Investasi Reksadana Syariah : Apa Saja Pilihan Produknya?

0
188

Investasi syariah memang saat ini semakin meningkat jika dilihat dari perkembangan jumlah peminatnya. Ini artinya, mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim mulai melirik investasi yang terjamin Halal dan sesuai dengan prinsip syariah. Seperti halnya investasi Reksadana syariah, pilihan investasi syariah yang paling banyak diburu investor.

investasi reksadana syariah - Investasi Reksadana Syariah : Apa Saja Pilihan Produknya?

Investasi Reksadana syariah disamping hukumnya Halal bagi umat muslim, dalam memulainya juga tidak memerlukan dana besar.Cukup dengan uang seniali Rp 100 ribu, anda bisa memulai investasi reksadana syariah. Lalu apa saja produk yang bisa dipilih?

Produk – Produk Investasi Reksadana Syariah

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada reksadana syariah, sebaiknya anda pahami dulu apa saja produk-produk dari reksadana syariah itu sendiri.

1. Reksadana Syariah Pasar Uang

Untuk reksadana syariah pasar uang, oleh manager investasi nantinya dana investor dikelola dan dimasukkan pada pasar uang sehingga memperoleh keuntungan. Tentu saja segala kegiatannya sesuai dengan prinsip syariah dan tanpa unsur riba di dalamnya.

Jika dilihat dari jangka waktu investasinya, produk ini termasuk investasi jangka pendek karena umumnya tidak lebih dari 12 bulan.

2. Reksadana Syariah Pendapatan Tetap

Bagi anda yang yang menginginkan keuntungan tetap, artinya tidak terjadi penurunan maupun kenaikan maka pilihan yang tepat pada produk investasi reksadana syariah pendapatan tetap.



Produk ini juga cocok bagi anda yang baru mengenal investasi reksadana, bisa anda jadikan sebagai cara untuk belajar investasi.

Baca Juga :
Pengertian Deposito Syariah : Halal, Bermanfaat Dan Menguntungkan

3. Reksadana Syariah Pasar Campuran

Produk yang satu ini merupakan investasi yang memberikan pendapatan tetap untuk setiap periode waktu yang telah ditentukan serta berpeluang memperoleh tambahan keuntungan yang sifatnya fluktuatif.

Artinya, dalam setiap periode tertentu anda akan menerima keuntungan yang tetap, namun juga bisa memperoleh keuntungan tambahan.

Reksadana syariah campuran juga cocok bagi anda yang sudah paham tentang reksadana, namun masih minim pengalaman.

4. Reksadana Syariah Saham

Jika anda sebagai seorang investor yang siap akan risiko yang besar, maka produk ini cocok bagi anda.

Selain risikonya yang besar, namun keuntungan yang diperoleh juga seimbang dengan risikonya. Artinya, dari semua produk reksadana syariah, produk ini paling tinggi dalam hal pembagian imbal balik.

Oleh karena itu, reksadana syariah saham cocok jika untuk investasi jangka panjang.

Baca Juga :
Pengertian Investasi Reksadana Saham dan Resikonya

Mengapa Memilih Investasi Reksadana Syariah?

Jika anda menginginkan produk investasi yang tidak memiliki unsur riba di dalamnya, sehingga terjaga kehalalannya maka reksadana syariah adalah pilihan yang tepat.

Selain itu investasi reksadana syariah juga aman dan terjamin serta tidak memerlukan dana yang besar untuk memuali investasinya.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini