Jeruk Lemon : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

0
828

Intanblog.com – Buah jeruk lemon yang memiliki warna dan rasa yang khas ini memang sering kita jumpai. Rasanya yang sangat asam membuat buah ini jarang dikonsumsi secara langsung. Kebanyakan orang mengkonsumsinya dengan menambahkan air hangat kemudian dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan. Buah yang warnanya kuning setelah matang ini juga biasa digunakan untuk campuran berbagai makanan.

Jeruk lemon - Jeruk Lemon : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tahukah anda bahwa buah yang dalam dunia ilmiah dikenal dengan Citrus Limon ini memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Untuk itu simak penjelasan berikut.

Baca Juga : Biasakan Sarapan Pagi Agar Terhindar dari Penyakit Ini

Kandungan Jeruk Lemon

Pada dasarnya, Jeruk lemon mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan seperti Asam Sitrat, Hesperidin, Diosmin, Eriocitrin dan d-Limonene. Berikut ini tabel yang menerangkan kandungan zat dalam setiap 100 gram buah jeruk lemon.

Nutrisi (GIZI) Kandungan
Vitamin C 27 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin B2 0,02 mg
Vitamin B6 0,08 mg
Vitamin B9 11 µg
Cholin 5,1 mg
Protein 0,9 mg
Lemak 0,2 mg
Kalori 29 kal
Air 89%
Karbohidrat 11,4 gram
Gula 2,5 gram
Serat 2,8 gram
Lemak 0,3 gram
Kalsium 26 mg
Zat besi 0,6 mg
Fosfor 16 mg
Magnesium 8 mg
Sodium 2 mg
Potassium (kalium) 138 mg
Asam Askorbat 49 mg

Manfaat Buah Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Dari berbagai kandungan zat yang terdapat pada jeruk lemon, maka secara ilmiah buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Disajikan dalam sebuah gelas dengan ditambahkan air hangat setiap pagi akan memperlancar pencernaan. Tapi perlu diperhatikan bahwa air lemon tidak cocok dicampur dengan produk susu.

2. Membantu Mengatasi Demam dan Flu

Air lemon hangat dapat meningkatkan perspirasi (keringat) sehingga mampu menurunkan demam. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan Potassium di dalamnya bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, mual, dan memberikan sensasi menennagkan pikiran.

Baca Juga : Kenali Adanya Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

4. Mencegah Anemia

Penyebab utama anemia adalah karena kurangnya zat besi dalam tubuh serta kurangnya sistem penyerapan zat besi dari makanan lain. Dengan mengkonsumsi secara rutin jeruk lemon yang mengandung zat besi, vitamin c, dan asam sitrat maka akan mencegah anemia.

5. Mencegah kanker

Senyawa seperti Hesperidin dan d-limonene yang terkandung dalam jeruk lemon dipercaya mampu menangkal beberapa jenis kanker seperti kanker payudara.

Baca Juga : Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh

Cara Penyajian Jeruk Lemon

Banyak pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi air lemon setiap pagi karena buah citrus ini tinggi antioksidan, protein, vitamin B dan C, flavonoid, fosfor, potasium, dan karbohidrat. Selain itu, air lemon bersifat antibakteri, antiviral dan bagus untuk membangun sistem imunitas tubuh.

Para pakar juga menyarankan untuk mengkonsumsi jeruk lemon bukan hanya airnya saja melainkan dengan kulitnya. Pasalnya kulit lemon merupakan bagian paling bernutrisi, menurut pakar.

Pakar merekomendasikan cara pembuatan air lemon. Pertama, pilihlah dua buah lemon organik. Iris lemon dengan ketebalan sesuai selera. Peras lemon hingga mendapatkan banyak airnya. Selanjutnya, parut sedikit kulit lemon dan tambahkan ke dalam air tersebut. Air lemonpun bisa langsung dinikmati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini