49 Investasi Bodong Ditutup OJK, Give4Dream Salah Satunya

0
139

Intanblog.com – Semakin maraknya transaksi online maka semakin banyak beredar juga bisnis-bisnis online yang menawarkan omset tinggi. Hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan meluncurkan investasi bodong. Pada dasarnya, sistem kerja investasi bodong adalah menggalang dana masyarakat dengan iming-iming mendapatkan keuntungan yang tinggi per bulannya. Keuntungan tersebut dinilai tidak masuk akal, karena pembayaran keuntungan hasil dari dana member baru dan persentase keuntungannya tidak wajar. Baru-baru ini terdapat 49 entitas penawaran investasi bodong ditutup OJK.

49 Investasi Bodong Ditutup OJK Give4Dream Salah Satunya - 49 Investasi Bodong Ditutup OJK, Give4Dream Salah Satunya

Investasi bodong yang tidak memiliki ijin dari otoritas berwenang seperti OJK berpotensi merugikan masyarakat. Kemungkinan yang paling sering terjadi adalah, setelah dana terkumpul barulah sang pemilik membawa kabur seluruh dana anggotanya. Hal ini sudah bukan sesuatu yang baru, karena sudah banyak contohnya investasi bodong yang akhirnya merugikan masyarakat.

Baca juga : Mau Pinjam Uang Online? Pertimbangkan Hal ini Dulu

49 Investasi Bodong Ditutup OJK

Satgas waspada investasi menemukan 49 kegiatan investasi online yang tidak berijin. Tentu saja keberadaan mereka sangat mengkhawatirkan karena sangat sulit dicegah meskipun sudah ada pemblokiran dari pihak Kementerian Kominfo. Dalam hal ini, selain adanya antisipasi dari pihak otoritas terkait, selain itu juga masyarakat harus lebih berhati-hati memilih jenis investasi. Pastikan apakah sudah berijin dari otoritas terkait atau apakah sudah terdaftar di OJK.

Dengan kesadaran dari masyarakat akan resiko mengikuti investasi bodong tentu turut membantu satgas dalam memberantas bisnis-bisnis bodong yang banyak merajalela saat ini. Seperti yang saya kutip dari situs cnbcindonesia, sebelum berinvestasi wajib memahami beberapa hal seperti berikut ini :

  • Investasi tersebut telah mengantongi izin dari pihak yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalani
  • Pastikan investasi tersebut memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pasar
  • Pastikan jika mencantumkan logo instansi atau lembaga pemerintah dalam penawarannya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Satgas investasi terus melakukan pencarian usaha-usaha ilegal melalui internet baik media sosial maupun aplikasi mobile. Ketika mendapati fintech maupun investasi bodong dengan segera meminta kepada Kominfo untuk memblokir situs tersebut. Namun ujung tombaknya tetap masyarakat agar selalu waspada dalam memilih produk investasi.

Baca juga : Pahami Tentang Investasi Bodong Agar Tidak Tertipu

Give4Dream Termasuk di dalam Daftar Investasi Ilegal

Kegiatan investasi dengan sistem money game adalah yang dijalankan oleh Give4Dream. Dimana keuntungan yang diperoleh adalah hasil dari dana member baru. Jadi ketika tidak ada member baru yang bergabung, maka pembayaran keuntungan akan tersendat. Jadi si pemilik kegiatan usaha tersebut terus mendorong membernya untuk merekrut member baru agar siklusnya terus berjalan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali jenis investasi yang dijalankan dengan sistem money game akhirnya tumbang dan banyak masyarakat yang dirugikan. Kebanyakan kasusnya adalah si pemilik membawa kabur dana member. Berikut ini daftar 49 investasi bodong yang dirilis OJK :

investasi bodong ditutup ojk - 49 Investasi Bodong Ditutup OJK, Give4Dream Salah Satunya

investasi bodong ditutup ojk 2 - 49 Investasi Bodong Ditutup OJK, Give4Dream Salah Satunya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini