-liquid adalah cairan yang biasa digunakan dalam penggunaan vape atau rokok elektrik. Liquid yang dipanaskan di dalam sistem rokok elektrik akan menghasilkan uap layaknya asap pada rokok konvensional. Belakangan ini memang banyak yang menganggap bahwa rokok elektrik lebih aman dibanding rokok konvensional karena tidak menghasilkan zat kimia TAR. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 kandungan dasar liquid vape yang banyak dijual di pasaran.

Kandungan dasar liquid vape

Zat kimia TAR yang muncul karena hasil pembakaran tembakau pada rokok konvensional diklaim sebagai zat yang dapat menimbulkan penyakit kanker, jantung koroner, gangguan paru-paru dan lain sebagainya. Sedangkan liquid atau e-liquid untuk vape tidak menghasilkan zat tersebut, sehingga banyak yang mengklaim bahwa vape lebih aman daripada rokok tembakau.

Baca Juga :   Aegis Boost Plus Pakai Single Baterai Eksternal, Ini Spesifikasi dan Harganya

Ini 4 Kandungan Dasar Liquid Vape (Rokok Elektrik)

Di Indonesia sendiri penggunaan vape tidak dilarang, bahkan untuk penjualan liquid saja sudah menggunakan pita cukai. Artinya kandungan yang terdapat pada liquid tersebut diijinkan oleh lembaga terkait untuk diedarkan di Indonesia. Berikut ini 4 bahan dasar yang ada di dalam liquid:

1. Vegetable Glycerin (VG)

Sesuai dengan namanya, bahan ini berasal dari tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan dan pembuatan obat untuk memberikan rasa manis. Vegetable glycerin digunakan sebagai bahan pembuatan liquid untuk menghasilkan asap. Semakin banyak perbandingan kandungannya maka akan semakin tebal dan pekat asap yang dihasilkan.

2. Propylene Glycol (PG)

Propylene Glycol adalah bahan kimia yang biasa anda temukan pada pembuatan kepulan asap buatan seperti pada acara panggung, konser, dan lainnya. Bahannya berbentuk cair, tidak berwarna dan juga tidak berbau. Pada liquid, bahan ini dimanfaatkan untuk memberikan sensasi Throat hit atau rasa gatal di tenggorokan. Sehingga pengguna vape akan merasakan sensasi layaknya merokok tembakau.

Baca Juga :   Voopoo Meluncurkan DRAG X dan DRAG S, Ini Spesifikasinya

3. Perasa (Essence)

Perasa atau flavouring adalah bahan yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa tertentu seperti rasa buah-buahan, coklat, susu, vanilla, dan lainnya. Anda juga akan menemukan liquid di pasaran dengan berbagai rasa berbeda sesuai dengan zat perasa yang digunakan.

4. Nikotin

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok konvensional juga ada pada liquid. Namun yang digunakan pada liquid menggunakan nikotin cair. Zat ini dapat memberikan efek kecanduan bagi penggunanya. Sehingga tidak disarankan untuk anak-anak di bawah umur dan ibu hamil.

Dosis nikotin yang diberikan pada liquid jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan rokok konvensional. Mengkonsumsi nikotin berlebihan memang bisa merusak perkembangan otak terutama bagi remaja dengan rentang usia di bawah 25 tahun.

Baca Juga :   SMOK NFIX Kit Resmi Masuk Indonesia, Berapa Harganya?

Itulah 4 bahan dasar liquid vape yang banyak beredar di Indonesia sebagai cairan penghasil kepulan uap layaknya asap pada rokok tembakau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here