Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung

0
223

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, oleh karena itu wajib kita jaga kesehatannya agar terhindar dari resiko penyakit jantung. Selain dengan olahraga rutin, menjaga kesehatan jantung juga harus dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung.

makanan sehat untuk jantung 1 - Inilah Makanan Sehat Untuk Jantung

Pola hidup yang sehat bukan saja untuk kesehatan jantung, tetapi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menghindari makanan-makanan siap saji dan makanan serba instan adalah salah satu cara menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Makanan siap saji umumnya mengandung kalori yang sangat tinggi, serta mengandung garam yang tinggi sehingga mengakibatkan hipertensi. Kalori yang tinggi dapat mengakibatkan penyumbatan saluran darah dalam tubuh dan menimbulkan serangan jantung.

Baja juga : kenali 7 tanda penyebab penyakit jantung koroner

Dari berbagai sumber yang saya kutip mengungkapkan bahwa dengan menjalani pola hidup seperti olahraga rutin, menghindari rokok, mengkonsumsi makanan sehat, dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, mulai sekarang segera terapkan pola hidup sehat dalam rutinitas anda sehari-hari.

Makanan Sehat Untuk Jantung

Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung adalah salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan jantung agar selalu bekerja dengan baik.

Baca juga : Kadar Kolesterol Normal Yang Dianjurkan

Makanan yang mengandung senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bermanfaat menyehatkan jantung. Senyawa ini bagi tumbuhan bermanfaat untuk melindungi dari jamur, kuman dan hama. Sedangkan manfaat bagi tubuh manusia dapat membantu tubuh agar bekerja dengan baik.

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung fitonutrien yang menyehatkan jantung:

  • Kacang-kacangan
loading...

Kacang-kacangan selain mengandung fitonutrien, juga mengandung banyak serat dan air yang menyebabkan rasa cepat kenyang. Hal ini bermanfaat agar anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi banyak kalori. Kacang-kacangan juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang berbahaya. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur untuk kesehatan jantung anda.

  • Biji-bijian

Biji-bijian banyak mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B dan mineral ( zat besi, zinc dan magnesium ). Contohnya seperti gandum, beras merah dan jagung merupakan sumber utama karbohidrat yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan obesitas.

  • Buah Apel

Selain mengandung fitonutrien, buah apel juga mengandung quercetin dan pektin. Quercetin adalah senyawa yang mampu mencegah peradangan dan asma, serta diduga mampu mencegah kanker. Sedangkan pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah. Kedua senyawa ini sangat baik untuk jantung.

Konsumsi buah apel minimal dua buah setiap hari mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

  • Bawang

Bawang putih diketahui tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga boleh dikonsumsi sesering mungkin. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

  • Buah Anggur

Buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin.

  • Kubis

Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Oleh karena itu, anda dapat menambahkan kubis ke dalam salad atau menu sayuran anda.

  • Buah Beri

Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes.

  • Teh Hijau

Teh merupakan salah satu minuman favorit, terlebih karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian yang menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian di Jepang, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh hijau. Meminum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, jika mengonsumsi banyak teh hijau, perbanyak juga konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar sistem kemih tetap lancar.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, harus diimbangi dengan kebiasaan olahraga secara rutin. Hindari konsumsi garam lebih dari 5-6 gram setiap hari karena dapat meningkatkan hipertensi yang berujung pada serangan jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here