Jalan Gubeng Surabaya Ambles : Mengapa Tanah Bisa Ambles?

0
208

Intanblog.com – Jalan Gubeng Surabaya ambles pada malam hari sekitar pukul 21:30 WIB tanggal 18 Desember 2018. Kejadian tersebut cukup membuat panik masyarakat sekitar dan menghebohkan seluruh masyarakat Indonesia. Belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya tanah ambles yang terjadi di jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Tanah ambles tersebut diperkirakan kedalamannya mencapai 8 meter dan panjang 25 meter.

Jalan Gubeng Surabaya Ambles Mengapa Tanah Bisa Ambles - Jalan Gubeng Surabaya Ambles : Mengapa Tanah Bisa Ambles?
Tanah ambles di jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur

Lokasi kejadian tanah ambles tepatnya berada di dekat Rumah Sakit Siloam, depan toko tas Elisabeth arah ke jalan Sumatera, Surabaya. Menurut banyak kesaksian yang saat itu berada di dekat lokasi, sempat mendengar suara gemuruh dan melihat beberapa tiang listrik bergoyang sesaat sebelum jalan ambles. Jika membaca dari beberapa kesaksian memang saat itu seperti terjadi gempa, namun kejadian tersebut bukanlah gempa.

Baca Juga : Apa Itu Super Blue Blood Moon?

Jalan Gubeng Surabaya Ambles : Mengapa Tanah Bisa Ambles?

Tanah ambles yang terjadi di jalan Gubeng ini memang bukanlah satu-satunya kejadian tanah ambles di Indonesia. Pada awal tahun 2018 lalu pernah terjadi kasus tanah ambles di Gunung kidul, tanah ambles di Pademangan, tanah ambles di Sukabumi, dan paling parah tanah ambles yang terjadi di Palu dan Donggala.

Jalan Gubeng Surabaya Ambles Mengapa Tanah Bisa Ambles 1 - Jalan Gubeng Surabaya Ambles : Mengapa Tanah Bisa Ambles?
Tanah ambles di Gunung kidul

Bukan hanya itu, bahkan di beberapa negara lain juga banyak terjadi tanah ambles seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Lalu mengapa tanah bisa ambles? Berikut ini beberapa penjelasan mengapa tanah bisa ambles.



1. Curah Hujan Tinggi

Kondisi tanah yang labil, kering, dan retak-retak dimana kondisi seperti ini biasanya terjadi akibat musim kemarau panjang  dan sangat rentan terjadinya tanah ambles. Curah hujan  dengan intensitas tinggi secara terus menerus yang terjadi pada kondisi tanah seperti ini dapat mengakibatkan tanah menjadi rapuh sehingga berpotensi ambles.

2. Adanya Getaran Dahsyat

Tanah ambles juga bisa terjadi akibat adanya getaran dahsyat dari area tanah sekitar seperti gempa bumi, aktifitas pengeboran, dan getaran dahsyat lainnya. Getaran inilah yang menyebabkan kontur tanah menjadi tidak stabil, mudah retak dan dapat mengakibatkan tanah ambles.

3. Berkurangnya Volume Air Tanah

Kekuatan tanah terdalam selain ditopang dengan berbagai bebatuan juga terdapat air tanah yang mampu memperkuat struktur tanah. Namun karena kebutuhan manusia akan air semakin meningkat dan pengeboran air tanah hingga kedalaman puluhan meter maka mengakibatkan volume air tanah semakin berkurang. Tanah yang sebelumnya memiliki struktur kuat, dengan berkurangnya volume air di dalam tanah maka kekuatannya akan berkurang sehingga dapat mengakibatkan tanah ambles.

4. Struktur Bebatuan Kurang Padat

Lapisan tanah dengan struktur bebatuan kurang padat juga sebagai penyebab terjadinya tanah ambles. Kondisi tanah seperti ini biasanya lapisan dalamnya hanya berupa bebatuan kecil dan banyak mengandung pasir, sehingga kekuatan tanahnya sangat kurang. Jika kontur tanah seperti ini terkena getaran atau beban berat maka sangat berpotensi terjadi tanah ambles.

Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Apa penyebabnya?

Jalan Gubeng Surabaya Ambles Mengapa Tanah Bisa Ambles compressed - Jalan Gubeng Surabaya Ambles : Mengapa Tanah Bisa Ambles?

Jika tanah ambles yang terjadi di jalan Gubeng, Surabaya memang masih terbilang baru dan masih memerlukan penelitian dan penyelidikan mendalam untuk memastikan apa penyebabnya. Jika melihat di area sekitar tanah ambles tersebut memang sedang ada pengerjaan proyek besar.

Pada saat itu juga terjadi Crane proyek tersebut ambruk hingga mengenai badan jalan. Padahal keadaan saat itu tidak ada angin, hujan, dan jalanan sepi namun Crane proyek bisa ambruk. Bisa saja tanah ambles yang terjadi di jalan Gubeng ada kaitannya dengan Crane proyek yang ambruk tersebut. Namun hasil akhir penyebabnya masih menunggu pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam seperti beberapa ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here