Investasi Emas Lebih Baik Jangka Panjang, Disini Tempatnya

0
290

Sampai saat ini emas masih menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk dijadikan alat investasi. Disamping harganya yang setiap tahun mengalami kenaikan, investasi emas juga tidak akan terpengaruh dengan adanya inflasi. Beda sekali dengan kita menyimpan uang di bank, setiap tahun akan mengalami inflasi.

investasiemas - Investasi Emas Lebih Baik Jangka Panjang, Disini Tempatnya

Oke sampai disini mungkin ada yang masih belum paham tentang inflasi, saya akan jelaskan sedikit tentang apa itu inflasi.

Inflasi secara singkatnya adalah penurunan nilai dari sebuah mata uang suatu negara. Kita ambil contoh begini, tahun lalu dengan uang 1000 rupiah kita bisa membeli 2 potong kue donat. Tapi, hari ini dengan uang 1000 rupiah kita hanya bisa membeli 1 potong kue donat. Disini bisa kita lihat bahwa dalam waktu 1 tahun saja uang 1000 rupiah sudah mengalami penurunan nilai.

Yang tadinya bisa untuk membeli 2 potong kue donat, setelah 1 tahun kemudian hanya bisa untuk membeli 1 potong kue donat. Bagaimana setelah 10 tahun, 20 tahun kemudian, mungkin uang 1000 rupiah semakin tidak ada nilainya. Inilah yang dinamakan inflasi.

Kembali lagi ke investasi emas. Berbeda dengan kita menyimpan emas atau investasi emas, tidak pernah terjadi inflasi tapi akan terus mengalami kenaikan harganya. Ini yang menjadikan emas sebagai cara aman menyelamatkan harta yang kita miliki dari kejamnya inflasi.

Loading...

Lalu bagaimana cara memulai dan dimana tempat yang tepat untuk berinvestasi emas?

Baca juga : Disini Tempat Aman Jual Beli Emas di Indonesia

Tempat Investasi Emas




Oke sebenarnya untuk memulai berinvestasi emas itu sangat mudah, kita membeli emas kemudian kita menyimpannya dan disaat harga sudah mengalami kenaikan kita jual. Tapi lebih baiknya lagi, simpan emas dalam jangka waktu yang panjang untuk bisa meraih hasil secara maksimal.

Jika kita merasa takut menyimpan emas dirumah, saya sarankan lebih baik simpan emas di lembaga atau instansi negara seperti PEGADAIAN.

Berikut jenis tawaran yang diberikan Pegadaian untuk berinvestasi emas secara aman

1. Penitipan Emas

Pegadaian memberikan layanan jasa penitipan emas yang dimiliki oleh seseorang dengan aman dan terjamin dengan biaya yang murah. Emas yang dititipkan atau disimpan di Pegadaian diasuransikan, jadi kita tidak perlu khawatir kehilangan emas.
Biaya yang diberikan oleh Pegadaian cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 setiap 100 gram emas.

Baca juga : 6 Cara Investasi Emas Batangan Yang Menguntungkan

2. Mencicil Emas

Layanan yang lain, Pegadaian juga menawarkan program mencicil emas. Caranya kita hanya tinggal datang langsung ke pegadaian terdekat untuk memilih emas yang kita inginkan. Sebelumnya kita akan dikenakan uang DP antara 20-30 persen dari harga emas saat itu. Dan menentukan lamanya jangka waktu cicilan, antara 1 bulan sampai 36 bulan.  Selama cicilan belum lunas, maka emas masih berada di pegadaian.

Setelah cicilan emas lunas, maka dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan fisik emas akan diterima oleh kita. Semua layanan pegadaian juga bisa dilayani secara online via websitenya.

3. Tabungan emas

Program ini adalah merupakan tabungan rekening dalam bentuk emas. Lebih jelasnya, kita menabung atau menyetorkan sejumlah uang ke pegadaian dan uang itu akan dikonversi secara otomatis kedalam nilai emas. Jadi jika kita mengecek saldo tabungan kita, yang tertulis bukan tabungan rupiah, melainkan dalam bentuk nilai emas.

Menabung emas mulai dari Rp 5.000 dan Rp 10.000 dengan saldo 0.01 gram emas. Untuk saldo emas, akan mengikuti harga saat itu.

Baca juga : Menabung Emas di Pegadaian Mulai 5000an

4. Gadai Emas

Jika kita sudah mempunyai emas dan tidak ingin menjualnya, maka kita bisa menitipkan dengan cara gadai emas. Nilai pinjaman yang bisa kita dapatkan adalah 85% dari harga emas saat itu. Jika nilai emas kita ditaksir senilai Rp 10 juta, maka kita mendapatkan dananya senilai Rp 8.5 juta.

5. Arisan emas

Program arisan emas di pegadaian diundikan setiap bulan dengan nilai minimal 1 gram per arisan dan maksimalnya tidak terbatas. Untuk harga emas arisan adalah bersifat flat artinya harga tidak fluktuatif tetapi menggunakan harga saat pertama perjanjian arisan.

Alternatif lain untuk berinvestasi adalah mengikuti asuransi unit link, selain bisa mendapatkan manfaat proteksi jiwa kita juga mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan sebagai investasi.

Lebih lengkapnya baca disini Ketahui Apa Itu Investasi Asuransi Unit Link

Cukup mudah kan berinvestasi emas di PEGADAIAN..
Sekarang tinggal kita memilih mau seperti apa jalan yang kita tempuh untuk berinvestasi emas.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here