Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh

0
134

Intanblog.com – Sudah bukan hal rahasia lagi bahwa sebatang rokok yang anda bakar setiap hari menghasilkan ribuan senyawa racun yang membahayakan tubuh. Zat racun berbahaya dalam sebatang rokok akan memberikan efek serius seperti merusak sel-sel tubuh hingga menyebabkan penyakit berbahaya. Hal ini karena asap rokok bersifat karsiogenik sebagai pemicu kanker ganas.

Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh - Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh
Sebatang rokok mengandung ribuan senyawa berbahaya

Dengan berbagai kandungan zat racun di setiap batang rokok tersebut sebagai alasan mengapa merokok itu sangat berbahaya. Asap rokok yang dihirup seorang perokok akan menyebarkan racun ke berbagai organ dalam, sebagian racun akan menyatu dengan sel darah merah. Selain itu, rokok juga dapat membuat seseorang merasa kecanduan sehingga efeknya sulit untuk berhenti merokok.

Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh

Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh 1 - Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh
Rokok mengandung berbagai zat racun yang membahayakan tubuh

Yang perlu anda ketahui bahwa sebatang rokok mengandung beberapa zat utama yang membahayakan tubuh, antara lain :



1 . Nikotin

Zat ini memiliki efek kecanduan bagi perokok sehingga sulit untuk terlepas dari aktifitas merokok. Bahkan bagi perokok aktif, merokok dapat memberikan rasa tenang dan juga menyenangkan. Perasaan ini dihasilkan dari efek Nikotin yang mereka hirup melalui asap rokok dan menyebar ke saraf otak. Namun efek yang lebih berbahaya adalah Nikotin dapat menyebabkan tekanan darah, denyut jantung lebih kencang, dan menyebabkan gangguan pernafasan.

2. Tar

Zat ini juga memiliki efek sama seperti Nikotin yaitu menyebabkan kecanduan. Namun lebih parahnya lagi, Tar yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh akan mengendap di dalam organ paru-paru. Dalam jangka panjang, timbunan zat ini akan menyebabkan kanker paru-paru ganas.

Tar juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti Diabetes, serangan jantung, kemandulan, dan kanker mulut. Selain itu, efek menonjol yang bisa dilihat langsung sehari-hari adalah membuat gigi dan jari perokok terlihat kuning.

3. Acetaldehyde

Zat berbahaya ini akan memberikan efek iritasi pada kulit dan mata serta terjadi gangguan pada saluran pernafasan. Pada beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa zat ini memiliki sifat karsinogen atau penyebab kanker pada binatang dan tidak menutup kemungkinan terjadi pada seorang perokok.

4. Polyaromatic

Bagi anda yang merasakan fungsi alat reproduksi mulai berkurang, itu adalah efek dari paparan zat polyaromatic yang terhirup bersama dengan asap rokok. Lebih seriusnya lagi, maka tidak heran jika seorang perokok biasanya akan kesulitan mendapatkan keturunan. Zat ini juga memiliki sifat karsinogen yang menyebabkan kanker ganas.

5. Benzena

Benzena dapat menurunkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dan mampu merusak sumsum tulang belakang. Akibatnya seorang perokok akan terkena anemia. Selain mengganggu sel darah merah, benzena juga akan merusak sel darah putih yang berisiko menyebabkan penyakit leukimia.

6. Arsenik

Zat arsenik dapat menyebabkan kanker kulit, kanker paru-paru, kanker saluran kemih, kanker ginjal, dan kanker hati. Yang perlu anda ketahui, zat arsenik masuk ke dalam rokok karena melalui proses penyemprotan pestisida yang digunakan petani tambakau.

7. Formaldehida

Zat racun selanjutnya adalah formaldehida yang dihasilkan dari pembakaran rokok. Zat ini dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, serta pada tenggorokan. Untuk efek yang lebih serius lagi adalah menyebabkan penyakit kanker.

8. Acrolein

Zat ini sebagai juga memiliki sifat karsinogen atau penyebab kanker serta dapat menyebabkan penyakit jantung, iritasi kulit dan gangguan saluran pernafasan.

9. Amonia

Zat amonia dapat menimbulkan efek kanker tenggorokan, iritasi mata, sesak nafas, dan pneumonia.

10. Hidrogen Sianida

Zat racun ini biasanya digunakan pada industri tekstil dan sering juga digunakan sebagai bahan untuk membuat asap pembasmi hama. Jika pada manusia, zat ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan paru-paru, sakit kepala, dan mual.

Baca Juga :

Setelah anda mengetahui beberapa zat racun berbahaya dalam sebatang rokok apakah masih rela tubuh anda rusak dengan merokok? Jika anda ingin menjaga tubuh anda tetap sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya maka mencobalah untuk berhenti merokok dan membiasakan olahraga sebagai pengganti merokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here