Intip Program Keren Aqua, Pengurangan Sampah Plastik

0
79

Intanblog.com – Sampah plastik kini menjadi permasalahan pelik di Indonesia. Tidak hanya di daratan masalah sampah ini kini telah merambah ke daerah perairan. Telah banyak ditemukan beberapa hewan laut yang terdampak oleh sampah plastik ini. Berbagai pihak mulai melakukan langkah nyata guna menyelamatkan kerusakan lingkungan oleh plastik ini. Salah satunya adalah Aqua.

Intip Program Keren Aqua, Pengurangan Sampah Plastik

Danone-AQUA memiliki langkah nyata dalam menangani sampah plastik ini, yaitu dengan komitmen pelopor penyelesaian sampah plastik di Indonesia. Komitmen bijak berplastik ini diwujudkan dengan tiga langkah jitu yaitu pengumpulan, edukasi, dan inovasi. Berikut ini adalah beberapa program keren dalam langkah pengumpulan yang dilakukan Aqua.

1. Membuat Target

Aqua membuat langkah nyata untuk mendukung pemerintah dalam menangani sampah plastik. Target pemerintah ingin mengurangi sampah plastik sebesar 70% pada tahun 2025 kelak. Target yang dimiliki oleh Aqua adalah mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari pada yang sudah digunakan Aqua pada tahun 2025.

2. Program Aqua peduli

Program ini sudah diluncurkan sejak tahun 1993. Program ini dilakukan dengan cara menarik kembali kemasan botol plastik Aqua melalui distributor dan retailer nya. Program ini bertujuan mengurangi sampah plastik yang dihasilkan dari kemasan Aqua. Botol bekas kemasan yang ditukar ini kemudian diolah kemudian di ekspor ke luar negeri.

3. Recycling Business Unit

Program ini diluncurkan pada tahun 2010.  Recycling Business Unit merupakan unit bisnis yang di bangun di kantung-kantung pengumpulan sampah guna menampung sampah plastik yang dikumpulkan. Unit bisnis ini telah di bangun di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, Lombok dan kota besar lainnya. Dengan hadirnya unit bisnis ini mampu meningkatkan efektivitas pengumpulan sampah plastik. Tercatat sekitar  12.000 Ton per tahun telah ditarik dari lingkungan.

4. Meningkatkan produktivitas TPS3R

program in diluncurkan mulai tahun 2018 bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Tujuan program ini adalah meningkatkan produktivitas TPS3R dengan mengembangkan program bank sampah, pengelolaan sampah dan pendistribusian hasilnya.

Itulah beberapa program sehat Aqua dengan aksi pengumpulan sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini